Vidi Aldiano Alami Gangguan Kecemasan Sampai Tidak Bisa Bergerak, Bagaimana Cara Mengatasinya?
Unggahan Vidi Aldiano [Instagram/@vidialdiano]
15:56
10 Juli 2024

Vidi Aldiano Alami Gangguan Kecemasan Sampai Tidak Bisa Bergerak, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Vidi Aldiano membagikan kabar bahwa dirinya baru saja mengalami gangguan kecemasan alias anxiety disorder saat berada di Singapura untuk transit.

"Siapa yang baru sampe Singapura untuk transit, udah anxiety attack sendirian?" tanya Vidi Aldiano di Instagram Story, Senin (8/7/2024).

Merasa panik dan bingung, Vidi pun memutuskan untuk menelepon sang istri, Sheila Dara, untuk membantunya menenangkan diri. Dan ternyata, hal ini bukan yang pertama kalinya dialami oleh Vidi.

"Gue udah lama punya itu, tapi nggak major. Beberapa bulan lalu gue mengalami anxiety attack yang parah banget, mulai ngerasa ini nggak bener, dari situ gue mencari pertolongan," kata Vidi Aldiano pada 2019 lalu.

Baca Juga: Ayu Dewi, Deva Mahendra, Ramai Beri Semangat untuk Vidi Aldiano yang Berjuang Melawan Kanker

Bahkan, gara-gara gangguan kecemasan yang dialaminya itu, Vidi mengaku kalau tubuhnya sampai tidak bisa bergerak ketika terjadi serangan.

"Sampai nggak bisa fungsi badan gue. Itu serangan panik yang dahsyat, anxiety attack, tapi itu sampai total shutdown badan gue blackout, jadi ya lumayan parah sih," sambungnya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi gangguan kecemasan yang parah seperti dialami Vidi Aldiano? Dikutip dari laman Alodokter, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Tarik napas dalam-dalam

Menarik nafas dalam-dalam dapat membantu membuat tubuh menjauh lebih rileks. Cara melakukannya yakni dengan menarik napas selama 4 detik, lalu menahannya selama 7 detik. Setelah itu, keluarkan secara perlahan selama 8 detik.

Baca Juga: Tissa Biani Tuai Kritik Usai Sebut Host Podcast Tertentu Gak Niat Beri Pertanyaan

2. Fokus pada aktivitas

Gangguan kecemasan juga bisa diatasi dengan memfokuskan pikiran pada hal yang sedang dilakukan. Cobalah memusatkan diri agar kembali fokus pada aktivitas yang dilakukan.

3. Metode 5-4-3-2-1

Cara lain menenang diri saat gangguan kecemasan adalah dengan menerapkan metode 5-4-3-2-1. Ini maksudnya menyebutkan lima benda yang ada di sekeliling kita, kemudian menyebutkan 4 benda yang bisa disentuh. Lalu diam sejenak dan dengarkan tiga suara yang dapat didengar. Selanjutnya, cium dua bau yang bisa dirasakan oleh hidung. Setelah itu kenali rasa yang terdapat pada lidah. Cara ini dapat membantu membuat tubuh menjadi lebih tenang dibandingkan sebelumnya.

4. Hindari alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein dapat memicu seseorang menjadi gelisah dan cemas. Oleh karena itu, menghindari keduanya bisa jadi cara untuk mengatasi gangguan kecemasan.

5. Minta bantuan orang lain

Menceritakan masalah yang dihadapi kepada orang lain akan membantu mengatasi gangguan kecemasan. Jadi, cobalah cari orang terdekat untuk berbagi kecemasan Anda.

6. Luangkan waktu diri sendiri

Untuk mengatasi gangguan kecemasan, cobalah luangkan waktu untuk diri sendiri dengan cara berhenti sejenak dari berbagai aktivitas. Hal ini juga membantu membuat diri Anda menjadi jauh lebih rileks.

7. Jaga makanan dan minuman

Asupan yang masuk dapat memengaruhi kesehatan mental. Usahakan konsumsi berbagai makanan yang sehat dan minum banyak air putih untuk menghindari dehidrasi.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #vidi #aldiano #alami #gangguan #kecemasan #sampai #tidak #bisa #bergerak #bagaimana #cara #mengatasinya

KOMENTAR