Siapa Marc Agnifilo? Bantah Penemuan Baby Oil P Diddy Tak Sampai 1.000
Marc Agnifilo - Siapa Marc Agnifilo? (agilawgroup.com)
18:40
3 Oktober 2024

Siapa Marc Agnifilo? Bantah Penemuan Baby Oil P Diddy Tak Sampai 1.000

Beberapa peryataan Marc Agnifilo dalam menangani kasus yang menjerat P Diddy dinilai kontroversial. Bagaimana tidak, Marc sempat membantah penemuan botol baby oil dan sex lubricant di rumah sang bintang Hollywood itu tak sampai 1.000. Lantas siapa Marc Agnifilo?

Marc Agnifilio kini menjadi pengacara yang dipilih oleh P Diddy untuk  membelanya dalam kasus yang tengah menjerat artis hip-hop itu. Seperti yang diketahui, Diddy ditangkap atas dugaan jadi biang kerok kejahatan seksual dan prostitusi di kalangan selebriti Hollywood.

Sebelumnya, Sean "Diddy" Combs ditangkap pada 16 September 2024 menyusul dakwaan federal oleh dewan juri agung. Menurut laporan Newsweek, dakwaan itu mulai mencuat setelah bertahun-tahun adanya tuduhan pelecehan, penyerangan seksual, dan perdagangan seks terhadap Combs.

‘Raja Pesta’ atau sebutan yang dilabelkan oleh kalangan artis Hollywood pada P Diddy kemudian menunjuk Marc Agnifilo , dari Agnifilo Law Group sebagai kuasa hukumnya di pengadilan. Keterlibatannya dalam kasus Diddy pun membuat Marc Agnifilo jadi sorotan dari berbagai kalangan.

Baca Juga: Deretan Nama Artis yang Diundang di Pesta Putih P. Diddy, Benarkah Ikut Terlibat Skandal?

Mengenal Marc Agnifilo

Marc Agnifilo adalah pengacara pembela dalam kasus pidana yang telah menjabat sebagai penasihat hukum utama dalam ratusan kasus berisiko tinggi. Selain itu, ia merupakan pendiri, pemilik, dan pemimpin firma hukum Agnifilo Law Group yang berpusat di New York, AS.

Dilansir dari situs web Agnifilo Law Group, Marc Agnifilo merupakan lulusan Connecticut College pada tahun 1986. Agnifilo lulus dengan gelar Sarjana dalam bidang Filsafat dan Ilmu Politik.

Ia lantas menerima gelar JD dari Sekolah Hukum Brooklyn pada tahun 1990, di mana dia berhasil memenangkan Penghargaan Yurisprudensi Amerika untuk kategori kinerja luar biasa dalam Advokasi Persidangan.

Kuasa hukum P Diddy ini adalah anggota dari beberapa Asosiasi Pengacara, termasuk Asosiasi Pengacara Negara Bagian New York, Asosiasi Pengacara Negara Bagian New Jersey, Pengadilan Distrik Amerika Serikat untuk Distrik Selatan dan Timur New York dan Distrik New Jersey, Mahkamah Agung Amerika Serikat, serta Pengadilan Banding Amerika Serikat untuk Sirkuit Kedua.

Baca Juga: Kehidupan P. Diddy, Belum Pernah Menikah Tapi Punya 7 Anak dari Perempuan yang Berbeda

Ia menjadi penasihat hukum untuk semua jenis kasus pidana termasuk penipuan sekuritas, surat, kawat, asuransi, dan kebangkrutan, pencucian uang, spionase, masalah konstruksi dan serikat buruh; pelanggaran Undang-Undang Praktik Korupsi Asing, pemerasan dan korupsi perusahaan, pembunuhan; antimonopoli, penyuapan, suap, perdagangan senjata internasional, kepemilikan senjata api dan penyelidikan pajak pidana.

Selain bekerja di negaranya, Agnifilo juga berpraktik hukum di luar negeri di Italia, Swiss, Rumania, Bulgaria, dan Kirgistan. Dengan pengalaman lebih dari dua dekade, Agnifilo sudah menangani kasus pidana tingkat tinggi di pengadilan negara bagian dan federal di New York dan New Jersey.

Kasus yang Ditangani Marc Agnifilo

Sebelum bekerja untuk Combs alias Diddy, Agnifilo telah menangani sejumlah kasus kontroversial dan terkenal. Seperti mewakili Keith Raniere, pendiri NXIVM, yang awalnya merupakan perusahaan pemasaran bertingkat yang berkembang jadi kelompok "aliran sesat".

Dalam kasus itu, Raniere didakwa perdagangan seks dan pemerasan. Kemudian pada tahun 2019 ia dijatuhi hukuman 120 tahun penjara dan denda sebesar $1,75 juta setelah dinyatakan bersalah atas tindakan perdagangan seks dan kejahatan lainnya.

Tak hanya itu, Agnifilo juga pernah menangani kasus Roger Ng, seorang karyawan Goldman Sachs yang dihukum pada tahun 2022. Roger dihukum karena penyuapan dan korupsi dalam skema yang melibatkan dana kekayaan negara Malaysia.

"Kerugian yang dialami rakyat Malaysia tidak terukur," ungkap jaksa penuntut dalam argumen penutup. "Sangat tidak adil bagi semua orang yang bermain sesuai aturan," lanjutnya.

Pengacara Ng pun berpendapat jika Ng menjadi kambing hitam atas kejahatan yang dilakukan orang lain.

Pembelaan Agnifilo terkait Kasus yang Menjerat Diddy

Di tanggal 16 September, Agnifilo sempat berbicara kepada TMZ menyusul penangkapan kliennya, dengan mengatakan: "Kami kecewa dengan keputusan untuk melanjutkan (penyelidikan) apa yang kami yakini sebagai penuntutan yang tidak adil terhadap Tn. Combs oleh Kantor Kejaksaan AS," kata Agnifilo.

Ia lantas menambahkan: "Dia merupakan orang yang tidak sempurna, tetapi bukan seorang penjahat," bela Agnifilo atas tuduhan yang dijatuhkan kepada Diddy.

Agnifilo kemudian melanjutkan dengan mengatakan bahwa P Diddu telah pindah ke New York secara sukarela minggu lalu untuk bekerja sama dalam penyelidikan. Ia pun mengklaim tidak ada yang disembunyikan oleh Diddy dan akan membersihkan namanya di pengadilan. Bahkan, menurutnya Diddy sudah siap bersaksi di pengadilan.

Demikian ulasan tentang siapa Marc Agnifilo. Seperti yang dijelaskan, ia merupakan kuasa hukum P Diddy.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #siapa #marc #agnifilo #bantah #penemuan #baby #diddy #sampai #1000

KOMENTAR