Mengenal Hyaluronic Acid, Berikut Penjelasan, Manfaat, dan Cara Penggunaannya, Cocok untuk Menjaga Kesehatan Kulit
Ilustrasi seorang perempuan yang sedang mengaplikasikan skincare yang ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat (Freepik)
10:38
2 Oktober 2024

Mengenal Hyaluronic Acid, Berikut Penjelasan, Manfaat, dan Cara Penggunaannya, Cocok untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Dalam dunia perawatan kulit, memilih produk dengan bahan yang tepat dapat menjadi adalah kunci. Salah satu bahan yang akhir-akhir ini banyak beredar di marketplace dan mendapatkan popularitas yang luar biasa adalah hyaluronic acid.

Telah mulai banyak bermunculan skincare lokal yang mengandung hyaluronic acid di dalamnya. Hyaluronic acid dikenal memiliki fungsi sebagai pelembab alami dan membantu menarik dan mempertahankan kelembaban ke dalam kulit, membuatnya lembut dan kenyal.

Hyaluronic acid adalah zat bening, semi-kental, dan terjadi secara alami yang ditemukan di berbagai jaringan manusia, termasuk kulit, mata, dan jaringan ikat.

Hyaluronic acid memiliki sifat anionik yang membuatnya menarik air ke kulit, membuat kulit lebih lembut dan memberikan manfaat struktural.

Ketika kulit kita mulai menua, kulit kita mulai kehilangan asam hialuronat dan kolagen, sehingga menyebabkan keriput dan garis-garis halus.

Menggunakan skincare yang mengandung hyaluronic acid membantu melawan tanda-tanda penuaan, memperlihatkan kulit yang awet muda.

Selain itu, sebagai pelembab biologis, produk ini menenangkan kulit yang sangat kering, menjaganya tetap ternutrisi dan terhidrasi.

Ada pun manfaat-manfaat yang terkandung dalam hyaluronic acid adalah:

1. Menghidrasi kulit

Kulit kering dan dehidrasi dapat menjadi masalah yang sulit diatasi. Ketika kulit kekurangan kelembaban yang cukup, hal ini dapat menyebabkan bercak-bercak kasar, gatal, bersisik, dan hilangnya elastisitas.

Kasus kulit kering yang lebih parah juga dapat menyebabkan infeksi. Kulit kering juga dapat menyebabkan kulit pecah-pecah, membuka jalan bagi bakteri dan patogen untuk masuk ke dalam kulit Anda, yang menyebabkan infeksi.

Hyaluronic acid sangat efisien dalam mempertahankan kelembaban pada kulit, sehingga melumasi kulit dan meredakan gejala kekeringan. Mengoleskan hyaluronic acid dalam bentuk serum, krim, pelembab, dan lotion dapat membantu mengatasi kulit kering dan bersisik

2. Melawan tanda-tanda penuaan

Kulit kering dan dehidrasi lebih rentan terhadap skin barrier yang terganggu. Skin barrier yang efektif membantu melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini. Garis-garis halus, kerutan, dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya adalah penyebab utama dari penghalang kulit yang lemah.

Hyaluronic acid, dengan sifat pelembab yang kuat, membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, yang pada gilirannya juga memperkuat skin barrier kulit dan ideal untuk menjaga keriput, garis-garis halus, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Skin barrier yang terhidrasi, pada gilirannya, melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan menjaganya tetap sehat.

3. Mengurangi tanda-tanda hiperpigmentasi atau flek

Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang umum terjadi, ditandai dengan bercak-bercak gelap pada kulit. Ada tiga jenis kondisi ini, yaitu melasma, bintik matahari, dan hiperpigmentasi pasca-inflamasi, yang semuanya menunjukkan gejala yang berbeda.

Salah satu penyebab utama hiperpigmentasi adalah kelebihan melanin dalam tubuh dan di sinilah penggunaan hyaluronic acid berperan.

Menggunakan hyaluronic acid pada kulit dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, mencegah kehilangan air transepidermal, meningkatkan elastisitas kulit, dan memperbaiki tanda dan gejala hiperpigmentasi, membuat kulit Anda lebih cerah dan lebih merata.

4. Meredakan peradangan

Peradangan kulit adalah masalah kulit yang umum terjadi dan bermanifestasi sebagai iritasi, kemerahan, atau bengkak. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk sistem kekebalan tubuh yang lemah, infeksi, atau reaksi alergi.

Ini adalah kondisi yang menantang untuk dihadapi, tetapi tidak jika Anda memiliki produk asam hialuronat yang Anda inginkan.

Penelitian mengungkapkan bahwa hyaluronic acid memiliki sifat antiinflamasi yang kuat yang tidak hanya membantu meredakan gejala peradangan, tetapi juga mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV

Sudah menjadi fakta yang diketahui secara luas bahwa paparan sinar matahari dapat merusak kulit dengan berbagai cara, dan berkali-kali para peneliti telah membuktikan hal yang sama.

Ketika kulit terpapar sinar matahari, dapat menyebabkan kulit terbakar, keriput, garis-garis halus, bintik-bintik hitam, peradangan kehilangan elastisitas, dan dalam kasus yang lebih buruk, juga dapat menyebabkan kanker kulit.

Oleh karena itu, sangat jelas dipahami bahwa melindungi kulit dari sinar UV sangat penting. Hyaluronic acid telah terbukti efektif dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Sifat antioksidannya membantu menjaga kekuatan kulit dan melindunginya dari efek merusak sinar matahari

6. Meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan

Dengan menjaga kulit tetap terhidrasi, meningkatkan elastisitas kulit, mencegah tanda-tanda penuaan dini, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Hyaluronic acid memainkan peran penting dalam memberikan kulit yang bercahaya dan sehat.

Meskipun ada berbagai manfaat dan penggunaan hyaluronic acid untuk kulit, menggunakannya dengan cara yang salah tidak akan membuat Anda mendapatkan semua manfaatnya.

Berikut ini adalah panduan terperinci kami tentang cara menggunakan hyaluronic acid untuk kulit dan meningkatkan kesehatan kulit menurut Dr. Sravya C Tipirneni, Kepala Konsultan Dokter Kulit dan Kosmetologi di Rumah Sakit Manipal, melansir Pink Villa.

1. Pilih cleanser atau pembersih yang mengandung hyaluronic acid

Jika Anda memiliki kulit kering, sangat disarankan untuk memilih pembersih yang lembut yang mengandung hyaluronic acid. Ini akan membantu Anda menghilangkan semua kotoran, kotoran, dan debu tanpa mengganggu minyak alami kulit Anda.

2. Gunakan serum yang mengandung hyaluronic acid

Serum wajah telah menjadi favorit sepanjang masa bagi para penggemar perawatan kulit di seluruh dunia manfaatnya mulai dari meningkatkan kolagen hingga memberikan nutrisi terbaik untuk kulit.

Serum wajah yang mengandung hyaluronic acid dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit agar tetap segar dan bersih.

Gunakan serum hyaluronic acid setelah Anda mencuci wajah, biarkan serum menyerap, dan kemudian lanjutkan dengan rutinitas perawatan kulit rutin Anda.

3. Pilih pelembab atau moisturizer yang mengandung hyaluronic acid

Tidak ada rutinitas perawatan kulit yang lengkap tanpa mengoleskan pelembab atau body lotion.

Salah satu cara termudah untuk menggunakan asam hialuronat adalah dengan mengoleskan pelembab yang mengandung hyaluronic acid dan mendapatkan hidrasi selama 24 jam.

4. Gunakan untuk merias wajah Anda

Berbagai produk makeup, termasuk foundation, concealer, lipstik, dan sebagainya mengandung hyaluronic acid untuk menenangkan dan menyejukkan kulit. Tambahkan produk-produk ini ke meja rias Anda dan dapatkan riasan yang sempurna dan kilau berembun pada saat yang bersamaan.

Dr. Sravya lebih lanjut menambahkan, “Produk makeup yang diformulasikan dengan asam hialuronat dapat memberikan hidrasi tambahan sepanjang hari, membuat kulit Anda terasa segar dan lembap.”

Menurut sebagian orang, kata “acid” yang berarti asam mungkin menakutkan, tetapi Anda tidak perlu khawatir dengan bahan perawatan kulit ini.

Melansir Healthline, jika Anda mengalami efek samping setelah menggunakan hyaluronic acid, hal ini mungkin terjadi karena bahan lain dalam produk yang Anda gunakan, seberapa sering Anda mengaplikasikannya, konsentrasi asam hialuronat yang terlalu tinggi, dan jangan lupa untuk menghindari konsentrasi di atas 2 persen untuk menghindari iritasi atau kekeringan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #mengenal #hyaluronic #acid #berikut #penjelasan #manfaat #cara #penggunaannya #cocok #untuk #menjaga #kesehatan #kulit

KOMENTAR