Dianggap Bikin Jerawat, Inilah 5 Manfaat Kacang Bagi Kesehatan Tubuh selain Dapat Menurunkan Berat Badan
ILUSTRASI JENIS KACANG (FREEPIK)
08:04
16 April 2024

Dianggap Bikin Jerawat, Inilah 5 Manfaat Kacang Bagi Kesehatan Tubuh selain Dapat Menurunkan Berat Badan

- Jerawat seringkali dianggap sebagai akibat dari mengonsumsi makanan tertentu, terutama jenis kacang. Di sisi lain, kacang disebut membawa berbagai manfaat bagi kesehatan.

Perlu diketahui bahwa sekitar 80 persen dari kandungan kacang adalah lemak tak jenuh yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Namun, kacang juga mengandung kalori tinggi. Maka dari itu, penting untuk mengonsumsi kacang dengan batasan.

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi sekitar 4 porsi kacang setiap minggu. Satu porsi kacang setara dengan 42,5 gram. Bagi yang ingin memakan kacang disarankan untuk memilih kacang panggang dengan kandungan garam rendah untuk memperoleh manfaat kacang secara optimal.

Ada berbagai jenis kacang yang dianggap memiliki manfaat. Mulai dari kacang tanah, kacang almond, kacang mete, kacang pistachio, dan kacang kenari.

Dilansir dari Alodokter, berikut 5 manfaat kacang bagi kesehatan tubuh:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kacang mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu juga mengandung fitosterol yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol dari saluran pencernaan ke dalam aliran darah.

2. Meningkatkan Fungsi Arteri

Kacang juga dapat meningkatkan kinerja arteri, yang bertugas mengalirkan darah oksigen ke seluruh tubuh, berkat kandungan arginin yang dimilikinya.

Arginin adalah asam amino yang diperlukan untuk pembuatan oksida nitrat. Oksida nitrat berperan dalam melebarkan pembuluh darah, sehingga membantu membuat arteri lebih elastis dan mengurangi risiko sumbatan pembuluh darah.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kacang dapat mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan kinerja arteri, sehingga konsumsi yang cukup dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

4. Menurunkan Berat Badan

Meskipun memiliki kandungan kalori yang tinggi, studi menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang sesuai dapat membantu menurunkan berat badan, karena tubuh tidak menyerap semua kalori dari kacang.

Kacang juga kaya serat. Menyertakan kacang dalam diet dapat menyebabkan rasa kenyang yang lebih lama. Ini dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebihan, membantu dalam usaha penurunan berat badan.

5. Menjaga Kesehatan Penderita Diabetes dan Sindrom Metabolik

Kacang adalah pilihan makanan sehat bagi penderita diabetes dan sindrom metabolik karena rendah karbohidrat dan tidak meningkatkan gula darah.

Kacang juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, yang sering dialami oleh penderita diabetes dan sindrom metabolik.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #dianggap #bikin #jerawat #inilah #manfaat #kacang #bagi #kesehatan #tubuh #selain #dapat #menurunkan #berat #badan

KOMENTAR