Terungkap! FBI Identifikasi Pelaku Penembakan Donald Trump di Kampanye
Viral Momen Menegangkan Saat Insiden Penembakan Donald Trump [Ist]
16:12
14 Juli 2024

Terungkap! FBI Identifikasi Pelaku Penembakan Donald Trump di Kampanye

Badan-badan keamanan di Amerika Serikat telah mengidentifikasi individu di balik percobaan pembunuhan mantan Presiden Donald Trump sebagai Thomas Matthew Crooks yang berusia 20 tahun. Namun motif kejahatan tersebut belum diungkapkan.

FBI mengkonfirmasi Crooks sebagai "subyek yang terlibat" dalam upaya pembunuhan terhadap Trump dalam sebuah pernyataan. Dalam jumpa pers sebelumnya, Agen Khusus FBI Kevin Rojek menyatakan, "Saat ini, kami belum siap untuk mengidentifikasi siapa penembaknya. Kami hampir dapat mengidentifikasinya. Segera setelah kami 100 persen yakin siapa individu tersebut, kami akan membaginya dengan pers."

Rojek juga menyebutkan, motif upaya pembunuhan yang mengakibatkan satu orang tewas dan dua orang luka kritis tersebut masih belum diketahui. “Saat ini kami belum mengetahui motif yang teridentifikasi, meski penyidik kami bekerja tanpa kenal lelah untuk mencoba mengidentifikasi apa motifnya,” ujarnya.

Mantan Presiden AS, Donald Trump. [Dok.Antara]Mantan Presiden AS, Donald Trump. [Dok.Antara]

FBI memimpin penyelidikan federal atas insiden tersebut, menggambarkan tempat kampanye di Butler sebagai "TKP aktif" dan berkolaborasi dengan lembaga federal, negara bagian, dan lokal. Kolonel Chris Paris, komisaris polisi negara bagian Pennsylvania, menegaskan kerja sama mereka dengan FBI, dengan menyatakan, "Kami siap mendukung penyelidikan ini dengan cara apa pun, dalam bentuk apa pun. Dan kami siap berpartisipasi secara penuh, adil, kompeten, dan menyeluruh. penyelidikan."

Baca Juga: Donlad Trump Jadi Korban, Ini Aturan Kepemilikan Senjata Api di Amerika Serikat

FBI juga telah meminta bantuan publik dan mendesak siapa pun yang memiliki informasi mengenai penembakan tersebut untuk melapor. "Kami membutuhkan bantuan masyarakat, siapapun yang berada di lokasi kejadian, yang melihat sesuatu... tolong laporkan hal itu ke FBI," kata Agen Khusus Rojek.

Percobaan pembunuhan terhadap Trump, yang merupakan lawan utama Presiden Joe Biden dalam pemilu AS mendatang, telah meningkatkan kekhawatiran dalam lembaga keamanan negara. Beberapa tembakan dilepaskan pada rapat umum di Butler, dan satu peluru dilaporkan menembus bagian atas telinga kanan Trump. Peristiwa ini menyebabkan satu orang tewas dan dua lainnya luka parah.

Mantan Presiden AS, Donald Trump. [Reuters]Mantan Presiden AS, Donald Trump. [Reuters]

Gambar menunjukkan agen Dinas Rahasia mengawal Trump ke tempat aman, dengan darah terlihat di wajahnya. Presiden Joe Biden mengutuk keras serangan tersebut dan berbicara dengan Trump setelah insiden tersebut. "Tidak ada tempat di Amerika untuk kekerasan semacam ini. Ini sakit. Itu sakit. Itu salah satu alasan mengapa kita harus mempersatukan negara ini... Kita tidak bisa seperti ini, kita tidak bisa memaafkan ini," kata Biden dalam keadaan darurat.

Biden menekankan kekerasan politik tidak dapat diterima dan mendesak semua orang untuk mengutuk tindakan tersebut. "Gagasan bahwa ada kekerasan politik, atau kekerasan seperti ini di Amerika, tidak pernah terdengar. Itu tidak pantas. Semua orang, semua orang harus mengutuknya," katanya.

Baca Juga: Setelah Penembakan Trump, Biden: Kita Harus Bersatu Sebagai Satu Bangsa

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #terungkap #identifikasi #pelaku #penembakan #donald #trump #kampanye

KOMENTAR