Vladimir Putin Tutup Negosiasi dengan Ukraina Sejak Penyerbuan Kursk yang Tewaskan 12 Warga Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin menolak negosiasi apapun dengan Ukraina pasca serangan militer Ukraina ke Kursk. 
20:30
13 Agustus 2024

Vladimir Putin Tutup Negosiasi dengan Ukraina Sejak Penyerbuan Kursk yang Tewaskan 12 Warga Rusia

- Presiden Rusia Vladimir Putin menutup perundingan damai apa pun dengan Ukraina setelah militer Ukraina melakukan serangan terhadap warga sipil saat melakukan penyerbuan ke wilayah Kursk dan mengancam pembangkit listrik tenaga nuklir.

Dalam pertemuan dengan para pejabat senior hari Senin, Putin membahas serangan Ukraina baru-baru ini ke wilayah perbatasan Kursk, serta serangan pesawat tak berawak yang merusak Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporozhye Rusia.

Dia berpendapat, tindakan terbaru Ukraina tersebut menunjukkan mengapa mereka menolak meninjau kembali rencana penyelesaian konflik berdasarkan proposal Rusia, atau peta jalan yang diajukan oleh pihak netral.

"Rupanya, musuh, yang mengandalkan bantuan negara-negara Barat… sedang berusaha meningkatkan posisi negosiasinya di masa depan."

"Tapi bagaimana kita bisa membicarakan negosiasi dengan mereka yang melakukan serangan tanpa pandang bulu terhadap warga sipil, infrastruktur sipil, atau mencoba mengancam fasilitas energi nuklir?"

Menurut Putin, salah satu tujuan utama Kiev di Kursk adalah untuk mengalihkan perhatian dari Donbass, tempat pasukan Rusia terus menguasai wilayahnya dalam beberapa bulan terakhir.

“Tapi apa hasilnya? Laju operasi ofensif… bukan saja tidak melambat, namun sebaliknya meningkat satu setengah kali lipat," kata Vladimir Putin.

Dengan menyerang wilayah Kursk, Ukraina juga berupaya melemahkan moral penduduk Rusia.

Namun, kata Putin, justru mencapai hasil sebaliknya, sambil mencatat peningkatan aliran sukarelawan untuk bergabung dengan militer dan mempertahankan perbatasan.

Tujuan utama Moskow pada tahap ini adalah mengusir pasukan Ukraina dari wilayah Rusia. “Musuh akan menerima respon yang layak. Semua tujuan kami pasti akan tercapai.”

Inilah wilayah Kursk di selatan Rusia yang berhasil diserbu dan direbut pasukan Ukraina lalu mendudukinya. Panglima Militer Ukraina, Oleksandr Syrskyii, mengatakan, Kyiv menguasai sekitar 1.000 km persegi (386 mil persegi) Kursk, menurut kutipan video dari laporannya yang dibagikan oleh Presiden Volodymyr Zelenskyy di Telegram. Peta warna biru menunjukkan wilayah Kursk yang berhasil dikuasai pasukan Ukraina per 10 Agustus 2024. Inilah wilayah Kursk di selatan Rusia yang berhasil diserbu dan direbut pasukan Ukraina lalu mendudukinya. Panglima Militer Ukraina, Oleksandr Syrskyii, mengatakan, Kyiv menguasai sekitar 1.000 km persegi (386 mil persegi) Kursk, menurut kutipan video dari laporannya yang dibagikan oleh Presiden Volodymyr Zelenskyy di Telegram. Peta warna biru menunjukkan wilayah Kursk yang berhasil dikuasai pasukan Ukraina per 10 Agustus 2024. (Aljazeera)

Ukraina melancarkan serangan ke Wilayah Kursk pekan lalu, serangan lintas batas terbesar sejak pecahnya konflik, dan laporan media menunjukkan bahwa serangan tersebut melibatkan beberapa brigade bersenjata terbaik di Kiev.

Meski pasukan Ukraina memperoleh sejumlah kemajuan, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan kemajuan tersebut telah dihentikan. Militer Rusia memperkirakan kerugian di Kiev sekitar 1.600 tentara dan 200 kendaraan lapis baja.

Pada hari Minggu, Moskow menuduh Kiev melancarkan serangan pesawat tak berawak ke Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporozhye Rusia, yang merusak salah satu menara pendinginnya.

Tag:  #vladimir #putin #tutup #negosiasi #dengan #ukraina #sejak #penyerbuan #kursk #yang #tewaskan #warga #rusia

KOMENTAR