Iran Sebut Kapal Israel yang Disita oleh IRGC Telah Melanggar Hukum Maritim, Kata Nasser Kanaani
Cuplikan video yang diduga memperlihatkan sebuah helikopter yang diklaim milik Garda Revolusi Iran (IRGC) menurunkan personel militer ke atas kapal kargo Israel di dekat Selat Hormuz yang memisahkan Iran dan Semenanjung Arab, pada Sabtu (13/4/2024). 
18:00
16 April 2024

Iran Sebut Kapal Israel yang Disita oleh IRGC Telah Melanggar Hukum Maritim, Kata Nasser Kanaani

Iran mengatakan kapal milik Israel yang disita oleh IRGC ‘melanggar hukum maritim’.

Penyitaan kapal tersebut oleh Teheran terjadi tak lama sebelum serangan balasan Iran terhadap Israel dan menunjukkan bahwa angkatan laut Iran dapat menutup Selat Hormuz yang strategis.

Iran menyita kapal kontainer MSC Aries pada 13 April karena "melanggar hukum maritim," Kementerian Luar Negeri Iran mengumumkan pada 15 April, sambil mengkonfirmasi hubungan kapal tersebut dengan seorang pengusaha Israel.

Komando angkatan laut Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) menaiki dan menyita kapal tersebut di Selat Hormuz yang strategis, jalur pelayaran sempit yang dilalui seperlima minyak bumi dunia setiap hari.

“Kapal itu dialihkan ke wilayah perairan Iran karena melanggar hukum maritim dan tidak menjawab panggilan yang dibuat oleh otoritas Iran,” kata juru bicara Nasser Kanaani.

Penyitaan itu terjadi pada Sabtu pagi di tengah spekulasi bahwa Iran akan segera membalas pemboman Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus pada 1 April.

Hal ini menggambarkan bahwa Iran dapat menutup transportasi minyak melalui selat tersebut, sehingga mengancam perekonomian negara-negara barat.

Iran meluncurkan rentetan rudal dan drone peledak pada hari itu juga dalam serangan langsung pertamanya ke wilayah Israel.

Kantor berita IRNA yang dikelola pemerintah Iran melaporkan bahwa helikopter angkatan laut IRGC telah menaiki MSC Aries dan membawanya ke perairan Iran.

MSC, yang mengoperasikan Aries, bekerja sama dengan "otoritas terkait" untuk mengembalikan 25 awak kapal ke kapal yang disita dengan aman.

MSC menyewa Aries dari afiliasi Zodiac Maritime, yang sebagian dimiliki oleh pengusaha Israel Eyal Ofer.

Sejak November, pemerintah Yaman yang dipimpin Ansarallah telah menargetkan kapal-kapal yang memiliki hubungan dengan Israel di dekat Laut Merah.

Ansarallah mengatakan mereka berusaha memaksa Israel untuk mengakhiri serangan genosida di Gaza.

Yaman dan Iran bersekutu erat.

Angkatan Laut AS dan Inggris telah mengebom sasaran-sasaran di Yaman untuk mempertahankan agresi Israel yang terus berlanjut di Gaza, memaksa kapal-kapal komersial lainnya menghindari Laut Merah dan Terusan Suez dalam perjalanan mereka ke Eropa dan sebaliknya melakukan perjalanan di sekitar Tanduk Afrika bagian selatan, sehingga menambah waktu beberapa minggu untuk melakukan perjalanan ke Eropa. perjalanan.

Stephen Cotton, Sekretaris Jenderal Federasi Pekerja Transportasi Internasional, serikat pelaut terkemuka, mengatakan, “Pelaut yang tidak bersalah harus dilindungi dari meningkatnya konflik yang tidak dapat mereka provokasi atau kuasai untuk menyelesaikannya.”

Patrick Verhoeven, direktur pelaksana Asosiasi Pelabuhan dan Pelabuhan Internasional, mengatakan penyitaan MSC Aries memiliki potensi untuk lebih mengganggu transit kargo masuk dan keluar wilayah tersebut, yang akan berdampak pada semua pelabuhan anggota kami, dengan satu atau lain cara.

(Sumber: The Cradle)

Tag:  #iran #sebut #kapal #israel #yang #disita #oleh #irgc #telah #melanggar #hukum #maritim #kata #nasser #kanaani

KOMENTAR