Pemerintah Fasilitasi Akses Kontrasepsi bagi Remaja, Ini Tujuannya
Ilustrasi konsultasi
14:00
1 Agustus 2024

Pemerintah Fasilitasi Akses Kontrasepsi bagi Remaja, Ini Tujuannya

Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2024 yang menjadi pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan.

Peraturan ini secara resmi mengatur penyediaan alat kontrasepsi bagi anak usia sekolah dan remaja.

Dalam Pasal 103 PP yang disahkan pada Jumat, 26 Juli 2024, diatur bahwa upaya menjaga kesehatan sistem reproduksi bagi anak usia sekolah dan remaja harus mencakup pemberian komunikasi, informasi, edukasi, serta layanan kesehatan reproduksi.

Pemberian komunikasi, informasi, dan edukasi tersebut meliputi beberapa aspek penting seperti pengetahuan mengenai sistem, fungsi, dan proses reproduksi; cara menjaga kesehatan alat reproduksi; risiko perilaku seksual dan dampaknya; konsep keluarga berencana (KB); kemampuan melindungi diri dan menolak hubungan seksual; serta memilih media hiburan yang sesuai dengan usia anak.

Baca Juga: Angkut Influencer ke IKN, Jokowi Memoles Ibu Kota Baru

"Pemberian komunikasi, informasi, dan edukasi mengenai kesehatan sistem reproduksi dapat disampaikan melalui bahan ajar atau kegiatan belajar mengajar di sekolah, serta melalui kegiatan di luar sekolah," demikian tertulis dalam Pasal 103 ayat (3).

Selain itu, layanan kesehatan reproduksi bagi siswa dan remaja juga mencakup deteksi dini atau skrining penyakit, pengobatan, rehabilitasi, konseling, dan penyediaan alat kontrasepsi.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #pemerintah #fasilitasi #akses #kontrasepsi #bagi #remaja #tujuannya

KOMENTAR