Musik Metal Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Mental Kita, Mengobati Depresi dan Membantu Berpikir Kritis: Ini Hasil Penelitiannya
Foto perempuan memainkan gitar./Freepik
09:34
5 Oktober 2024

Musik Metal Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Mental Kita, Mengobati Depresi dan Membantu Berpikir Kritis: Ini Hasil Penelitiannya

Musik berisik seperti musik metal bukan genre musik yang dapat dinikmati semua orang.

Tapi bukan berarti tidak ada yang menyukai musik ini. Sama seperti musik-musik genre lainnya, dapat menenangkan hati dan membuat penggemarnya lebih tenang.

Dilansir dari PsychCentral, otak manusia merespon musik dengan cara yang sangat unik. Orang-orang juga mengidentifikasikan musik sebagai media untuk mengekspresikan diri atau sarana melampiaskan emosi.

Cara-cara tersebut dapat dilihat dari respon kita saat mendengar musik. Terkadang ada yang menarikan iramanya, ada yang meimajinasikan musiknya, atau ikut bernyanyi.

Musik metal memiliki ciri khasnya yang berisik dan sangat enerjetik. Dimana lirik-liriknya terkadang harus diteriakkan untuk ikut bernyanyi.

Dan tentunya musik metal juga bagus untuk kesehatan mental para penggemarnya.

Dapat membantu melawan depresi

Penyakit mental seperti depresi membuat korban-korbannya merasa lemas dan kehilangan hal-hal yang disukai atau diminati.

Terdapat penelitian yang mengatakan musik yang berisik seperti metal membuat kita melupakan pikiran negatif kita dan menurunkan hormon kortisol yang menyebabkan depresi.

Membantu kita menemukan komunitas kita

Komunitas pecinta metal terkenal sangat dekat dan suportif terhadap sesama penggemar metal lainnya.

Tidak hanya berlaku ke pecinta metal saja, tetapi ketika kita bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama, kita akan lebih merasa diterima oleh masyarakat dan mengartikan bahwa kita tidak sendirian.

Mendorong fungsi kognitif

Dalam satu penelitian pada tahun 2015, ditemukan orang-orang yang menyukai musik yang sangat berat atau berisik cenderung berpikir lebih logis dan kompleks daripada orang-orang yang bukan penggemar.

Pada survei yang dilakukan pada tahun 2019 terhadap 90.000 orang-orang berprofesi developer (coding), 2000 diantaranya mengatakan bahwa musik metal membantu mereka fokus.

Membantu kita mengutarakan emosi dengan aman

Banyak yang mengira penggemar metal adalah orang-orang paling emosian atau pemarah, tetapi tidak ada bukti sejauh ini yang mengatakan bahwa mendengarkan lagu metal membuat orang marah.

Justru pada sebuah penelitian di tahun 2015 menemukan bahwa penggemar-penggemar metal mendengarkan lagu-lagu metal agar dapat memuntahkan emosinya dengan aman tanpa melukai siapa pun.

Lagu metal malah membuat pendengarnya lebih tenang lebih cepat setelah suatu kejadian yang besar.

Menjadikan kita lebih terbuka

Genre metal memiliki anak-anak cabang genrenya, masih bersifat metal tapi tidak seutuhnya metal karena mengalami adaptasi dengan budaya peminat atau perkembangan zaman. Contohnya, heavy metal, rock metal, kawaii metal, dan sebagainya.

Dilansir dari laman Interesting Engineering, ada sebuah penelitian yang menemukan penggemar heavy metal cenderung lebih terbuka dengan hal-hal baru. Hal tersebut dikarenakan mereka menginginkan keunikan tertentu.

Dikarenakan hal tersebut pula, penggemar metal cenderung memiliki sifat skeptis dan membuat mereka menjadi pemikir yang kritis.

Ketika orang-orang berasumsi lagu metal membuat orang-orang menjadi jahat, penggemar metal yang sesungguhnya malah akan berusaha sekeras mungkin untuk membuktikan sebaliknya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #musik #metal #juga #bermanfaat #untuk #kesehatan #mental #kita #mengobati #depresi #membantu #berpikir #kritis #hasil #penelitiannya

KOMENTAR