9 Makanan Mentah yang Wajib Dihindari Ibu Hamil, Jangan Sampai Kayak Vior Ada Virus Hidup di Otak!
Nita Vior. [Instagram]
10:16
6 Mei 2024

9 Makanan Mentah yang Wajib Dihindari Ibu Hamil, Jangan Sampai Kayak Vior Ada Virus Hidup di Otak!

Gamer cantik Nita Vior mengungkap fakta soal adanya virus hidup di otak sejak masih dalam kandungan. Dalam podcast bersama Raditya Dika, ia mengatakan virus tersebut memengaruhi kehamilannya karena ibunya sering konsumsi makanan mentah saat hamil.

"Jadi dulu mami aku itu waktu hamil sering makan makanan mentah biar sehat. Tahunya banyak virus, jadi kena ke kandungannya. Jadi pas aku di dalam perut, mamiku makan-makan virus, virusnya ke janinnya," ujar Vior, dikutip pada Minggu (4/5/2024).

Saat hamil sendiri memang tidak bisa konsumsi makanan sembarangan, apalagi mentah. Melansir Medicine Net, makanan mentah dapat berisiko sebabkan tekanan dan infeksi yang menular ke janin. Akibatnya, kehamilan tersebut dapat alami keguguran, persalinan prematur, bahkan cacat lahir pada anak.

Bukan hanya itu, ada beberapa makanan mentah juga yang dihindari saat hamil demi keselamatan janin. Beberapa makanan mentah yang harus dihindari ini di antaranya:

1. Daging merah

Daging sapi, kambing, domba, atau unggas lainnya yang belum matang harus sangat dihindari. Hal ini karena adanya risiko tingga E. coli dan toksoplasmosis yang berbahaya bagi janin dalam kandungan. Untuk itu, makanan ini harus sangat dihindari.

Daging merah, daging mentah. (Shutterstock)Daging merah, daging mentah. (Shutterstock)

2. Telur mentah

Usahakan selama hamil tidak konsumsi makanan dengan telur mentah. Hal ini bisa membuat bakteri salmonella menular kepada janin dalam kandungan. Untuk itu, telur mentah harus dihindari.

3. Sushi

Para ibu hamil juga disarankan untuk tidak konsumsi sushi. Makanan khas Jepang ini berisiko terkontaminasi bakteri vibrio vulnificus yang berisiko sebabkan infeksi saat hamil.

Ilustrasi Kerang Abalone (Unsplash/jaime sanders)Ilustrasi Kerang Abalone (Unsplash/jaime sanders)

4. Kerang

Konsumsi kerang mentah juga bisa sebabkan gangguan. Kerang dapat berisiko tinggi adanya E. coli dan salmonellosis.

5. Daging yang diawetkan

Hal lain yang harus dihindari ibu hamil yakni daging yang diawetkan secara dingin. Hal ini karena daging tersebut berisiko terkontaminasi parasit toksoplasmosis yang berbahaya bagi kesehatan bayi.

Jangan minum susu mentah yang baru diperas dari sapi, ini bahayanya. (Shutterstock)Susu sapi mentah. (Shutterstock)

6. Susu yang tidak dipasteurisasi

Susu yang tidak dipasteurisasi berisiko adanya kontaminasi listeria yang berdampak bagi kesehatan ibu hamil. Untuk itu, hal ini harus dihindari untuk dikonsumsi.

7. Keju

Keju yang tidak dipasteurisasi juga berisiko sebabkan masalah kehamilan. Hal ini juga berisiko membuat ibu alami keracunan makanan saat hamil.

ilustrasi tauge kecambah (Shutterstock/inewsfoto)ilustrasi tauge kecambah (Shutterstock/inewsfoto)

8. Kecambah mentah

Makanan lain yang juga dianjurkan untuk dihindari yakni kecambah mentah. Pasalnya, kecambah mentah berisiko mengandung berbagai bakteri yang berisiko sebabkan masalah kehamilan.

9. Seledri dan selada

Seledri atau selada mentah berisiko terkontaminasi E.coli dan salmonella. Untuk itu, kedua makanan ini dihindari untuk dikonsumsi mentah saat hamil.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #makanan #mentah #yang #wajib #dihindari #hamil #jangan #sampai #kayak #vior #virus #hidup #otak

KOMENTAR