Kuliah di PTN Ternama, Biaya Pendidikan Nasywa Nathania Hamzah Anak Desy Ratnasari Capai Puluhan Juta?
Nasywa Nathania Anak Desy Ratnasari (Instagram/@desyratnasariterdepan)
19:46
24 Januari 2024

Kuliah di PTN Ternama, Biaya Pendidikan Nasywa Nathania Hamzah Anak Desy Ratnasari Capai Puluhan Juta?

Nama Desy Ratnasari dan putrinya, Nasywa Nathania Hamzah, menjadi sorotan baru-baru ini. Menurut cerita Desy Ratnasari, ia dilarang sang putri hadir di kampusnya jika ada acara.

Rupanya, putrinya itu khawatir kalau sang ibu akan menjadi perhatian banyak orang kalau datang ke kampusnya. Dan oleh sebab itu, selama ini, jika ada acara di sekolah atau kampus, kehadiran Desy Ratnasari selalu diwakili oleh sang nenek.

Nasywa Nathania Hamzah sendiri saat ini diketahui tengah menempuh pendidikan jurusan Teknik Pangan di Institut Pertanian Bogor (IPB), salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia.

Dan rupanya, jurusan pilihannya merupakan salah satu yang terbaik di kampus tersebut, sehingga biayanya tidaklah murah. Bahkan, biaya masuk ke jurusan Teknik Pangan bisa mencapai puluhan juta rupiah tergantung jalur masuknya.

Dikutip dari laman Admisi IPB, UKT di jurusan Teknik Pangan yang masuk ke dalam Fakultas Teknologi Pangan adalah sebagai berikut.

  • UKT Golongan 1 yaitu sebesar Rp2.400.000
  • UKT Golongan 2 yaitu sebesar Rp4.000.000
  • UKT Golongan 3 yaitu sebesar Rp7.000.000
  • UKT Golongan 4 yaitu sebesar Rp9.000.000
  • UKT Golongan 5 yaitu sebesar Rp11.000.000

Selain itu, mahasiswa juga harus membayar Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF). Untuk jurusan Teknik Pangan, besaran BPIF yang harus dibayar adalah Rp75.000.000. Namun, bayaran ini tidak berlaku untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur SNBP, SNBT, Ketua Osis, dan PIN. Sementara mahasiswa yang masuk melalui jalur SM-IPB harus membayar BPIF.

Dengan demikian, besaran biaya UKT yang harus dibayar Nasywa Nathania Hamzah tergantung dengan golongannya. Untuk BPIF sendiri juga tergantung dengan jalur masuk yang diambil Nasywa Nathania Hamzah saat masuk IPB.

Meski demikian, besaran biaya kuliah yang mencapai puluhan juta rupiah itu tak jadi masalah untuk Desy Ratnasari. Tak hanya sebagai artis dan penyanyi yang banyak dikenal masyarakat luas, ia juga kini merupakan politisi yang menjadi anggota legislatif RI FRPAN.

Tentu saja, penghasilan yang didapat Desy Ratnasari tidaklah sedikit. Berdasarkan laporan kekayaan Desy Ratnasari pada 2020, ia memiliki harta hampir senilai Rp11 miliar.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #kuliah #ternama #biaya #pendidikan #nasywa #nathania #hamzah #anak #desy #ratnasari #capai #puluhan #juta

KOMENTAR