Jangan Diremehkan! 9 Sinyal Ini Menunjukkan Ada yang Tidak Beres pada Tubuhmu, Bisa Berakibat pada Kebutaan
Ilustrasi. (Atas): Sensasi gatal, lidah berwarna putih, dan pupil berwarna putih. (Bawah): Kuku pucat, jari berwarna putih, dan wajah bengkak. (Brightside.me)
15:18
25 April 2024

Jangan Diremehkan! 9 Sinyal Ini Menunjukkan Ada yang Tidak Beres pada Tubuhmu, Bisa Berakibat pada Kebutaan

 

 Pernahkah kamu menyadari ada sesuatu yang tidak beres pada tubuhmu?   Untuk diketahui, merasakan sensasi gatal pada lidah atau menyaksikan kuku pucat, menjadi salah satu tanda tubuhmu tidak baik-baik saja.

Selain lidah dan kuku, ada beberapa tanda lain yang harus kamu pahami untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dikutip dari Brightside.me, Kamis (25/4), inilah beberapa tanda yang menunjukkan ada yang tidak beres pada tubuh seseorang.

1. Sensasi Gatal


Lebih dari 1 dari 10 ibu hamil mengalami gatal-gatal. Kendati demikian, hal ini bukanlah sesuatu yang berbahaya lantaran disebabkan oleh peregangan kulit dan hormon.   Namun, jika hal ini semakin parah di malam hari, bisa jadi itu pertanda serius. Kamu perlu periksa ke dokter jika dibutuhkan tes kesehatan lebih lanjut.

Ada beberapa penyebab seseorang merasa gatal, di antaranya:

- Masalah kulit seperti kulit kering, eksim, psoriasis, kudis, luka bakar, bekas luka, dan gigitan serangga.

- Penyakit dalam seperti penyakit hati atau ginjal, anemia, diabetes, masalah tiroid, dan beberapa jenis kanker.  



- Masalah saraf seperti multiple sclerosis, saraf terjepit, dan herpes zoster.

- Kondisi kesehatan mental seperti anxiety, OCD, dan depresi.

- Iritasi dan alergi akibat hal-hal seperti wol, bahan kimia, sabun, atau obat-obatan tertentu.

2. Lidah Berwarna Putih


Lidah berwarna putih terjadi saat lapisan putih berkembang di sebagian atau seluruh permukaan lidah. Kondisi ini juga dapat menyebabkan bau mulut, lidah berbulu, hingga iritasi.

Beberapa penyebabnya antara lain jarang sikat gigi atau membersihkan lidah, melakukan kebiasaan buruk, menggunakan gigi palsu atau melukai lidah dengan benda tajam, dan mengonsumsi antibiotik yang dapat menyebabkan infeksi jamur di mulut.

Selain itu, juga bisa disebabkan karena pola makan yang kurang asupan buah dan sayur, bernapas melalui mulut, mengalami mulut kering karena kondisi medis atau pengobatan tertentu seperti pelemas otot atau pengobatan kanker, hingga sariawan mulut atau kandidiasis mulut di mana Candida albicans menumpuk pada lapisan mulut.  



3. Otot Berkedut


Otot dapat bertindak sendiri di luar kesadaran kita, bisa dengan berkedut atau berkontraksi. Kedutan sering terjadi di paha, betis, tangan, lengan, perut, tulang rusuk, dan lengkungan kaki.

Otot membutuhkan mineral seperti potasium dan magnesium agar dapat bekerja dengan baik. Kurang minum cairan dapat membuat otot lebih mudah berkedut dan kejang.

Selain itu, terdapat beberapa penyebab lain seperti mengonsumsi terlalu banyak kafein yang dapat menyebabkan otot berkedut di beberapa bagian tubuh. Di sisi lain, mengonsumsi pil air bagi penderita tekanan darah tinggi atau jantung membuat seseorang lebih sering buang air kecil sehingga dapat menurunkan kadar potasium dan menyebabkan kejang otot.

4. Pupil Berwarna Putih


Pupil berwarna putih atau disebut leukocoria lebih sering terjadi pada anak-anak, tetapi juga bisa terjadi pada orang dewasa.

Hal yang menyebabkan leukocoria adalah katarak, ablasi retina atau kondisi terlepasnya retina dari jaringan penyokongnya, endophthalmitis atau infeksi mata yang dapat menyebabkan kebutaan jika tidak segera ditangani, penyakit coats atau pembuluh darah di mata tidak normal hingga terjadi penumpukan cairan yang dapat menyebabkan ablasi retina, serta retinoblastoma atau kanker mata langka yang kebanyakan terjadi pada anak-anak.  



5. Kuku Pucat


Kuku pucat dapat disebabkan oleh jumlah sel darah merah yang rendah. Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi karena trauma, memiliki penyakit hati, diabetes, tiroid terlalu aktif, gagal jantung, keracunan logam berat, kemoterapi, atau kekurangan nutrisi.

Jika sebagian besar kukumu berwarna putih dengan garis tipis berwarna merah muda di ujungnya, kemungkinan kamu memiliki kuku Terry. Kondisi ini terjadi karena penuaan, tetapi juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan seperti diabetes, ginjal, hati, atau penyakit jantung.

6. Jari Berwarna Putih


Kondisi ini dialami oleh penderita penyakit raynaud dengan jari tangan dan kaki mati rasa hingga terasa dingin saat cuaca dingin atau saat stres.

Saat penderita mengalami ini, arteri kecil yang membawa darah ke kulit penderita menyempit sehingga mengurangi aliran darah ke area tersebut.   Penyempitan ini disebut vasospasme. Penyakit raynaud lebih sering terjadi pada perempuan dibandingkan pria dan cenderung menyerang orang yang tinggal di tempat yang lebih dingin.  



7. Floaters Mata


Floaters dapat muncul sebagai titik kecil berwarna gelap, garis berlekuk-lekuk, cincin, atau sarang laba-laba. Biasanya, kondisi ini dialami oleh orang lanjut usia karena terjadi pelepasan vitreus posterior (PVD), yakni perubahan gel di dalam mata.

Terkadang, hal ini juga bisa disebabkan oleh ablasi retina. Namun, kondisi ini bisa terjadi tanpa sebab yang jelas.

8. Wajah Bengkak

Wajah dapat membengkak karena masalah kesehatan seperti cedera, infeksi, atau alergi. Jika wajah bengkak sering terjadi, bisa jadi itu pertanda adanya masalah kesehatan. Pembengkakan terjadi tidak hanya pada bagian wajah, tetapi juga dapat memengaruhi leher atau tenggorokan.

Jika wajahmu membengkak dan tidak ada cedera, bisa jadi itu pertanda adanya masalah kesehatan yang serius. Sebaiknya kamu segera periksa ke dokter.

9. Vivid Dream Atau Mimpi yang Terasa Nyata


Apakah kamu pernah mengalami mimpi yang terasa nyata? Jika iya, mungkin mimpimu disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

- Perasaan stres atau cemas saat hidup terasa sulit atau trauma dan kehilangan seseorang.

- Tidak cukup tidur karea insomnia atau narkolepsi yang dapat membuat mimpi buruk.

- Obat-obatan seperti antidepresan tertentu, pil tekanan darah, dan obat penyakit parkinson.

- Kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan mimpi terasa nyata yang sering kali merupakan mimpi buruk.

- Masalah kesehatan mental seperti depresi atau skizofrenia serta penyakit jantung atau kanker yang juga dapat menyebabkan mimpi buruk.

- Hamil yang dapat mengacaukan hormon, tidur, dan emosi seseoran. Banyak ibu hamil yang mengatakan bahwa mereka mengalami mimpi yang sangat nyata, terutama di bulan-bulan awal kehamilan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jangan #diremehkan #9sinyal #menunjukkan #yang #tidak #beres #pada #tubuhmu #bisa #berakibat #pada #kebutaan

KOMENTAR