Harga Tiket Pesawat Komersial Jakarta-LA: Lebih Mahal dari Jet Pribadi yang Ditebengi Kaesang?
Ilustrasi jet pribadi yang ditumpangi Erina Gudono dan Kaesang Pangarep (Tangkapan layar X)
14:22
18 September 2024

Harga Tiket Pesawat Komersial Jakarta-LA: Lebih Mahal dari Jet Pribadi yang Ditebengi Kaesang?

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap harga sewa jet pribadi yang dibayar Kaesang Pangarep sebesar Rp 90 juta per orang. Hal ini dikomplain warganet karena tarif untuk pesawat komersil saja lebih mahal.

"Yakali. Barusan cek PP naik Emirates Jakarta-Los Angeles business class aja minimal 80an juta. First class minimal 120an juta. Ini commercial airline lho. Masa perhitungan (((tiket))) (((Jet Pribadi))) segini," tulis seorang warganet X, Selasa (17/9/2024).

Erina Gudono dan Kaesang Pangarep naik pesawat pribadi (Instagram)Erina Gudono dan Kaesang Pangarep naik pesawat pribadi (Instagram)

Beberapa waktu lalu, Kaesang Pangarep dan sang istri, Erina Gudono sempat mampir ke Los Angeles. Hal itu diketahui dari lokasi Instagram story yang sempat dibagikan kakak Erina Gudono.

Sejumlah warganet lain yang juga pernah bepergian ke Amerika Serikat pun turut bersuara. Mereka menyebut Rp90 juta untuk sewa jet pribadi tidak masuk akal. Sebab, tiket pesawat komersil jauh lebih mahal. Memangnya berapa?

Baca Juga: Mobil Mewah Tunggangan Kaesang Sepulang dari KPK: Pajak Setara Honda Beat, Harga Platnya Mahal

Harga Tiket Pesawat Komersil Jakarta-Los Angeles

Menurut penelusuran pada aplikasi booking tiket, penerbangan pulang pergi (PP) Jakarta-Los Angeles cukup beragam. Untuk business class dengan maskapai Emirates mencapai Rp83,8 juta dan first class sebesar Rp 113 juta.

Sementara harga tiket first class untuk maskapai lainnya seperti Korean Air dan Cathay Pacific masing-masing dibanderol Rp161 juta dan Rp183 juta. Selain itu, Garuda Indonesia juga turut menawarkan tiket. Tepatnya tiket untuk kelas bisnis PP dengan harga Rp99 juta.

Lalu, ada pula Turkish Arilines yang menaruh harga Rp 106,1 juta. Seluruh harga itu terbukti lebih mahal ketimbang biaya sewa jet pribadi Kaesang.

Padahal, sebelumnya warganet juga telah menelusuri harga sewa jet pribadi Gulfstream G650 yang dipakai Kaesang bisa mencapai Rp 265 juta-Rp 308 juta per jamnya. Atas dasar ini, KPK dianggap telah berbohong.

Baca Juga: Beda Cara KPK Perlakukan Rafael Alun dan Kaesang Dibandingkan: Dipidana vs Cuma Klarifikasi

Harga Tiket Jet Pribadi yang Ditebengi Kaesang

Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. [Instagram]Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. [Instagram]

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan bahwa analisis soal harga sewa jet pribadi itu diperkirakan memakan waktu 3-4 hari. Ia menyebut harganya Rp90 juta per orang.

"Kalau ditetapkan milik negara ini kan fasilitas akan dikonversi, jadi uang nanti disetor uangnya. Yang bersangkutan (Kaesang) sudah bilang kira-kira Rp 90 juta lah satu orang seharga tiket. Ini kalau kita tetapkan milik negara ya," ungkap Pahala saat ditemui di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Ketika plesiran ke Amerika Serikat, Kaesang dan Erina Gudono, juga turut memboyong kakak istrinya dan stafnya. Di sisi lain, dalam formulir dugaan gratifikasi, ia menuliskan sebagai anak dari penyelenggara negara.

"Yang bersangkutan pergi berempat, jadi Kaesang, istrinya, kakak istrinya dan stafnya jadi berempat, kira-kira Rp 360 juta kalau ditetapkan milik negara," kata Pahala.

"Ya ada lah (dugaan gratifikasi), namanya belum tentu kan bisa jadi iya, bisa jadi enggak. Tapi enggak spekulasi yang gitu," lanjutnya.

Kaesang Pangarep sendiri mendatangi KPK pada Selasa (17/9/2024) untuk klarifikasi soal jet pribadi. Ia menyebut dirinya datang karena  inisiatif sendiri. Sementara jet pribadi tersebut diakui Kaesang merupakan milik temannya.

"Saya datang ke sini bukan karena undangan, bukan karena panggilan tapi inisiatif saya dan saya tadi juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat," kata Kaesang ditemui di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Penggunaan pesawat itu (jet pribadi) saya numpang atau bahasa bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman," sambungnya.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #harga #tiket #pesawat #komersial #jakarta #lebih #mahal #dari #pribadi #yang #ditebengi #kaesang

KOMENTAR