Perlawanan di Tepi Barat: Baku Tembak di Yerusalem Timur, Satu Tentara Israel Tewas, 8 Luka-luka
Pasukan Israel menutup tempat kejadian dan mulai bekerja menyusul insiden penembakan di dekat pemukiman Ma'ale Adumim di Yerusalem Timur pada 22 Februari 2024. 
23:50
22 Februari 2024

Perlawanan di Tepi Barat: Baku Tembak di Yerusalem Timur, Satu Tentara Israel Tewas, 8 Luka-luka

Pasukan pendudukan Israel Kamis (22/2/2024) pagi menembak tiga pria Palestina di dekat pos pemeriksaan Al-Zaeem.

Pos ini memisahkan pemukiman ilegal khusus Yahudi di Tepi Barat yang diduduki dari lingkungan yang terletak di Yerusalem Timur yang diduduki.

Insiden ini menambah deretan aksi kekerasan yang makin meningkat di Tepi Barat seiring berlanjutnya Perang Gaza.

Saksi lokal melaporkan, pasukan Israel menembaki orang-orang Palestina tersebut, dan menuduh kalau pihak Palestinalah yang memulai tembakan ke arah tentara tersebut, lapor kantor berita Wafa.

Menurut polisi Israel, satu tentara tewas dan delapan lainnya terluka dalam baku tembak di pos pemeriksaan tersebut.

Akibatnya, pos pemeriksaan Al-Zaeem ditutup, menyebabkan gangguan lalu lintas di rute menuju Tepi Barat bagian selatan, serta kota-kota dan desa-desa di Yerusalem selatan dan timur.

Pasukan Israel menutup tempat kejadian dan mulai bekerja menyusul insiden penembakan di dekat pemukiman Ma'ale Adumim di Yerusalem Timur pada 22 Februari 2024. Pasukan Israel menutup tempat kejadian dan mulai bekerja menyusul insiden penembakan di dekat pemukiman Ma'ale Adumim di Yerusalem Timur pada 22 Februari 2024. (Anadolu Agency/Saeed Qaq)

Selain itu, militer Israel menutup pos pemeriksaan militer Kontainer di timur Abu Dis untuk pejalan kaki dan kendaraan dan mendirikan pos pemeriksaan terbang di Silwan, Ras Al-Amud, Al-Tur, Al-Issawiya dan Shuafat.

Penembakan itu terjadi seminggu setelah seorang perwira Israel menembak mati seorang anak laki-laki Palestina berusia 14 tahun yang terluka, yang diidentifikasi sebagai Wadee Olayyan, dari jarak dekat di pintu masuk Al-Izariyyeh di wilayah timur Yerusalem yang diduduki.

Ketegangan meningkat di Tepi Barat sejak Israel melancarkan serangan militer mematikan terhadap Jalur Gaza pada 7 Oktober.

Lebih dari 400 warga Palestina telah terbunuh dan hampir 4.400 lainnya terluka oleh pasukan Israel di Tepi Barat, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Seorang tentara Israel berpatroli di kamp pengungsi Jenin, di Tepi Barat yang diduduki pada 29 November 2023, selama operasi militer yang sedang berlangsung di kamp tersebut. Seorang tentara Israel berpatroli di kamp pengungsi Jenin, di Tepi Barat yang diduduki pada 29 November 2023, selama operasi militer yang sedang berlangsung di kamp tersebut. (Zain JAAFAR / AFP)

Makin Keras Pemukim Israel Menekan Warga Palestina, Makin Keras Perlawanan

Operasi perlawanan di Tepi Barat yang diduduki meningkat secara dramatis tahun lalu dibandingkan tahun 2022.

Terdapat peningkatan sebesar 350 persen dalam jumlah operasi perlawanan pada tahun 2023, media Ibrani mengutip sumber-sumber militer yang mengatakan pada 19 Februari.

Terdapat 608 operasi penembakan, operasi pengrusakan, operasi penikaman, dan serangan peledakan di Tepi Barat yang diduduki pada tahun 2023, menurut sumber tersebut, dibandingkan dengan 170 operasi pada tahun 2022.

Meningkatnya operasi perlawanan tahun lalu bertepatan dengan peningkatan drastis kekerasan yang dilakukan oleh pemukim Israel terhadap warga Palestina.

Mereka menambahkan, 300 persen operasi pada tahun 2023 adalah operasi penembakan. Pada paruh pertama tahun 2023, 50 operasi penembakan dilakukan di Jenin.

Kendaraan militer Israel berpatroli di kamp pengungsi Jenin, di Tepi Barat yang diduduki pada 29 November 2023, selama operasi militer yang sedang berlangsung di kamp tersebut. Kendaraan militer Israel berpatroli di kamp pengungsi Jenin, di Tepi Barat yang diduduki pada 29 November 2023, selama operasi militer yang sedang berlangsung di kamp tersebut. (Zain JAAFAR / AFP)

Operasi perlawanan juga meningkat di beberapa wilayah Tepi Barat sejak Operasi Banjir Al-Aqsa dan dimulainya perang di Gaza.

Setidaknya dua warga Israel tewas pada 16 Februari dalam operasi penembakan di dekat kota Ashdod yang diduduki, Israel selatan. Penembaknya adalah penduduk Yerusalem timur.

Dua hari kemudian, serangan militer Israel yang mematikan di kota Tulkarem di Tepi Barat yang diduduki menewaskan seorang warga Palestina dan melukai beberapa lainnya. Serangan tersebut memicu bentrokan sengit antara pasukan Israel dan pejuang perlawanan.

Tentara Israel melakukan serangan brutal ke kota-kota Tepi Barat dalam apa yang mereka klaim sebagai operasi untuk membasmi terorisme.

Namun, warga sipil seringkali terbunuh dalam penggerebekan ini. Pada Juli 2023, tentara melancarkan serangan besar-besaran ke kota Jenin, menewaskan 12 orang, melukai lebih dari 100 orang, dan membuat ribuan orang mengungsi.

Beberapa operasi perlawanan terjadi pada bulan-bulan sebelum operasi.

Di antara lusinan operasi yang dilakukan pada tahun 2022, satu penembakan menargetkan rumah menteri keamanan nasional Israel saat ini di Hebron, Itamar Ben Gvir.

Dalam beberapa tahun terakhir, kelompok perlawanan yang berafiliasi dengan Hamas dan gerakan Jihad Islam Palestina (PIJ) di Tepi Barat yang diduduki menjadi terkenal.

Kelompok seperti Brigade Jenin dari Brigade PIJ Al-Quds dan lainnya sangat aktif.

Operasi perlawanan sering kali dilakukan oleh anggota kelompok di Tepi Barat namun juga dilakukan oleh pelaku tunggal.

Meningkatnya operasi perlawanan tahun lalu bertepatan dengan peningkatan signifikan frekuensi serangan kekerasan pemukim terhadap warga Palestina, yang secara ideologis didorong oleh menteri seperti Ben Gvir dan mendapat izin dari pemerintah Israel.

(oln/anadolu/tc/memo*)

Tag:  #perlawanan #tepi #barat #baku #tembak #yerusalem #timur #satu #tentara #israel #tewas #luka #luka

KOMENTAR