BPOM Pastikan Vaksin Polio Terbukti Aman Lindungi Anak dari Lumpuh Layu 
ILUSTRASI - Seorang petugas kesehatan dari Puskesmas Nagaswidak sedang sedang memberikan imunisasi polio dosis ke 2 di Kawasan 11 Ulu, Palembang, Senin (12/8/2024). Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali menyelenggarakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dalam dua tahap di 33 provinsi. Upaya ini dilakukan sebagai respons atas temuan kasus polio di beberapa daerah di Indonesia. Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran ke dua atau Dosis ke II dilakukan pada tanggal
02:40
14 Agustus 2024

BPOM Pastikan Vaksin Polio Terbukti Aman Lindungi Anak dari Lumpuh Layu 

- Sejak 2022–2024, tercatat 12 kasus kelumpuhan, dengan 11 kasus yang disebabkan oleh virus polio tipe 2 dan satu kasus diakibatkan oleh virus polio tipe 1. 

Untuk itu masyarakat diminta membawa anak-anaknya usia 0–07 tahun ke fasilitas kesehatan untuk divaksin polio.

Namun, masih banyak orang tua yang merasa ragu membawa anak melakukan vaksin polio pada anak. 

Direktur Pengawasan Keamanan, Mutu, dan Ekspor Impor Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekusor, dan Zat Adiktif Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nova Emelda menegaskan vaksin polio yang digunakan aman karena sudah mendapat izin edar BPOM. 

“Vaksin Polio sudah pasti aman, sudah mendapat izin edar di Desember 2023, dan sebelumnya sudah mendapat izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) pada 2020. Jadi pemakaiannya sudah cukup lama,” jelasnya pada website resmi BPOM, Selasa (13/8/2024). 

BPOM telah mengevaluasi data-data khasiat, keamanan, dan mutunya. 

Evaluasi dilakukan bersama pakar yang tergabung dalam Komnas Penilai Obat, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Indonesia Technical Advisory Group of Immunization (ITAGI), dan Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). 

“Ini sudah dilakukan uji pra klinis, uji klinis fase 1–3. Banyak sekali data-data yang menjamin vaksin ini aman dan bermanfaat untuk digunakan di manusia,” lanjutnya.

Vaksin yang digunakan pada program PIN Polio saat ini merupakan vaksin polio tetes novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2). Vaksin ini khusus digunakan untuk menanggulangi KLB polio tipe 2. 

“Vaksin nOPV2 diproduksi dari virus yang dilemahkan dan memberikan proteksi untuk virus polio strain 2. Sedangkan vaksin iPV berasal dari virus yang dimatikan untuk injeksi virus polio strain 1 dan 3,” kata Nova.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #bpom #pastikan #vaksin #polio #terbukti #aman #lindungi #anak #dari #lumpuh #layu

KOMENTAR