11 Masker Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Rumah, Simak Apa Saja dan Resep Membuatnya
Berikut 11 masker alami untuk bekas jerawat (Freepik)
16:56
28 September 2024

11 Masker Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Rumah, Simak Apa Saja dan Resep Membuatnya

 

Bekas jerawat dapat membuat Anda merasa tidak percaya diri dan sulit disembunyikan dari wajah Anda.

Namun bagaimana jika Anda dapat menghilangkannya dengan bahan-bahan sederhana dari dapur Anda? Hal ini tidak memerlukan perawatan dan produk mahal.

Dilansir dari laman masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat di rumah:

  1.   Masker aloe vera dan lemon
Aloe vera bersifat menenangkan dan mempercepat regenerasi kulit. Air jeruk lemon berfungsi sebagai pemutih alami, membantu mencerahkan bekas jerawat.

Campurkan 2 sendok makan gel aloe vera dengan beberapa tetes air jeruk lemon. Oleskan pada wajah, biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  2.   Masker putih telur dan lemon
Putih telur mengencangkan kulit dan memperkecil ukuran pori-pori, sedangkan air jeruk lemon membantu mencerahkan bekas luka.

Kocok putih telur dengan beberapa tetes air jeruk lemon. Oleskan pada wajah selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

  3.   Masker kunyit dan yogurt
Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi, dan yogurt merupakan bahan pengelupas yang hebat. Keduanya dapat mencerahkan bekas luka dan menenangkan kulit.

Campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit dengan 2 sendok makan yogurt tawar. Oleskan campuran tersebut selama 15-20 menit, lalu bilas.

  4.   Masker teh hijau dan tepung beras
Teh hijau kaya akan antioksidan, sementara tepung beras dapat mengelupas kulit dengan lembut, membantu memudarkan bekas luka seiring waktu.

Seduh teh hijau kental dan campurkan 2 sendok makan teh dengan 2 sendok makan tepung beras hingga membentuk pasta. Oleskan selama 20 menit lalu bilas.

  5.   Masker minyak kelapa dan minyak esensial lavender
Minyak kelapa menghidrasi dan menyembuhkan, sementara minyak lavender mengurangi peradangan dan membantu mengurangi bekas luka.

Campurkan beberapa tetes minyak esensial lavender dengan satu sendok makan minyak kelapa. Oleskan sebelum tidur dan biarkan semalaman.

  6.   Masker cuka apel dan madu
Cuka sari apel menyeimbangkan pH kulit dan mengurangi bekas luka, sementara madu  melembabkan dan melawan bakteri.

Campurkan cuka sari apel dan madu dengan perbandingan yang sama. Oleskan pada wajah selama 15-30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  7.   Masker tomat dan minyak jojoba
Tomat mengandung likopen, yang dapat mengurangi kemerahan dan mempercepat penyembuhan kulit. Minyak jojoba merupakan pelembap yang baik.

Hancurkan tomat matang dan campurkan dengan satu sendok teh minyak jojoba. Oleskan selama 10-20 menit, lalu bilas.

  8.   Masker baking soda dan minyak zaitun
Soda kue mengelupas sel kulit mati, dan minyak zaitun melembabkan dan menyembuhkan kulit.

Buat pasta dengan 1 sendok makan soda kue dan sedikit minyak zaitun. Diamkan pada wajah selama 5-10 menit dan bilas dengan air hangat.

  9.   Masker oatmeal dan kamomil
Oatmeal menenangkan dan mengurangi peradangan, sementara kamomil menyembuhkan dan menenangkan kulit.

Buat secangkir teh kamomil dan campurkan dengan 3 sendok makan oatmeal. Setelah dingin, aplikasikan pada kulit selama 20 menit, lalu bilas.

  10.   Masker pepaya dan almond
Pepaya memiliki enzim yang mampu mencerahkan bekas luka pada kulit, sedangkan minyak almond kaya akan vitamin E yang mampu menutrisi kulit.

Hancurkan sepotong pepaya dan campurkan dengan beberapa tetes minyak almond. Oleskan selama 15-20 menit, lalu bilas.

  11.   Masker madu dan kayu manis
Madu bersifat antibakteri, dan kayu manis bersifat antiradang, menjadikan masker ini sebagai kombinasi ampuh untuk melawan bekas jerawat. Madu dalam Dermatologi.

Campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh kayu manis. Oleskan ke wajah Anda selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.  

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #masker #alami #untuk #menghilangkan #bekas #jerawat #rumah #simak #saja #resep #membuatnya

KOMENTAR