Sekolah Membunyikan Lonceng di Spanyol Luluskan 18 Siswa, Jaga Tradisi di Tengah Gempuran Teknologi
Lonceng Gereja (Pexels/Arnaud Audoin)
10:12
18 Juli 2024

Sekolah Membunyikan Lonceng di Spanyol Luluskan 18 Siswa, Jaga Tradisi di Tengah Gempuran Teknologi

Ada lebih dari 2.000 menara lonceng di Catalonia, dan semuanya perlu dibunyikan setiap setengah jam, meski sebenarnya lebih dari itu.

Untuk menjalin komunitas dengan lebih baik dan menjaga tradisi yang telah lama dipraktikkan tetap hidup, Spanyol menyaksikan lulusan kelas dari sekolah pertama yang membunyikan lonceng.

Ide aneh ini adalah tentang menghidupkan kembali seni yang telah punah yang baru-baru ini dimasukkan dalam daftar Warisan Dunia Takbenda UNESCO, yang menampilkan aktivitas manusia seperti membuat kue, menari, dan puisi, yang menceritakan kisah keanekaragaman budaya spesies kita dari waktu ke waktu dan lintas negara.

Ilustrasi gereja. (Shutterstock)Ilustrasi gereja. (Shutterstock)

Selama 120 tahun terakhir, membunyikan lonceng secara manual secara bertahap telah digantikan oleh sistem otomatis di gereja-gereja Katolik dan Protestan, yang telah melemahkan potensi mereka dan membungkam kekuatan penyampaian pesan mereka.

Baca Juga: Ternyata Cuma Segini Uang Saku Fuji saat Sekolah Dulu: Aku Harus Muter Otak Buat Jajan

“Kami memiliki tujuan utopis yaitu adanya tol di setiap menara lonceng. Saya tahu ini adalah tujuan utopis karena ada lebih dari 2.000 menara lonceng di Catalonia,” aku Xavier Pallas, instruktur membunyikan lonceng di Vall d’en Bas School of Bell Ringers, yang baru saja lulus kelas pertama sekolahnya.

Ia mengatakan bahwa meskipun terdapat sarana komunikasi yang lebih efektif dibandingkan dengan membunyikan lonceng, fungsinya adalah sebagai metode komunikasi lokal yang penting yang mengikat dan mempersatukan masyarakat pada saat sedih dan gembira.

Ilustrasi lonceng.  (Dok: Elements Envanto)Ilustrasi lonceng. (Dok: Elements Envanto)

Yang mungkin mengejutkan adalah, tergantung pada urutan, nada, dan jumlah lonceng, lonceng gereja di Spanyol mengumumkan segalanya mulai dari alarm kebakaran dan peringatan cuaca buruk, hingga kapan para nelayan tiba dengan hasil tangkapan hari itu, dan bahkan berapa banyak.

“Kita perlu menjaga ritual ini dalam kedua kasus tersebut,” kata Pallas.

18 siswa telah lulus, dan 60 siswa lainnya berada dalam daftar tunggu. Semuanya, seperti Pallas, setuju bahwa bel dan membunyikan bel memiliki potensi untuk memperkuat masyarakat di era perubahan teknologi, ekonomi, dan politik yang memusingkan ini.

Baca Juga: Sekolah Mahal Tapi Judes ke Ibu, Adab Bilqis ke Ayu Ting Ting Disorot Netizen

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #sekolah #membunyikan #lonceng #spanyol #luluskan #siswa #jaga #tradisi #tengah #gempuran #teknologi

KOMENTAR