Kamala Harris Kutuk Serangan Israel ke Sekolah di Gaza: Terlalu Banyak Warga Sipil Terbunuh Lagi
Kamala Harris (Instagram/kamalaharris)
13:52
12 Agustus 2024

Kamala Harris Kutuk Serangan Israel ke Sekolah di Gaza: Terlalu Banyak Warga Sipil Terbunuh Lagi

Wakil Presiden Kamala Harris mengutuk meningkatnya korban sipil di Gaza, dengan mengatakan ada "terlalu banyak" korban setelah serangan udara terbaru Israel terhadap gedung sekolah yang menampung anggota Hamas dan pengungsi.

Berbicara di sebuah acara kampanye di Phoenix pada hari Sabtu, Harris menekankan bahwa Pasukan Pertahanan Israel memiliki "tanggung jawab penting" untuk menghindari jatuhnya korban sipil di Gaza karena kementerian kesehatan yang dikelola Hamas memperkirakan jumlah korban tewas mendekati 40.000.

"Terlalu banyak warga sipil yang terbunuh lagi," kata Harris setelah serangan udara IDF di sekolah Kota Gaza.

Kamala Harris, Wakil Presiden AS (twitter.com/kamalaharris)Kamala Harris, Wakil Presiden AS (twitter.com/kamalaharris)

Komentarnya muncul setelah Gerakan Nasional yang Tidak Berkomitmen — kelompok yang memobilisasi lebih dari 100.000 orang untuk menahan suara mereka dari Presiden Biden atas dukungannya terhadap Israel — mengklaim bahwa Harris "menyatakan keterbukaan" untuk bertemu dengan mereka guna membahas kemungkinan embargo senjata terhadap negara Yahudi tersebut.

Baca Juga: Serangan Israel ke Sekolah di Gaza Tewaskan 100 Orang, Militer Berdalih Ingin Serang Pusat Komando Hamas

Klaim tersebut dengan cepat memicu kemarahan di antara para pendukung Israel, yang mengatakan bahwa itu hanyalah bukti lebih lanjut bahwa dia tunduk kepada massa radikal anti-Israel.

Senator Marsha Blackburn (R-TN) menafsirkan berita tersebut sebagai upaya Harris untuk meredakan arus bawah pro-Hamas di partainya.

“Kamala Harris adalah simpatisan Hamas. Dia telah menjelaskan dengan jelas bahwa dia akan mendukung Hamas saat orang-orang Yahudi diserang tanpa henti oleh teroris Hamas,” katanya kepada The Post pada hari Jumat.

Harris kemudian menegaskan pada hari Sabtu bahwa Israel memiliki hak untuk “menyerang Hamas,” namun, kecamannya terhadap serangan tersebut menggemakan ketegangan yang semakin meningkat antara Gedung Putih dan Yerusalem atas perang di Gaza.

Pejabat kesehatan Gaza mengklaim pada hari Sabtu bahwa sedikitnya 90 orang tewas, termasuk wanita dan anak-anak, ketika rudal IDF menghantam sekolah Tabeen, yang menurut Israel menyembunyikan militan Hamas dan komandan senior.

Baca Juga: Seniman Iran Buat Lukisan 'Perjamuan Terakhir' Yesus dengan Anak-anak Gaza, Sentil Olimpiade Paris?

Pejabat Gaza tidak membedakan antara teroris dan warga sipil saat melaporkan korban tewas.

Militer Israel menolak klaim tersebut sebagai “berlebihan,” memperkirakan bahwa serangan itu sebenarnya menewaskan sekitar 20 teroris.

IDF tidak mengatakan berapa banyak warga sipil yang diyakini tewas dalam serangan terhadap sekolah tersebut, yang juga menampung para pengungsi, tetapi mengatakan bahwa militer mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk membatasi bahaya bagi warga sipil.

Dengan Hamas yang secara rutin menggunakan sekolah untuk bersembunyi dan IDF melakukan serangan udara terhadap gedung-gedung, hampir 85% sekolah di Gaza telah terkena serangan langsung atau rusak hingga Juli, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Seorang pria duduk di antara reruntuhan bangunan di Kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, Rabu (17/7/2024). ANTARA FOTO/Xinhua/Rizek Abdeljawad/rwa.Seorang pria duduk di antara reruntuhan bangunan di Kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, Rabu (17/7/2024). ANTARA FOTO/Xinhua/Rizek Abdeljawad/rwa.

Situasi tersebut telah menarik perhatian dari para pejabat AS yang berusaha menyeimbangkan dukungan untuk Israel sambil juga mendesak IDF untuk menghindari jatuhnya korban sipil meskipun ada taktik Hamas.

Harris, yang sekarang menjadi calon presiden dari Partai Demokrat, mendapati dirinya berada di tengah perdebatan setelah para pemimpin Gerakan Nasional yang Tidak Berkomitmen mengatakan bahwa wakil presiden terbuka untuk bertemu dengan mereka.

"Dia berkata, 'Ya, saya akan bertemu dengan Anda,'" kata pendiri kelompok Layla Elabed dalam sebuah video yang diunggah ke X pada hari Kamis.

“Dan saya paham ketika dia setuju untuk bertemu dengan saya, dia tidak menyetujui embargo senjata, dia setuju untuk membahas embargo senjata dan membahas kebijakan yang akan menyelamatkan nyawa di Gaza dan mudah-mudahan membawa kita ke titik di mana kita dapat mendukung Wapres Harris.”

Rekan pendiri Uncommitted Movement, Abbas Alawieh, mendukung pernyataan Elabed tentang persetujuan Harris untuk bertemu — dan juga mengklaim bahwa para pemimpin Partai Demokrat menunjukkan simpati terhadap keinginan mereka untuk embargo senjata.

Namun, Penasihat Keamanan Nasional Harris, Phil Gordon, mengatakan Harris tidak mendukung embargo senjata terhadap Israel.

Ia menambahkan bahwa “dia akan terus bekerja untuk melindungi warga sipil di Gaza dan menegakkan hukum humaniter internasional.”

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #kamala #harris #kutuk #serangan #israel #sekolah #gaza #terlalu #banyak #warga #sipil #terbunuh #lagi

KOMENTAR