8 Tanda Kamu Tumbuh Dalam Keluarga yang Tidak Mempercayai Dirimu, Menurut Psikologi
Tanda psikologis kamu tumbuh dalam keluarga yang tidak mempercayai dirimu. (Geediting.com)
18:20
19 September 2024

8 Tanda Kamu Tumbuh Dalam Keluarga yang Tidak Mempercayai Dirimu, Menurut Psikologi

- Keyakinan atau kepercayaan merupakan suatu hal yang didambakan banyak orang dalam menjalani hidup. Keyakinan atau kepercayaan dipercaya sebagai bagian dari ego diri dan memiliki andil dalam membentuk karakter pribadi seseorang.

Seseorang yang tumbuh dalam keluarga yang krisis akan kepercayaan, cenderung akan meninggalkan jejak mendalam dalam pribadi anak-anak mereka. Dikutip gediting.com pada Kamis (19/8), berikut adalah 8 tanda psikologis jika kamu tumbuh dalam keluarga yang tidak mempercayaimu menurut psikologi.

Ragu terhadap diri secara terus menerus

Sebagai seorang anak, kita akan mengandalkan keluarga dalam memvalidasi impian dan kemampuan kita. Namun, jika validasi itu tidak didapatkan, maka sebuah keraguan cenderung akan muncul pada diri anak itu.

Para psikologi pun menunjukkan, bahwa keraguan kronis terhadap harga diri dan kemampuan seseorang merupakan tanda umum yang muncul pada orang dewasa karena tumbuh dalam keluarga yang tidak mempercayai mereka.

Berjuang dengan ketegasan

Kurangnya kepercayaan pada anak dalam sebuah keluarga, kerap kali menjadikan ide dan pendapat anak terabaikan. Kebiasaan terabaikan inilah yang akan terus berlanjut hingga dewasa, yang menyebabkan anak tersebut sulit membela diri dan tegas pada pendiriannya.

Ia akan takut dalam menyampaikan isi pikirannya dan khawatir akan reaksi yang akan diterimanya.

Prestasi yang terabaikan

Tumbuh dalam keluarga yang kerap mengabaikan dan meremehkan sebuah pencapaian, rupanya dapat mengubah cara pandang otak terhadap kesuksesan.

Berdasarkan studi yang dilakukan, sebuah pujian atau pengakuan akan menstimulasi area otak. Namun jika hal tersebut kerap kali diabaikan, maka akan meredam antusiasme kita terhadap pencapaian dan kesuksesan.

Takut gagal

Terus menerus merasa takut akan kegagalan menjadi salah satu tanda bahwa Anda tumbuh dalam keluarga yang tidak begitu percaya pada Anda.

Ketakutan tersebut muncul karena trauma masa kecil dimana kesalahan dianggap sebagai indikator ketidakmampuan, bukannya sebagai kesempatan belajar.

Mendambakan persetujuan

Kebutuhan validasi atau pengakuan merupakan naluri dari setiap manusia. Namun jika Anda membutuhkan hal tersebut menjadi sebuah kekuatan pendorong yang konstan dalam hidup Anda, maka dapat dipastikan hal tersebut disebabkan karena Anda tumbuh dalam keluarga yang kurang memiliki kepercayaan terhadap Anda.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #tanda #kamu #tumbuh #dalam #keluarga #yang #tidak #mempercayai #dirimu #menurut #psikologi

KOMENTAR