Atlet Korea Utara Tiba di Paris usai Absen di Olimpiade Tokyo, Bagaimana Nasib 'Unifikasi Korea'?
Bendera Korea Utara. [Sazali Ahmad / AFP]
17:44
27 Juli 2024

Atlet Korea Utara Tiba di Paris usai Absen di Olimpiade Tokyo, Bagaimana Nasib 'Unifikasi Korea'?

Atlet Korea Utara tiba di Paris pada hari Minggu untuk menghadiri dan berkompetisi di perhelatan olahraga, Olimpiade 2024. Hal ini sekaligus menandai partisipasi pertama negara tersebut dalam Olimpiade Musim Panas dalam delapan tahun karena Korea Utara memilih untuk tidak mengirim atlet ke Olimpiade Tokyo yang diadakan pada tahun 2021 di tengah pandemi COVID-19.

Sekitar belasan atlet Korea Utara telah lolos ke Olimpiade Paris dalam cabang olahraga seperti senam, tenis meja, tinju, gulat, dan judo. Para peserta didampingi oleh Menteri Olahraga Korea Utara Kim Il Guk.

Pyongyang menutup perbatasannya untuk membendung penyebaran virus corona pada awal tahun 2020, namun kembali menggelar olahraga internasional sekitar tiga tahun kemudian.

Potret pemain Timnas Korea Utara di Asian Games 2022. (Instagram)Potret pemain Timnas Korea Utara di Asian Games 2022. (Instagram)

Komite Olimpiade Internasional melarang Korea Utara berkompetisi di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, dengan mengatakan negara tersebut gagal memenuhi kewajibannya mengirim atlet ke Olimpiade Tokyo.

Baca Juga: Kontingen Israel Dicemooh, Sorak-sorai 'Palestina!' Menggaung di Pembukaan Olimpiade Paris

Saat upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 di Korea Selatan, kedua Korea berbaris bersama di bawah bendera "Unifikasi Korea" di tengah meredanya ketegangan di Semenanjung Korea. Kedua negara juga menurunkan tim hoki es gabungan wanita.

Namun, interaksi antar-Korea di Olimpiade Paris tidak akan terulang kembali karena pemimpin Korea Utara Kim Jong Un awal tahun ini menggambarkan kedua Korea sebagai “saling bermusuhan.”

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #atlet #korea #utara #tiba #paris #usai #absen #olimpiade #tokyo #bagaimana #nasib #unifikasi #korea

KOMENTAR