Viral di Tiktok! Ketahuilah Alasan Silent Walking Cocok Sebagai Olahraga Favorit Untuk Kaum Introvert
Berjalan kaki dengan rutin (Andrea Piacquadio / Pexels)
15:56
19 September 2024

Viral di Tiktok! Ketahuilah Alasan Silent Walking Cocok Sebagai Olahraga Favorit Untuk Kaum Introvert

Silent Walking dibahasakan artinya berjalan tenang. Baru - baru ini ramai di tiktok, kebiasaan silent walking kembali trend, karena ini bukan perkara berjalan kaki biasa loh.

Ini adalah praktik berjalan tanpa adanya suara bising sekitar atau ketergantungan perangkat elektronik.

Kebiasaan ini sebenarnya sudah pernah dilakukan oleh beberapa kalangan, namun kembali naik lagi karena sosial media Tiktok mulai kebiasaan dengan banyaknya aktivitas dengan berjalan kaki.

Tren ini mulai mendapatkan perhatian luas setelah seorang konten kreator TikTok, Mady Maio, mengunggah saran untuk berjalan kaki tanpa distraksi sebagai alternatif yang lebih menyehatkan dibandingkan latihan kardio yang intens.

Sejak saat itu, banyak orang mulai mengeksplorasi manfaat Silent Walking dan membagikan pengalaman mereka secara online.

Silent walking telah ada selama ribuan tahun yang tujuanya untuk mencapai kesadaran penuh saat bergerak.

Silent walking merupakan media meditasi yang medekan kesadaran dan ketenangan dalam tradisi buddhis yang mana praktik Zen ini dikenal sebagai ‘kinhin’ atau meditasi berjalan. Silent walking ini memiliki manfaat begitu besar untuk kesehatan fisik sampai Jiwa.

Dikutip melalui happiful ternyata ini manfaat dari silent walking, biar gak cuma asal ikutin trendnya aja.

1. Meningkatkan Konsentrasi

Seringkali dijumpai dari beberapa orang yang masih terdistraksi dengan handphonenya atau musik.

Alasannya masih banyak orang membutuhkan waktu untuk memiliki tempat yang tenang dan sepi untuk mengisi ruang pikiran mereka.

Saat melakukan silent walking membantu untuk meningkatkan konsentrasi karena membantu untuk tetap fokus dan menikmati suasana sekitar saat berjalan.

2. Mengurangi Stress

Aktivitas fisik saat berjalan biasanya membantu meningkatkan imun endorfin dan menurunkan tingkatan stress dalam tubuh.

Silent Walking juga membantu untuk mengurangi stress dengan melakukan berjalan kaki dengan suasana yang tenang tanpa gangguan, biasanya dengan menikmati suara - suara alam, menghirup udara segar untuk meredakan stress dari aktivitas sehari - hari.

3. Menjaga Kesehatan Jantung Dan Postur Tubuh

Silent walking membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, yang pada gilirannya meningkatkan suplai oksigen ke jantung, membuatnya lebih efisien dalam memompa darah.

Dengan berjalan dalam keheningan juga membantu memperbaiki postur kepala lebih tegak dan punggung lebih lurus, yang penting untuk kesehatan tulang belakang dan postur tubuh.

4. Meningkatkan Sisi Sosial

Silent Walking akan lebih sadar terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga dapat mengasah keterampilan komunikasi non-verbal, seperti bahasa tubuh, yang memainkan peran penting dalam interaksi sosial.

Biasanya yang mengalami kesulitan dalam membangun hubungan emosional dengan orang lain, bisa mendapatkan manfaat dari Silent Walking.

Aktivitas ini memungkinkan orang lebih peka terhadap emosi diri sendiri, yang kemudian bisa diterapkan dalam memahami perasaan orang lain.

5. Menciptakan Ruang untuk Refleksi Diri

Dengan refleksi diri, seseorang bisa lebih sadar akan perilaku sosial yang mungkin perlu diperbaiki, sehingga memperkuat hubungan dengan teman, keluarga, atau rekan kerja.

Aktivitas ini sering dilakukan di tempat yang damai seperti taman atau hutan kota. Setelah sesi Silent Walking, banyak orang yang merasakan refleksi diri yang mendalam, yang kemudian membantu mereka dalam memperbaiki hubungan interpersonal.

Silent Walking bukan hanya sekadar tren lama yang kembali populer, tapi juga solusi sederhana untuk menjaga keseimbangan hidup di tengah kesibukan modern.

Dengan menjauh sejenak dari gadget dan gangguan teknologi, kita bisa menemukan ketenangan batin dan kesehatan fisik yang sering terabaikan.

Mulailah langkah kecil hari ini dan rasakan manfaat besar dari Silent Walking untuk hidup yang lebih sehat dan seimbang.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #viral #tiktok #ketahuilah #alasan #silent #walking #cocok #sebagai #olahraga #favorit #untuk #kaum #introvert

KOMENTAR