Wali Kota Paris Renang di Sungai Seine, Buktikan Perairannya Bersih untuk Gelar Cabor Renang Olimpiade
Sungai Seine (Pexels/Alejandro Aznar)
09:00
19 Juli 2024

Wali Kota Paris Renang di Sungai Seine, Buktikan Perairannya Bersih untuk Gelar Cabor Renang Olimpiade

Walikota Paris Anne Hidalgo akhirnya berenang di Sungai Seine pada hari Rabu, memenuhi janjinya untuk mencoba meyakinkan mereka yang ragu bahwa perairannya akan cukup bersih untuk mengadakan acara renang Olimpiade.

Hidalgo terjun sekitar pukul 10 pagi pada hari musim panas yang indah di Paris, dengan pengunjung berkerumun di jembatan terdekat untuk melihatnya sekilas setelah beberapa kali ditunda karena hujan lebat dan keraguan tentang kualitas air.

Hidalgo, yang mengenakan pakaian selam dan kacamata, bergabung di Seine antara lain oleh Tony Estanguet, ketua Komite Penyelenggara Olimpiade Paris. Mula-mula dia mendayung lalu berenang merangkak ke depan dengan wajah di dalam air.

Sungai Seine (Pexels/Cindy VanHeerden)Sungai Seine (Pexels/Cindy VanHeerden)

“Kami telah bekerja sangat, sangat keras dan kemudian Anda turun ke dalam air dan itu tampak alami,” kata Hidalgo setelah berenang. “Airnya sangat, sangat bagus, sedikit sejuk.”

Baca Juga: Hevearita Rahayu atau Mbak Ita Punya Kekayaan Melimpah, Ini Profil dan Data Hartanya

Cabang renang triathlon dan maraton Olimpiade, yang berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus, akan diadakan di Sungai Seine. Menurut buletin kualitas air Seine 12 Juli terbaru, berdasarkan analisis air Eau de Paris, kualitas air akan cocok untuk berenang dalam enam dari tujuh hari di lokasi renang Olimpiade.

Keputusan apakah akan menyelenggarakan acara Olimpiade akan diambil pada malam sebelumnya, dan pada pagi hari yang sama, dengan komite teknis yang terdiri dari para atlet, federasi internasional, otoritas regional, dan Meteo France yang akan mengambil keputusan.

“Atlet pertama akan tiba besok, jadi ini adalah pesan yang sangat penting bahwa, pada akhirnya, Sungai Seine dapat dienang, dan acara triatlon serta renang dapat diadakan di sini,” kata Estanguet.

Paris telah berupaya membersihkan Sungai Seine sehingga orang dapat berenang di dalamnya lagi, seperti yang terjadi pada Olimpiade Paris tahun 1900. Mantan Wali Kota Paris Jacques Chirac pada tahun 1988 berjanji akan berenang di Sungai Seine “di hadapan para saksi”, namun tindakannya tidak pernah terwujud.

Kota ini telah membangun bak penyimpanan besar yang mampu menampung 46.000 meter kubik air limbah sebelum dialirkan melalui terowongan ke instalasi pengolahan. Apabila air sudah memenuhi kriteria kesehatan yang dipersyaratkan, barulah air tersebut dialirkan ke Sungai Seine.

Baca Juga: Marshel Widianto Asli Mana? Dibilang Tak Cocok Jadi Wakil Wali Kota Tangsel karena Bukan Wilayahnya

Jika sungai dianggap tidak cocok, penyelenggara memiliki rencana darurat: acara renang maraton akan diadakan di Vaires-sur-Marne, tempat diadakannya acara dayung dan kano, dan triathlon akan diubah menjadi duathlon.

Jenn Fluet, seorang turis berusia 21 tahun yang berkunjung dari New York, mengatakan Hidalgo adalah sosok yang berani. Ketika ditanya apakah dia akan mengikuti jejaknya, Fluet berkata: “Tidak! Ini kotor."

Quentin Mazars, anggota klub renang berusia 33 tahun yang bergabung dengan Hidalgo di Sungai Seine, mengatakan dia “berhati-hati agar tidak menelan air apa pun.”

Pierre Suzeau, seorang anggota kelompok renang luar ruangan berusia 66 tahun, muncul dari berenangnya dengan penuh semangat.

“Kami sangat senang akhirnya melihat berenang di lingkungan perkotaan menjadi kenyataan,” ujarnya. “Kami berharap Sungai Seine dan kanal-kanalnya segera bisa direnangi.”

Menteri Olahraga Prancis Amélie Oudéa-Castéra sudah berenang di sungai pada hari Sabtu.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #wali #kota #paris #renang #sungai #seine #buktikan #perairannya #bersih #untuk #gelar #cabor #renang #olimpiade

KOMENTAR