Kejutan di Sri Lanka: Kandidat Marxis Menangkan Pilpres di Tengah Krisis Ekonomi
Presiden Terpilih Sri Lanka, Anura Kumara Dissanayaka (Instagram)
10:00
23 September 2024

Kejutan di Sri Lanka: Kandidat Marxis Menangkan Pilpres di Tengah Krisis Ekonomi

Komisi pemilihan umum Sri Lanka mengumumkan seorang politikus Marxis pinggiran sebagai presiden terpilih negara itu pada hari Minggu setelah pemungutan suara yang diwarnai oleh ketidakpuasan atas tanggapan negara pulau itu terhadap krisis keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Anura Kumara Dissanayaka, pemimpin Front Pembebasan Rakyat yang berusia 55 tahun, memenangkan kursi kepresidenan dengan 42,31 persen suara dalam pemilihan hari Sabtu, kata komisi tersebut. Pemimpin oposisi Sajith Premadasa berada di posisi kedua dengan 32,76 persen.

Presiden Ranil Wickremesinghe yang akan lengser, yang menjabat pada puncak keruntuhan ekonomi tahun 2022 dan memberlakukan kebijakan penghematan yang ketat sesuai ketentuan dana talangan IMF, berada di posisi ketiga dengan 17,27 persen. Wickremesinghe belum mengakui kekalahannya, tetapi Menteri Luar Negeri Ali Sabry mengatakan sudah jelas bahwa Dissanayaka telah menang.

"Meskipun saya berkampanye gencar untuk Presiden Ranil Wickremesinghe, rakyat Sri Lanka telah membuat keputusan mereka, dan saya sepenuhnya menghormati mandat mereka untuk Anura Kumara Dissanayaka," kata Sabry di media sosial.

Baca Juga: Program-program Prabowo Bakal Mulus, Jokowi Minta Tak Ada Penghalang

Dissanayaka akan dilantik pada Senin pagi di Sekretariat Presiden era kolonial di Kolombo, kata pejabat komisi pemilihan.

Isu-isu ekonomi mendominasi kampanye delapan minggu itu, dengan kemarahan publik yang meluas atas kesulitan yang dialami sejak puncak krisis dua tahun lalu.

Dissanayaka "tidak akan membatalkan" kesepakatan IMF tetapi akan berusaha mengubahnya, kata seorang anggota politbiro partai kepada AFP.

"Itu adalah dokumen yang mengikat, tetapi ada ketentuan untuk dinegosiasikan ulang," kata Bimal Ratnayake.

Ia mengatakan Dissanayaka telah berjanji untuk mengurangi pajak penghasilan yang digandakan oleh Wickremesinghe dan memangkas pajak penjualan atas makanan dan obat-obatan.

Baca Juga: Usai Sultan Brunei, Prabowo Temui Presiden Laos: Saya ke Sini Perkenalkan Diri Sebelum Pelantikan 20 Oktober

"Kami pikir kami dapat memasukkan pengurangan tersebut ke dalam program dan melanjutkan program talangan empat tahun," katanya.

Partai Marxis Dissanayaka yang dulunya terpinggirkan memimpin dua pemberontakan yang gagal pada tahun 1970-an dan 1980-an yang menewaskan lebih dari 80.000 orang.

Partai ini memperoleh kurang dari empat persen suara selama pemilihan parlemen terakhir pada tahun 2020.

Namun, krisis Sri Lanka telah terbukti menjadi peluang bagi Dissanayaka, yang telah melihat lonjakan dukungan berdasarkan janjinya untuk mengubah budaya politik "korup" di pulau itu.

"Negara kita membutuhkan budaya politik baru," katanya setelah memberikan suaranya pada hari Sabtu.

Sekitar 76 persen dari 17,1 juta pemilih yang memenuhi syarat di Sri Lanka memberikan suaranya dalam pemilihan hari Sabtu.

Partai Dissanayaka berusaha meyakinkan India bahwa pemerintahan mana pun yang dipimpinnya tidak akan terjebak dalam persaingan geopolitik antara tetangganya di utara dan China, pemberi pinjaman terbesar negara itu.

New Delhi telah menyatakan kekhawatirannya atas apa yang dilihatnya sebagai pengaruh Beijing yang semakin besar di Sri Lanka, yang terletak di jalur pelayaran penting yang melintasi Samudra Hindia.

"Wilayah Sri Lanka tidak akan digunakan untuk melawan negara lain," kata Ratnayake kepada AFP.

"Kami sepenuhnya menyadari situasi geopolitik di kawasan kami, tetapi kami tidak akan berpartisipasi."

Wickremesinghe mencalonkan diri kembali untuk melanjutkan langkah-langkah penghematan yang menstabilkan ekonomi dan mengakhiri kekurangan pangan, bahan bakar, dan obat-obatan selama berbulan-bulan selama krisis ekonomi Sri Lanka.

Dua tahun masa jabatannya memulihkan ketenangan di jalan-jalan setelah kerusuhan sipil yang dipicu oleh kemerosotan ekonomi menyebabkan ribuan orang menyerbu kompleks pendahulunya Gotabaya Rajapaksa, yang kemudian melarikan diri dari negara itu.

Namun, kenaikan pajak Wickremesinghe dan langkah-langkah lain yang diberlakukan berdasarkan dana talangan IMF senilai $2,9 miliar yang dia dapatkan tahun lalu membuat jutaan orang berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Data resmi menunjukkan bahwa tingkat kemiskinan Sri Lanka meningkat dua kali lipat menjadi 25 persen antara tahun 2021 dan 2022, menambah lebih dari 2,5 juta orang dari mereka yang sudah hidup dengan kurang dari $3,65 per hari.

Ribuan polisi dikerahkan untuk mengawasi pemungutan suara pada hari Sabtu.

Jam malam sementara diberlakukan setelah pemungutan suara ditutup, meskipun polisi melaporkan bahwa tidak ada kekerasan selama atau setelah pemungutan suara.

Tidak ada rapat umum atau perayaan kemenangan yang diizinkan hingga seminggu setelah hasil akhir diumumkan.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #kejutan #lanka #kandidat #marxis #menangkan #pilpres #tengah #krisis #ekonomi

KOMENTAR