Bahaya untuk Hubungan! 10 Tanda Kamu Terlalu Nyaman dengan Pasangan, Menurut Psikologi
10 Tanda Kamu Terlalu Nyaman dengan Pasangan (Pexels)
09:44
29 September 2024

Bahaya untuk Hubungan! 10 Tanda Kamu Terlalu Nyaman dengan Pasangan, Menurut Psikologi

- Ketika sebuah hubungan sudah mencapai titik kenyamanan, bisa jadi kita mulai menurunkan standar dan berhenti memberikan upaya ekstra untuk pasangan kita.

Namun, jika dibiarkan terlalu lama, kenyamanan ini bisa mengubah hubungan menjadi stagnan dan membosankan. Jadi, apakah kamu merasa terlalu nyaman dengan pasanganmu?

Dilansir dari laman Your Tango pada Minggu (29/9) berikut adalah 10 tanda bahwa kamu mungkin sudah terlalu nyaman dengan pasanganmu, menurut psikologi.

1. Kamu Tidak Lagi Berusaha Terlihat Menarik
Pada awal hubungan, kamu mungkin berusaha sebaik mungkin untuk tampil menawan di depan pasangan. Namun, sekarang kamu merasa tidak perlu lagi repot-repot berdandan atau memilih pakaian yang menarik.

Kamu tidak peduli jika kamu hanya mengenakan baju tidur lusuh atau rambutmu belum tertata dengan baik. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa kamu sudah terlalu nyaman dan tidak lagi merasa perlu membuat kesan yang baik di depan pasangan.

2. Kamu Sering Membicarakan Kebiasaan di Kamar Mandi
Ketika hubungan sudah mencapai titik di mana kamu dan pasangan bisa dengan nyaman membicarakan kebiasaan di kamar mandi tanpa rasa malu, itu adalah tanda kalian sudah sangat nyaman satu sama lain.

Memang, kenyamanan ini bisa menjadi hal yang baik karena menunjukkan bahwa kamu merasa aman dan diterima apa adanya. Namun, jangan sampai membuat hal ini menjadi kebiasaan yang mengurangi daya tarik dan keintiman dalam hubungan.

3. Kamu Tidak Malu Lagi Menunjukkan Sisi “Menjijikkan” Saat Sakit
Pada tahap awal hubungan, kita cenderung menjaga jarak ketika merasa tidak enak badan atau sedang tidak dalam kondisi terbaik. Tapi, sekarang kamu tidak ragu-ragu untuk bersin keras, mengeluarkan ingus, atau bahkan muntah di depan pasangan.

Kamu merasa tidak perlu menahan diri atau menjaga penampilan ketika sedang merasa tidak sehat. Ini menunjukkan betapa nyamannya kamu, tapi juga bisa menjadi tanda bahwa kamu sudah terlalu nyaman.

4. Rambut Kaki yang Mulai Tumbuh Panjang dan Kamu Tidak Peduli Lagi
Ingat ketika kamu selalu memastikan tubuhmu selalu mulus dan terawat sebelum bertemu pasangan? Sekarang, rambut kaki sudah tumbuh panjang dan kamu bahkan tidak berpikir untuk mencukurnya lagi.

Kenyamanan ini bisa menjadi pertanda bahwa kamu merasa hubungan kalian sudah kuat tanpa perlu upaya ekstra. Namun, tetap menjaga penampilan adalah cara menunjukkan bahwa kamu masih peduli dengan bagaimana pasangan melihatmu.

5. Kamu Hanya Mengenakan Celana Training Lusuh Setiap Hari
Apakah kamu merasa sudah terlalu nyaman mengenakan celana training lusuh setiap kali bertemu pasangan?

Tidak ada salahnya merasa santai di depan pasangan, tetapi jika kamu selalu memilih pakaian yang sama dan tidak lagi berusaha mengenakan sesuatu yang sedikit lebih rapi.

Ini bisa menjadi tanda bahwa kamu sudah terlalu nyaman dan lupa menjaga percikan keintiman dalam hubungan.

6. Kamu dan Pasangan Saling Mencabut Bulu yang Tumbuh di Area Tertentu
Kalian berdua mungkin pernah saling mencabut bulu alis yang berantakan atau bahkan bulu hidung yang menyembul. Jika ini terdengar seperti kegiatan yang normal dalam hubungan kalian, itu adalah tanda lain bahwa kalian sudah terlalu nyaman.

Walaupun hal ini bisa menjadi momen kebersamaan yang lucu, namun juga bisa menjadi tanda bahwa kalian sudah berhenti berusaha menjaga “rahasia” kecil tentang diri masing-masing.

7. Kencan Malam Sudah Jadi Masa Lalu
Pada awal hubungan, kalian mungkin selalu bersemangat untuk merencanakan kencan malam yang romantis, entah itu makan malam di restoran favorit atau menonton film bersama di bioskop.

Sekarang, kencan malam terasa seperti kenangan masa lalu dan kalian lebih memilih untuk tinggal di rumah, memakai piyama, dan makan makanan cepat saji.

Jika kencan malam tidak lagi menjadi prioritas, ini adalah tanda kalian sudah terlalu nyaman dan melupakan pentingnya menjaga keintiman.

8. Kalian Jarang Melakukan Percakapan Romantis Lagi
Kapan terakhir kali kamu mengatakan sesuatu yang romantis kepada pasanganmu? Ketika kamu sudah terlalu nyaman, obrolan kalian mungkin hanya seputar rutinitas harian, pekerjaan, atau tugas rumah tangga.

Jarang sekali kamu mengungkapkan perasaan cinta atau kekaguman pada pasanganmu. Menurut psikologi, percakapan romantis adalah cara penting untuk menjaga koneksi emosional dalam hubungan.

9. Kamu Tidak Lagi Bertanya Sebelum Membuat Rencana dengan Teman
Ketika kamu dan pasangan sudah sangat nyaman satu sama lain, kamu mungkin merasa tidak perlu lagi bertanya atau memberi tahu pasangan sebelum membuat rencana dengan teman-temanmu.

Meskipun ini menunjukkan tingkat kepercayaan dan kemandirian, itu juga bisa menjadi tanda bahwa kamu sudah terlalu nyaman dan tidak lagi mempertimbangkan perasaan pasangan.

10. Hidup Kalian Bersama Hanya Terdiri dari Menonton Netflix, Tanpa Bagian “Chill”
Salah satu tanda paling umum bahwa kalian sudah terlalu nyaman adalah ketika waktu bersama hanya dihabiskan untuk menonton acara Netflix, tanpa ada momen intim atau kegiatan bersama lainnya.

Pada awal hubungan, “Netflix and chill” mungkin berarti sesuatu yang lebih romantis atau menggoda, tetapi sekarang hanya berarti menonton berjam-jam tanpa ada koneksi emosional atau fisik.

Menjadi nyaman dengan pasangan adalah hal yang baik dan menunjukkan bahwa hubungan kalian sudah mencapai tingkat kepercayaan dan keintiman yang tinggi.

Namun, jika kamu terlalu nyaman, hubungan bisa kehilangan percikan dan menjadi monoton. Penting untuk tetap menjaga keseimbangan antara kenyamanan dan upaya untuk tetap menarik, romantis, dan terhubung dengan pasangan.

Jadi, jika kamu mengenali tanda-tanda ini dalam hubunganmu, jangan khawatir! Cobalah untuk kembali menghadirkan kejutan-kejutan kecil, kencan malam, atau percakapan romantis untuk menjaga keintiman dan kebahagiaan dalam hubungan kalian.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #bahaya #untuk #hubungan #tanda #kamu #terlalu #nyaman #dengan #pasangan #menurut #psikologi

KOMENTAR