7 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin B12, Salah Satunya Terdapat Masalah Pencernaan
Ilustrasi vitamin B12. /Sumber foto: freepik
18:59
19 April 2024

7 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin B12, Salah Satunya Terdapat Masalah Pencernaan

 

 - Tanda-tanda kekurangan vitamin B12 dalam tubuh bisa jadi sulit dikenali secara langsung, namun tubuh seringkali memberikan petunjuk yang penting untuk diperhatikan.

Dilansir dari Web MD pada Jumat (19/4), terdapat 7 tanda yang mengindikasikan bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin B12.

Dengan mengenali tanda-tanda ini, kita dapat lebih memahami kebutuhan tubuh akan vitamin B12 dan mengambil langkah-langkah untuk menjaga kesehatan yang optimal.

1. Kebas

Kebas adalah sensasi yang Anda rasakan seperti ditusuk-tusuk dengan jarum di tangan, atau kaki Anda. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, yang dapat merusak lapisan pelindung pada saraf Anda.

Beberapa penyakit seperti Celiac, Crohn, atau gangguan pencernaan lainnya dapat membuat tubuh sulit menyerap vitamin B12.

Selain iti, penggunaan beberapa obat untuk masalah lambung juga dapat mengganggu penyerapan vitamin B12 sehingga menyebabkan gejala kebas.



2. Tubuh terasa lebih dingin dari biasanya

Ketika tubuh Anda kekurangan vitamin B12, Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Kondisi ini disebut anemia, dan salah satu gejalanya adalah merasa dingin atau menggigil, terutama pada tangan dan kaki.

Jadi, jika Anda merasa lebih dingin dari biasanya, itu bisa mengindikasikan tanda kekurangan vitamin B12 yang perlu diperhatikan.

3. Brain fog

Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental seperti depresi, kebingungan, masalah ingatan, dan bahkan demensia.

4. Lidah terasa halus dan sakit

Lidah halus adalah istilah medis yang merujuk pada kondisi yang disebut glossitis atrofik, di mana tonjolan kecil di lidah yang disebut papila mulai memudar.

Akibatnya, lidah terlihat dan terasa halus serta berkilau. Ini bisa disebabkan oleh infeksi, penggunaan obat-obatan tertentu, dan kondisi lainnya.

Namun, jika kekurangan vitamin B12 atau nutrisi lainnya, lidah Anda juga akan terasa sakit.



5. Jantung berdebar secara tiba-tiba

Ini berarti bahwa detak jantung Anda bersebar secara tiba-tiba dan terasa seperti ada denyut yang terlewat. Sensasi ini bisa dirasakan hingga tenggorokan atau leher Anda.

Anda dapat meningkatkan asupan vitamin B12 dengan mengonsumsi makanan seperti daging ayam, telur, hati sapi,dan ikan.

6. Luka pada gusi dan lidah

Luka mulut meliputi luka yang terjadi di area gusi atau lidah Anda. Ini bisa menjadi tanda kekurangan vitamin B12, anemia, atau kondisi kesehatan lainnya.

Biasanya, luka-luka tersebut akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa waktu. Namun, juga perlu menghindari makanan atau minuman yang dapat menyebabkan iritasi atau rasa sakit, seperti cuka, buah jeruk, atau rempah-rempah pedas, yang dapat membantu mempercepat penyembuhan.

7. Masalah pencernaan

Masalah pencernaan merujuk pada berbagai gangguan yang terjadi dalam sistem pencernaan, yang dapat mencakup kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan yang signifikan, atau kesulitan dalam buang air besar, seperti sembelit.

Namun, penting untuk diingat bahwa gejala kekurangan B12 dapat mirip dengan tanda-tanda penyakit lain, sehingga penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis yang akurat.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tanda #tubuh #anda #kekurangan #vitamin #salah #satunya #terdapat #masalah #pencernaan

KOMENTAR