Kisah Cinta Nenek Maia Estianty, Istri Pertama Soekarno yang Dinikahi Usia 16 Tahun
Kolase Maia Estianty dan Soekarno. [Dok.Istimewa]
20:17
9 September 2024

Kisah Cinta Nenek Maia Estianty, Istri Pertama Soekarno yang Dinikahi Usia 16 Tahun

Kisah mengejutkan terungkap dari nenek Maia Estianty, yang ternyata memiliki hubungan erat dengan sejarah Indonesia.

Nenek Maia bernama Siti Oetari Tjokroaminoto. Dia pernah menikah dengan Presiden pertama Indonesia, Soekarno, pada masa mudanya.

Siti Oetari merupakan putri dari HOS Tjokroaminoto, tokoh pergerakan nasional yang sangat berpengaruh, menikah dengan Soekarno saat Soekarno masih berusia sekitar 20 tahun.

Saat itu, Soekarno tinggal di rumah HOS Tjokroaminoto di Surabaya untuk menuntut ilmu, dan di sinilah ia bertemu dengan Siti Oetari yang saat itu baru berusia 16 tahun.

Cerita pernikahan Soekarno dan Siti Oetari dimulai ketika keduanya sering bertemu di rumah HOS Tjokroaminoto, yang akhirnya memutuskan untuk menjodohkan mereka.

"Ada eyang Tjokroaminoto, buyut gue. Kakek buyut punya anak perempuan yang menikah dengan Soekarno, istri pertama," ujar Maia Estianty dalam sebuah wawancara di kanal Youtube DeHakims Story, dikutip Senin (9/9/2024).

Namun, pernikahan mereka tidak berlangsung lama. Siti Oetari dan Soekarno hanya hidup bersama selama sekitar satu tahun.

Salah satu faktor penyebab perpisahan mereka adalah hubungan yang lebih mirip kakak-adik ketimbang suami-istri, mungkin karena usia Siti Oetari yang masih sangat muda.

"Cerai jadi akhirnya nenek kawin lagi sama sepupunya, punya anak bapak gue, baru turun gue," tambah Maia.

Setelah perceraian tersebut, Siti Oetari menikah lagi dengan sepupunya dan melanjutkan hidupnya.
Soekarno lalu menikahi Inggit Garnasih, perempuan matang yang kemudian menjadi istri keduanya. Pernikahan dengan Inggit menjadi bagian penting dari perjalanan hidup Soekarno yang kemudian berjuang dalam dunia politik hingga menjadi presiden pertama Indonesia.

Kisah ini tidak banyak diketahui publik, namun melalui Maia Estianty, kita mendapatkan wawasan baru tentang sisi lain dari kehidupan nenek Maia yang ternyata memiliki keterkaitan dengan tokoh besar seperti Soekarno.

Meskipun pernikahan tersebut tidak bertahan lama, cerita ini tetap menjadi bagian penting dari sejarah pribadi keluarga Maia Estianty dan menambah warna pada kisah perjalanan hidupnya.

Editor: Riki Chandra

Tag:  #kisah #cinta #nenek #maia #estianty #istri #pertama #soekarno #yang #dinikahi #usia #tahun

KOMENTAR