Tahunya Cuma Waifu dan Wibu? Ini Deretan Istilah dalam Manga dan Anime yang Wajib Diketahui Pemula Biar Nggak Tersesat
Monkey D. Luffy merupakan karakter populer di dunia anime yang punya banyak istilah yang harus diketahui penggemarnya. (Dexerto)
13:20
12 September 2024

Tahunya Cuma Waifu dan Wibu? Ini Deretan Istilah dalam Manga dan Anime yang Wajib Diketahui Pemula Biar Nggak Tersesat

 

Manga dan anime punya istilah tersendiri yang bisa bikin bingung para penggemarnya. Ini terutama terjadi pada para pemula atau newbie yang baru nyemplung di dunia anime dan manga.

Istilah di anime dan manga dibuat untuk membedakan beberapa hal terkait media tersebut. Ada empat segmen besar yang memakai istilah berbeda, yaitu demografi, sifat karakter, fandom, dan genre. 

Selain empat hal tersebut, masih ada beberapa istilah yang juga sering dipakai di anime dan manga. Semua segmen itu saling berkaitan dan bisa menjadi referensi tontonan bagi orang yang penasaran dengan media ini.

Nah, supaya lebih memahami seperti apa anime dan manga demi mencari tontonan yang tepat dan pas, ada baiknya para pemula mengetahui istilah-istilah ini. Apa saja? Mengutip berbagai sumber, Kamis (12/9), simak ulasan berikut ini!

1. Shounen

Shounen adalah anime yang menargetkan pada cowok ABG berusia antara 12-18 tahun. Kelompok demografi ini punya serangkaian anime paling populer di dunia, seperti Naruto, Bleach, One Piece, Attack on Titan, Jujutsu Kaisen, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, Hunter x Hunter, dan lain-lain.

2. Seinen

Seinen merupakan anime yang menyasar kelompok penonton pria yang beranjak dewasa atau berusia 18 tahun ke atas. Anime seinen yang populer di antaranya adalah Berserk, Vinland Saga, One Punch Man, Hellsing Ultimate, Bungou Stray Dogs, My Dress-Up Darling, Parasyte, Crayon Shin-Chan, dan lain-lain.

3. Shoujo

Shoujo adalah anime yang ditujukan kepada penonton cewek ABG berusia 12-18 tahun. Anime ini biasanya mengangkat kisah cinta romantis ala remaja. Anime shoujo yang populer adalah Sailor Moon, Maid Sama!, My Love Story, Fruits Basket, dan lain-lain.

4. Josei

Josei adalah anime yang ditujukan untuk penonton wanita yang berusia lebih dari 18 tahun. Anime ini punya cerita yang lebih dewasa. Anime josei yang populer antara lain adalah Bunny Drop, Chihayafuru, Kids on the Slope, Diabolik Lover, Nodame Cantabile, dan lain-lain.

5. Tsundere

Tsundere adalah salah satu jenis sifat karakter yang paling populer di anime dan manga. Tsundere merujuk pada karakter yang bersikap kasar, dingin, tidak ramah, dan memusuhi karena kegagalannya mengungkapkan perasaan. Karakter tsundere paling populer di antaranya adalah Taiga Aisaka (Toradora), Noelle Silva (Black Clover), Edward Elrich (Fullmetal Alchemist), Nobara Kugisaki (Jujutsu Kaisen), dan lain-lain.

6. Yandere

Yandere merujuk pada sifat karakter anime yang terobsesi pada orang yang dia sukai. Sifat obsesif ini pelan-pelan akan berubah menjadi posesif dan berbahaya. Karakter yandere paling populer di anime di antaranya adalah Yuno Gasai (Future Diary), Himiko Toga (My Hero Academia), Satou Matsuzaka (Happy Sugar Life), dan lain-lain.

7. Isekai

Isekai adalah salah satu subgenre di anime dan manga di mana karakter utama serial itu pindah ke dunia lain. Kepindahan itu bisa jadi karena karakter tersebut meninggal dunia dan bereinkarnasi atau dipanggil ke dunia tersebut. Anime isekai yang populer antara lain adalah That Time I Got Reincarnated as a Slime, Mushoku Tensei, Re:Zero, KonoSuba, dan lain-lain.

8. Harem

Harem adalah subgenre di anime dan manga di mana karakter utama cowok dikelilingi banyak cewek dengan sejumlah calon pasangan hidup. Anime harem paling populer di antaranya adalah High School DxD, Nisekoi, Date a Live, The Quintessential Quintuplets, dan lain-lain.

9. Otaku

Otaku merujuk pada orang yang sangat suka atau terobsesi pada suatu hobi, seperti manga dan anime, sampai mereka malas keluar rumah. Dalam bahasa Inggris, otaku sejajar dengan istilah geek dan nerd.

10. Wibu

Wibu merujuk pada orang non-Jepang yang sangat terobsesi pada kebudayaan Negeri Matahari Terbit itu. Kata ini mengandung konotasi negatif dan sangat dihindari. Istilah wibu sering dipakai untuk merujuk pada penggemar anime garis keras sebagai olok-olokan.

11. Waifu/Husbando

Waifu adalah istilah yang merujuk pada karakter cewek anime/manga yang dipuja penggemarnya. Sementara, husbando merujuk pada karakter cowok yang dipuja penggemar. Waifu paling populer di antaranya adalah Mikasa Ackerman (Attack on Titan) dan Rem (Re:Zero). Sementara, husbando terpopuler antara lain adalah Satoru Gojo (Jujutsu Kaisen) dan Levi (Attack on Titan).

12. Fan Service

Fan service adalah elemen yang secara khusus dimasukkan demi memuaskan hasrat penonton. Elemen ini bisa atau tidak penting bagi perkembangan plot. Fan service paling umum termasuk cara berbusana karakter cewek.

13. Doujin

Doujin adalah manga independen yang tidak direpresentasikan penerbit utama. Biasanya, manga ini dibuat penggemar.

14. Mangaka

Mangaka adalah sebutan untuk orang yang menulis dan mengilustrasikan manga. Mangaka paling populer antara lain adalah Eiichiro Oda (One Piece), Masashi Kishimoto (Naruto), Gege Akutami (Jujutsu Kaisen), Tite Kubo (Bleach), Akira Toriyama (Dragon Ball), Yoshihiro Togasi (Hunter x Hunter), dan lain-lain.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #tahunya #cuma #waifu #wibu #deretan #istilah #dalam #manga #anime #yang #wajib #diketahui #pemula #biar #nggak #tersesat

KOMENTAR