Rusia Tangkap 4 Pelaku Serangan di Gedung Konser Moskow, 1 Pelaku Disebut Hendak Melarikan Diri ke Ukraina
Salah satu pelaku penembakan di Gedung Konser Moskow saat diamankan petugas. (Sky News)
09:33
25 Maret 2024

Rusia Tangkap 4 Pelaku Serangan di Gedung Konser Moskow, 1 Pelaku Disebut Hendak Melarikan Diri ke Ukraina

- Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan aparat keamanan berhasil menangkap 4 pria bersenjata yang bertanggung jawab atas penembakan yang menewaskan 133 orang di gedung konser di pinggiran Moskow. Dilansir dari The Guardian, Putin juga mengklaim bahwa salah satu pelaku serangan teror negara itu berencana melarikan diri ke Ukraina.

Dalam komentar publik pertamanya mengenai serangan teroris yang mengejutkan negaranya, Putin tidak menyebutkan klaim ISIS sebagai pelaku serangan tersebut. Sebaliknya, Putin menyatakan tanpa bukti bahwa Ukraina mungkin terlibat dalam serangan pada Jumat (23/3) waktu setempat di Crocus City Hall.

Putin mengatakan bahwa pihak Ukraina telah menyiapkan jendela bagi para teroris untuk melintasi perbatasan dari Rusia ke Ukraina sebelum mereka melakukan serangan.

“Mereka mencoba bersembunyi dan bergerak menuju Ukraina, di mana menurut data awal, sebuah jendela telah disiapkan bagi mereka dari pihak Ukraina untuk melintasi perbatasan negara,” kata Putin dalam pidato yang disiarkan televisi. Komentar Putin tidak secara langsung menyalahkan Ukraina atas serangan itu, ia mengatakan mereka yang bertanggung jawab akan dihukum.

Keempat pelaku semuanya adalah warga negara asing, kata Kementerian Dalam Negeri Rusia. Putin mengatakan pihak berwenang menahan total 11 orang setelah serangan itu.

Melalui kantor berita afiliasi dalam sebuah postingan di Telegram, ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, di mana kelompok tersebut mengklaim bahwa orang-orang bersenjata tersebut berhasil melarikan diri setelahnya. Pada Sabtu (24/3), ISIS merilis foto yang disebut-sebut sebagai empat penyerang di balik penembakan tersebut.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #rusia #tangkap #pelaku #serangan #gedung #konser #moskow #pelaku #disebut #hendak #melarikan #diri #ukraina

KOMENTAR