Baim Wong Disebut Tak Beri Paula Verhoeven Uang untuk Perawatan, Bagaimana Menurut Hukum Islam?
Paula Verhoeven - Baim Wong (Instagram)
15:56
16 September 2024

Baim Wong Disebut Tak Beri Paula Verhoeven Uang untuk Perawatan, Bagaimana Menurut Hukum Islam?

Isu cerai Baim Wong membuat curhatan lawas Paula Verhoeven kepada Nagita Slavina jadi perbincangan netizen. Kepada Nagita Slavina, Paula mengaku tak diberi uang untuk perawatan oleh Baim Wong. Bagaimana pendapat hukum Islam tentang hal ini?

Video yang diunggah oleh akun TikTok @gxcvkqlfxhwdthzlp memperlihatkan percapakan Paula Verhoeven dan Nagita Slavina soal nafkah. Paula bertanya apakah Nagita mendapat uang dari suaminya Raffi Ahmad untuk perawatan. Berbeda dengan Paula, Nagita ternyata bebas menggunakan kartu kredit Raffi Ahmad.

"Iya pakai aja ya kan," ucap wanita yang akrab disapa Gigi ini, dikutip Senin (16/9/2024).

"Aku belum (diberi uang untuk perawatan)," curhat Paula Verhoeven.

Baca Juga: Diduga Dilakukan Lolly Anak Nikita Mirzani Sebanyak 2 Kali, Bagaimana Hukum Islam Aborsi?

Hukum Islam Memberi Istri Uang Perawatan

Secara agama, Allah mewajibkan suami memberi nafkah kepada istri. Mengutip laman Balitbangdiklat Kementerian Agama, tafsiran ulama Ibnu Katsir menyebut pemberian nafkah yang layak kepada istri termasuk biaya untuk perawatan. Hal ini tertuang dalam firman Allah di Al Quran, lewat surat Al Baqarah ayat 233, yang berbunyi:

"Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara makruf."

Menurut ulama Ibnu Katsir, kewajiban orangtua memberikan nafkah kepada anak meliputi makanan yang baik dan bergizi agar tumbuh kembangnya maksimal. Sementara untuk istri, nafkah pakaian tidak terbatas pada baju saja, tapi juga biaya perawatan untuk merawat diri sendiri.

Selain perintah Allah, memberikan nafkah yang layak kepada istri juga menjadi teladan Nabi Muhammad SAW. Ada dua hadits yang menyebutkan dengan jelas bagaimana cara terbaik memberikan nafkah kepada istri oleh suami, yakni:

Baca Juga: Sikap Baim Wong Cium Tangan Nagita Slavina saat Salaman Jadi Omongan: Muka Gigi Udah Bete

"Hak mereka (istri) atas kalian (suami) adalah agar kalian memberi rezeki dan pakaian kepada mereka dengan cara yang baik," (HR Muslim).

"Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya. Dan akulah yang paling baik di antara kalian dalam bermuamalah dengan keluargaku," (HR. Tirmidzi).

Dua hadits di atas menegaskan betapa pentingnya memberikan nafkah yang baik kepada keluarga. Nafkah yang baik bukan berupa sekadar ada saja pakaian, makanan, dan tempat tinggal, tapi harus disesuaikan dengan kemampuan. Jika memiliki kelebihan rezeki, maka nafkah yang diberikan kepada keluarga juga harus setara.

Demikian pembahasan tentang hukum Islam memberikan istri uang perawatan, berkaca pada kebiasaan pasangan Baim Wong dan Paula Verhoeven.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #baim #wong #disebut #beri #paula #verhoeven #uang #untuk #perawatan #bagaimana #menurut #hukum #islam

KOMENTAR