Joe Biden Terus Pasok Senjata ke Israel, Pentagon: Permintaan Senjata Israel Lampaui Kapasitas AS
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan sahabatnya Benjamin Netanyahu 
05:30
30 Maret 2024

Joe Biden Terus Pasok Senjata ke Israel, Pentagon: Permintaan Senjata Israel Lampaui Kapasitas AS

Pentagon mengklaim permintaan senjata Israel melebihi kapasitas yang dimiliki Amerika Serikat.

Presiden Joe Biden terus mengirimkan senjata meski secara terbuka menyatakan menentang pembunuhan massal warga Gaza yang dilakukan Israel.

Jenderal tertinggi militer AS mengatakan pada tanggal 29 Maret bahwa Washington belum mampu menyediakan semua senjata yang diminta Israel untuk melancarkan perangnya di Gaza.

“Meskipun kami telah mendukung mereka dengan kemampuan, mereka belum menerima semua yang mereka minta,” kata Jenderal Charles Q. Brown Jr., ketua Kepala Staf Gabungan AS.

“Beberapa di antaranya karena mereka meminta hal-hal yang kami tidak punya terkait kapasitas untuk menyediakannya atau tidak bersedia menyediakannya, tidak untuk saat ini,” untuk menjaga tingkat kesiapan, tambah Brown, saat berbicara di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Kelompok Penulis Pertahanan.

Juru bicara Brown kemudian mengklarifikasi pada hari Kamis bahwa komentarnya mengacu pada praktik standar sebelum memberikan bantuan militer kepada sekutu dan mitra kami.

The Washington Post melaporkan awal bulan ini bahwa AS secara diam-diam telah menyetujui dan mengirimkan lebih dari 100 penjualan peralatan militer asing ke Israel sejak perang dimulai pada 7 Oktober.

Pengiriman tersebut mencakup ribuan amunisi berpemandu presisi, bom berdiameter kecil, penghancur bunker, senjata kecil, dan bantuan mematikan lainnya.

Hanya dua penjualan militer yang disetujui ke Israel yang dilaporkan secara publik: amunisi tank senilai $106 juta dan komponen yang dibutuhkan untuk membuat peluru kaliber 155 mm senilai $147,5 juta.

Sebanyak 100 pengiriman senjata lainnya belum pernah dilaporkan sebelumnya karena jumlah pengiriman senjata dalam dolar berada di bawah ambang batas yang diperlukan agar Gedung Putih memberi tahu Kongres.

Pengiriman senjata besar-besaran ini terjadi meskipun ada keluhan masyarakat dari Gedung Putih bahwa Israel membunuh sejumlah besar warga sipil Palestina, menolak mengizinkan bantuan masuk ke Gaza di tengah bencana kelaparan, dan kritik terhadap ancaman Israel yang akan mengusir paksa warga Palestina dari Gaza.

“Jumlah penjualan yang luar biasa dalam jangka waktu yang cukup singkat, yang benar-benar menunjukkan bahwa kampanye Israel tidak akan berkelanjutan tanpa dukungan AS,” kata Jeremy Konyndyk, mantan pejabat senior Gedung Putih dan saat ini presiden Pengungsi Internasional.

Kampanye militer Israel di Gaza secara luas dipandang sebagai genosida.

Pasukan Israel telah menggunakan senjata yang disediakan oleh Presiden Joe Biden dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken untuk membunuh lebih dari 31.000 warga Palestina, termasuk lebih dari 13.000 anak-anak, sambil menghancurkan sebagian besar kota dan lahan pertanian di Gaza.

1.800 Bom MK84 seberat 2.000 pon dan 500 bom MK82

Menurut The Washington Post, pemerintahan Biden akan mengizinkan pengiriman bom seberat 2.000 pon dan senjata lainnya ke Israel meskipun ada perpecahan yang semakin besar dengan pemerintah Israel.

Paket senjata baru tersebut akan mencakup lebih dari 1.800 bom MK84 seberat 2.000 pon dan 500 bom MK82 seberat 500 pon, seperti yang dilaporkan oleh pejabat Pentagon dan Departemen Luar Negeri.

Bom seberat 2.000 pon telah dikaitkan dengan pembantaian Israel yang menargetkan dan menghancurkan blok sipil di Gaza.

Bom itu telah menewaskan ribuan wanita dan anak-anak Palestina. Departemen Luar Negeri juga telah menyetujui transfer 25 jet tempur dan mesin F-35A, senilai sekitar $2,5 miliar, menurut para pejabat AS.

(Sumber: The Cradle,  Quds News Network)

Tag:  #biden #terus #pasok #senjata #israel #pentagon #permintaan #senjata #israel #lampaui #kapasitas

KOMENTAR