Media Israel: IDF Klaim Hizbullah dan Amal Syiah Lebanon Pakai Ambulans Buat Aktivitas Terorisme
Media Israel melaporkan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengklaim Hizbullah dan kelompok amal Syiah Lebanon menggunakan ambulans untuk melakukan aktivitas terorisme. 
13:00
20 Maret 2024

Media Israel: IDF Klaim Hizbullah dan Amal Syiah Lebanon Pakai Ambulans Buat Aktivitas Terorisme

Media Israel melaporkan bahwa Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengklaim Hizbullah dan kelompok Amal Syiah Lebanon menggunakan ambulans untuk melakukan aktivitas terorisme.

"Hizbullah dan Gerakan Amal Syiah menggunakan ambulans untuk mengangkut teroris dan senjata di Lebanon selatan," kata Juru bicara IDF untuk media Arab, Avichay Adraee, Selasa (19/3/2024).

Dikutip dari Jfeed, para ahli menyebut selain dipakai buat mengangkut teroris, ambulans juga digunakan oleh Hizbullah dan Amal Syiah untuk membawa senjata, dan peralatan teroris.

Laporan Adraee menjelaskan bahwa ambulans yang dipakai oleh kedua kelompok militan itu adalah milik Organisasi Kesehatan islam, sebuah organisasi kesehatan milik Syiah yang berafiliasi erat dengan Hizbullah.

Dilansir The Jerusalem Post, di situs webnya, organisasi tersebut mengakui mereka menyediakan layanan untuk aktivitas pejuang Hizbullah melawan pendudukan Zionis.

Pusat Informasi Intelijen dan Terorisme Meir Amit menyebut lebih dari 20 anggota organisasi tersebut terbunuh saat berperang sebagai bagian dari Hizbullah.

Dari laporan Adraee, ambulans yang dibicarakan memiliki ciri berwarna kuning itu dimanfaatkan sebagai kedok aktivitas teroris.

Letnan Kolonel Avichay Adraee, kepala divisi media Arab di IDF, mengungkapkan bukti-bukti yang menguatkan laporan ini.

Setelah menganalisis pola aktivitas ambulans, diketahui bahwa ambulans bergerak dengan cara yang tidak biasa di antara kubu Hizbullah setelah pemboman IDF.

Bahkan dalam kasus di mana tidak perlu mengangkut korban luka dan sudah lama berlalu sejak serangan tersebut ambulans itu muncul.

Dua anggota yang mengoperasikan ambulans di Kafr Kila, bernama Musa dan Muhammad Sheet.

Keduanya diakui oleh Hizbullah sebagai personel militer yang berafiliasi dengan organisasi tersebut setelah mereka dibunuh oleh Israel.

Mereka terbunuh dalam serangan Israel pada bulan Januari kemarin.

Kelompok ini dipimpin oleh Hassan Muhammad Sheet, yang juga mengelola pemerintahan lokal di desa tersebut, yang dikenal sebagai benteng Hizbullah.

Media Israel: Pasukan Pertahanan Israel (IDF) klaim Hizbullah dan kelompok amal Syiah Lebanon menggunakan ambulans untuk melakukan aktivitas terorisme Media Israel: Pasukan Pertahanan Israel (IDF) klaim Hizbullah dan kelompok amal Syiah Lebanon menggunakan ambulans untuk melakukan aktivitas terorisme (Tangkap Layar Twitter/X)

Beberapa anggota organisasi tersebut juga telah terbunuh dalam bentrokan antara Israel dan Hizbullah sejak Oktober.

Pada tahun 2022, Adraee mengumumkan bahwa seorang pria bernama Hatem Sheet , juga penduduk Kfarkela, menjalankan operasi penyelundupan narkoba dan senjata dari rumahnya untuk Hizbullah.

Adraee menambahkan pada hari Selasa (19/3/2024) bahwa Hussein Khalil, seorang penduduk kota Baraachit yang terbunuh dalam serangan Israel di Blida telah diidentifikasi sebagai anggota Organisasi Kesehatan Islam.

Fotonya di masa lalu difoto terlihat mengenakan lencana Amal Syiah.

Penggunaan organisasi sipil oleh Hizbullah untuk terorisme

Ini bukan pertama kalinya Hizbullah tertangkap menggunakan organisasi sipil untuk tujuan militer.

Hizbullah telah berulang kali dituduh menggunakan organisasi lingkungan Green Without Borders sebagai kedok kegiatan teroris di dekat perbatasan Lebanon-Israel.

Pada tahun 2017, Kepala Direktorat Intelijen IDF saat itu, Herzi Halevi, menyatakan bahwa Hizbullah telah mendirikan pos-pos terdepan yang ditandai dengan logo Hijau Tanpa Batas di sepanjang perbatasan.

Menurut IDF, organisasi tersebut sebagian didanai oleh Hizbullah.

Organisasi Green Without Borders mendapat sanksi dari Amerika Serikat (AS) pada Agustus tahun lalu karena hubungannya dengan aktivitas teroris Hizbullah.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Bobby Wiratama

Tag:  #media #israel #klaim #hizbullah #amal #syiah #lebanon #pakai #ambulans #buat #aktivitas #terorisme

KOMENTAR