Kapal-kapal Israel Berhenti Beroperasi di Laut Merah, Beralih Andalkan Kapal Sewaan, Ini Kata Houthi
Sejumlah perusahaan pelayaran internasional terkemuka seperti Maersk dan Hapag Lloyd memilih menghindari Laut Merah karena kekhawatiran jadi sasaran serangan Houthi Yaman. 
21:40
9 Februari 2024

Kapal-kapal Israel Berhenti Beroperasi di Laut Merah, Beralih Andalkan Kapal Sewaan, Ini Kata Houthi

Karena kapok diserang terus menerus, Kapal-kapal milik Israel akhirnya telah berhenti beroperasi di Laut Merah, Kata Houthi Yaman.

Serangan Houthi telah menghentikan lalu lintas kapal Israel di Laut Merah, kata pemimpin kelompok Houthi Yaman pada hari Kamis, Anadolu Agency melaporkan.

“Kapal-kapal Israel telah berhenti total di Bab Al-Mandeb dan Laut Merah. Ini adalah pencapaian dan kemenangan nyata,” kata Abdulmalik Al-Houthi dalam pidatonya yang disiarkan televisi.

“Israel beralih mengandalkan kapal sewaan untuk mengangkut barang-barangnya, namun serangan terhadap kapal-kapal ini telah membuat situasi menjadi sulit bagi Tel Aviv,” tambahnya.

Pemimpin Houthi mengatakan serangan kelompoknya terhadap kapal-kapal di Laut Merah telah menimbulkan “kerugian besar” bagi Israel.

Dia juga mengatakan bahwa kelompoknya telah menyerang Eilat di Israel selatan minggu ini, sehingga mengganggu operasi di pelabuhannya.

Belum ada komentar dari Israel mengenai klaim Houthi.

Kelompok Houthi telah menargetkan kapal kargo di Laut Merah yang dimiliki atau dioperasikan oleh perusahaan Israel atau mengangkut barang ke dan dari Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap Jalur Gaza, yang telah berada di bawah serangan Israel sejak 7 Oktober.

Dengan meningkatnya ketegangan akibat serangan udara gabungan AS dan Inggris terhadap sasaran Houthi di Yaman, kelompok tersebut menyatakan bahwa mereka menganggap semua kapal Amerika dan Inggris sebagai sasaran militer yang sah.

(Sumber: Middle East Monitor)

Tag:  #kapal #kapal #israel #berhenti #beroperasi #laut #merah #beralih #andalkan #kapal #sewaan #kata #houthi

KOMENTAR