Bekal Makan Siang Zaman Kuno, Temuan Arkeologi Ungkap Keju Populer di Anatolia 4.000 Tahun Lalu
Ilustrasi situs sejarah. (Wikimedia Giovanni Boccardi)
01:36
25 Juli 2024

Bekal Makan Siang Zaman Kuno, Temuan Arkeologi Ungkap Keju Populer di Anatolia 4.000 Tahun Lalu

Di situs reruntuhan peradaban berusia 4.000 tahun di Anatolia, ditemukan lempengan tanah liat yang mendokumentasikan aspek budaya yang biasa namun tetap menarik, yaitu bekal makan siang.

Temuan tersebut secara khusus menggambarkan tentang Keju Kültepe yang merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di wilayah tersebut, yang menurut temuan tersebut, biasa membawanya kemana-mana dalam perjalanan.

Terletak di Turki tengah saat ini, di sebuah provinsi (Kayseri) yang memiliki nama yang sangat mirip dengan kata Jerman untuk produk susu keju (Käserei), reruntuhan Kültepe dianggap sebagai tempat kelahiran peradaban Anatolia.

Kota ini merupakan kota penting bagi bangsa Het: peradaban Anatolia utama pada masanya, dan saat ini dikenal sebagai tempat di mana contoh definitif paling awal dari bahasa Indo-Eropa ditulis: dalam bentuk bahasa Het, kata serapannya berasal dari bahasa Het, dicampur ke dalam tulisan paku Asyur dan Acadian pada 20.000 tablet yang terletak di kota.

Baca Juga: Tegas! Erdogan Tolak Kerjasama NATO dengan Israel

Situs kuno Israel, Tel Arad. [Wikimedia]Situs kuno Israel, Tel Arad. [Wikimedia]

Profesor Fikri Kulakolu, seorang arkeolog yang bekerja di situs tersebut, yang telah melakukan penggalian dan penelitian selama 76 tahun, menjelaskan kepada Hurriyet Daily bahwa keju sangat penting bagi kehidupan di wilayah tersebut.

“Empat ribu tahun yang lalu ada keju yang disebut ‘Keju Kani.’ Kami membaca dari tablet-tablet ini bahwa mereka membawanya,” kata Kulakolu kepada Daily. “Jelas, di mana pun geografi saat ini, kita melihat produk yang sama dengan cara yang sama 4 ribu tahun yang lalu.”

“Orang-orang membawa keju ini saat bepergian,” tambahnya. “Orang-orang pada waktu itu membawa daging dalam kotak, diiris, dan dikeringkan dalam perjalanan. Bahkan saat ini, hal ini mirip dengan menyiapkan sandwich biasa dalam kondisi saat ini.”

Saat ini, “pastrma”, yaitu daging kering yang dibumbui, masih menjadi bahan makanan tradisional yang harus dibawa oleh seseorang di wilayah tersebut, dan Kulakolu menekankan betapa tidak ada alasan untuk mempercayai kesinambungan yang menghubungkan kebiasaan orang Het dan budaya makanan siap saji saat ini. terputus.

Ini bukanlah contoh pembuatan keju tertua di dunia, karena tembikar yang ditemukan di Polandia menunjukkan betapa budaya Neolitikum yang relatif primitif di Eropa Utara membuat keju untuk menghindari intoleransi laktosa, atau begitulah hipotesisnya, 2.000 tahun lebih awal dibandingkan tablet Keju Kani.

Baca Juga: Wow! Roti Bakar Usia 2.000 Tahun Ditemukan di Reruntuhan Pompeii

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #bekal #makan #siang #zaman #kuno #temuan #arkeologi #ungkap #keju #populer #anatolia #4000 #tahun #lalu

KOMENTAR