Terinspirasi Tragedi, Siswa SMA Raih Hibah Besar untuk Alat Keselamatan Rusa Berbasis Kecerdasan Buatan
Ilustrasi kecerdasan buatan (Artifial Intelligence/AI].
16:12
19 Juli 2024

Terinspirasi Tragedi, Siswa SMA Raih Hibah Besar untuk Alat Keselamatan Rusa Berbasis Kecerdasan Buatan

Setiap warga Virginia berusia di atas 30 tahun yang Anda temui pasti mengenal seseorang yang pernah bertabrakan dengan rusa saat berkendara di jalan raya dengan mobilnya. Negara bagian ini termasuk sepuluh besar secara nasional dalam hal kecelakaan yang berhubungan dengan rusa.

Dua siswa sekolah menengah atas diketahui baru saja menerima hibah dalam jumlah besar untuk melanjutkan penelitian mereka terhadap perangkat yang mendeteksi mobil dan rusa melalui kamera dengan kecerdasan buatan, dan membantu keduanya menghindari tabrakan.

Shaurya Jain dan Anmol Karan dari Sekolah Menengah Thomas Jefferson di Fairfax County menerima $15.000 setelah mempresentasikan prototipe mereka.

Dana tersebut berasal dari Animal Welfare Institute sebagai bagian dari Christine Stevens Wildlife Award, dan hal ini membuat kedua pemuda tersebut merasa “terhormat.”

Baca Juga: Beri Bocoran, KPK Sebut Kerugian Negara Capai Triliunan Rupiah di Kasus Pokir Pemprov Jawa Timur

Ilustrasi kecerdasan buatan (Shutterstock).Ilustrasi kecerdasan buatan (Shutterstock).

“Tidak semua orang akan mempercayai sekelompok siswa sekolah menengah dengan uang sebanyak ini,” kata Jain kepada WTOP.

Diposisikan di pinggir jalan, jika perangkat mendeteksi mobil dan rusa di sekitarnya, perangkat akan mengeluarkan pulsa frekuensi tinggi dan suara binatang untuk mencegah rusa mencoba menyeberang pada saat itu. Jika diposisikan di tempat dengan lalu lintas rusa yang tinggi, anak-anak tersebut berharap hal ini akan mencegah mereka mempengaruhi lalu lintas, terutama pada malam hari ketika jarak pandang rendah dan rusa paling aktif.

Pada tahun 2022, 6.100 tabrakan lalu lintas, atau 15% dari total jumlah kecelakaan di negara bagian tersebut, melibatkan rusa, dengan rasio insiden yang menyebabkan 500 orang terluka.

Ilustrasi rusa dewasa (Shutterstock).Ilustrasi rusa dewasa (Shutterstock).

Pak Jain mengatakan dia terinspirasi oleh agamanya: Jainisme—yang menganggap semua hewan sebagai hewan suci dan pembawa jiwa, sementara Karan tergerak oleh berita bahwa pamannya bertabrakan dengan seekor rusa di mobilnya pada malam hari di Loudon County. dan terluka parah.

“Melihatnya membuat saya merasa bahwa mungkin ada beberapa metode yang bisa kita pertahankan di jalan ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan seperti itu,” kata Karan.

Baca Juga: Jadi Lebih Efisien, Mekari Integrasi AI Bantu Tingkatkan Kepuasan Pelanggan!

Dewan Riset Transportasi Virginia memuji gagasan para siswa dan menulis surat dorongan kepada mereka. Mereka masih mengumpulkan data mengenai cedera rusa dan berharap dapat segera memulai pengujian di pinggir jalan.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #terinspirasi #tragedi #siswa #raih #hibah #besar #untuk #alat #keselamatan #rusa #berbasis #kecerdasan #buatan

KOMENTAR