Misteri Motif Penembakan Trump, FBI Selidiki Latar Belakang Pelaku
President Donald Trump saat di acara 'Thank You Tour' di gelar di Giant Center Hershey, Philadelphia, Amerika Serikat, pada 15 Desember 2016: [shutterstock]
18:04
14 Juli 2024

Misteri Motif Penembakan Trump, FBI Selidiki Latar Belakang Pelaku

Thomas Matthew Crooks telah diidentifikasi sebagai pelaku penembakan dalam upaya pembunuhan terhadap Donald Trump pada Sabtu malam.

Telinga Trump terkena tembakan, yang menewaskan satu orang dan melukai dua orang lainnya.

Dinas Rahasia AS mengatakan bahwa pelaku "dinetralisir".

Berikut adalah informasi yang diketahui tentang Crooks saat ini.

Baca Juga: Terungkap! FBI Identifikasi Pelaku Penembakan Donald Trump di Kampanye

FBI mengumumkan bahwa pelaku adalah Thomas Matthew Crooks sekitar tujuh jam setelah penembakan terjadi.

Ilustrasi FBI (Pexels)Ilustrasi FBI (Pexels)

Sebelumnya, mereka mengatakan menggunakan biometrik untuk mengidentifikasi pelaku.

Penegak hukum menyebutkan bahwa Crooks berusia 20 tahun dan berasal dari Bethel Park, Pennsylvania.

Bethel Park adalah kota yang mayoritas penduduknya berkulit putih dan relatif makmur di bagian selatan Pittsburgh. Lokasi kampanye, Butler, berjarak sekitar satu jam berkendara ke utara Pittsburgh.

Jaringan mitra Sky di AS, NBC News, menemukan bahwa catatan pemilih Pennsylvania mencantumkan seorang Thomas Matthew Crooks, dengan alamat dan tanggal lahir yang sama, terdaftar sebagai Republikan, meskipun tidak jelas kapan catatan itu dibuat.

Baca Juga: Dukung Donald Trump Jadi Presiden Hingga Soroti Aksi Penembakan, Elon Musk: Saya Berharap Dia Segera Pulih

Tidak banyak yang diketahui tentang kehidupan atau latar belakang Crooks saat ini.

Namun, dia dipercaya telah memenangkan National Maths and Science Initiative Star Award senilai $500 pada saat lulus dari Bethel Park High School pada tahun 2022, menurut situs berita lokal Tribune Review.

Donald Trump saat jumpa pers di Trump Tower, New York City, 28 September 2015. [shutterstock]Donald Trump saat jumpa pers di Trump Tower, New York City, 28 September 2015. [shutterstock]

Dia juga tampak mengenakan merchandise yang mempromosikan salah satu saluran YouTube paling populer yang didedikasikan untuk senjata api selama serangan, menurut NBC News.

Dia mengenakan kaos abu-abu dengan bendera Amerika di lengan dan huruf tebal yang sebagian tertutup dalam foto-foto dari tempat kejadian.

Tampilan dan huruf pada kaos tersebut cocok dengan kaos yang dijual di situs web saluran YouTube tentang senjata api, Demolition Ranch.

Setelah spekulasi online meningkat tentang pelaku, NBC News melaporkan bahwa Demolition Ranch dan pendirinya memposting di media sosial, berbagi foto dari aftermath penembakan dan menulis: "Apa-apaan ini."

Demolition Ranch memiliki lebih dari 11 juta pelanggan di YouTube, di mana saluran tersebut sering memposting video tentang berbagai jenis senjata api.

Crooks diduga berada di atap bangunan sekitar 150 meter dari tempat Donald Trump berbicara. Dia berada di luar area yang diamankan oleh Dinas Rahasia sebelum kampanye.

Dia segera "dinetralisir" oleh Dinas Rahasia setelah penembakan.

Saksi mata mengatakan tidak jelas dari mana tembakan berasal, dengan petugas polisi Pennsylvania Letnan Kolonel George Bivens mengatakan bahwa "tembakan tersebar agak merata sehingga tidak hanya ke satu lokasi tertentu."

Polisi mengatakan mereka "tidak menganggap remeh bahwa ini adalah serangan serigala tunggal."

Penegak hukum juga mengatakan dalam konferensi pers pagi ini bahwa ada paket mencurigakan di sekitar tempat pelaku berada.

Sebuah tubuh dengan senapan di sampingnya terlihat oleh anggota masyarakat di atap bangunan dekat kampanye setelah serangan.

Penyelidik mengatakan sebelumnya bahwa mereka belum akan merilis rincian senjata yang digunakan.

Ilustrasi FBI (Pexels)Ilustrasi FBI (Pexels)

Agen khusus FBI Kevin Rojek mengatakan dalam konferensi pers bahwa penyelidik belum mengidentifikasi motif penembakan tersebut.

Analis keamanan nasional Frank Figliuzzi, menjelaskan apa yang akan dilakukan dalam penyelidikan, mengatakan kepada NBC bahwa "seluruh alat FBI akan terlibat."

Dia mengatakan bahwa "lebih segera, semua media sosial dan perangkat komputer pelaku ini, semua wawancara dengan rekan kerja, keluarga, tetangga - semua itu."

"Seluruh riwayat hidupnya akan direkonstruksi dengan cepat dan tujuannya adalah untuk melihat apakah ada orang lain yang terlibat, apakah ini bagian dari konspirasi yang lebih besar? Apakah ada sesuatu yang bisa dilakukan untuk mencegah atau campur tangan?" tambahnya.

"Mereka akan melihat senjatanya, dari mana asalnya, apakah dibeli secara legal atau tidak? Apakah dia pernah dilatih sebagai penembak jitu dalam profesi apapun yang mungkin dia pegang? Dan tentu saja, apa motifnya?"

Pada hari Minggu pagi, ruang udara di atas Bethel Park, Pennsylvania - kampung halaman Crooks - ditutup "segera" untuk alasan keamanan.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #misteri #motif #penembakan #trump #selidiki #latar #belakang #pelaku

KOMENTAR