Mengenal Radang Amandel, Kondisi Infeksi di Tenggorokan yang Kerap Menyerang Anak-Anak
Ilustrasi radang amandel pada anak. (freepik)
11:54
2 April 2024

Mengenal Radang Amandel, Kondisi Infeksi di Tenggorokan yang Kerap Menyerang Anak-Anak

Radang amandel atau tonsilitis adalah kondisi ketika amandel mengalami inflamasi atau peradangan. Kondisi itu umumnya dialami anak usia 3-7 tahun. Meski begitu, radang amandel juga dapat terjadi pada orang dewasa, terutama lansia.

Tonsilitis dapat disebabkan bakteri kelompok A Streptococcus, yang bertanggung jawab untuk radang tenggorokan juga. Namun, bisa juga mengalami radang amandel akibat infeksi bakteri dan virus lain.

Radang Amandel dan Gejalanya

Radang amandel atau tonsilitis yaitu suatu peradangan dan pembengkakan pada amandel. Radang amandel ini terjadi pada umumnya akibat dari infeksi virus atau bakteri. 

Radang amandel diklasifikasikan menjadi 2 berdasar lama keluhannya, yaitu:

  1. Radang Amandel Akut

Radang amandel akut adalah kondisi di mana amandel tiba-tiba meradang dan biasanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Gejalanya meliputi sakit tenggorokan, kesulitan menelan, demam, sakit kepala, dan pembengkakan amandel.

  1. Radang Amandel Kronis

Radang amandel kronis adalah kondisi di mana amandel mengalami peradangan berulang atau persisten. Gejalanya bisa lebih ringan daripada radang amandel akut dan mungkin tidak selalu disertai demam.

Gejala Penyakit Radang Amandel

Gejala penyakit yang sering menyerang anak-anak ditandai dengan demam tinggi, sakit kepala, nyeri pada bagian tenggorokan dan kelenjar gondok, tenggorokan rasa sakit ketika menelan makanan/minuman, badan terasa lemah serta tonsil yang membengkak dan memerah. 

Penanganan Penyakit Amandel

Kebanyakan orang tua selalu berpikir bahwa satu-satunya jalan untuk menyembuhkan amandel adalah melalui jalur operasi. Padahal, selain dengan operasi penanganan radang amandel dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi obat, ataupun cukup dengan perawatan di rumah.

Cara Pencegahan Radang Amandel

Terdapat beberapa cara yang dapat diterapkan guna mencegah penyakit radang amandel.

  • Menghindari jajanan yang mengandung gula tambahan dan garam berlebih serta makanan yang digoreng
  • Banyak mengonsumsi sayur-sayuran yang direbus dan buah-buahan segar
  • Jaga kebersihan rumah agar mengurangi kemungkinan debu yang masuk ke mulut dan kerongkongan 
  • Kompres leher dengan air hangat secara rutin selama menderita penyakit radang amandel

Walaupun pada umumnya penderita radang amandel adalah anak-anak berusia 3 hingga 7 tahun, radang amandel juga terjadi pada orang dewasa. Apabila merasakan salah satu gejala dari penyakit radang amandel, sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter agar dapat lebih cepat mendapatkan penanganan yang tepat.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #mengenal #radang #amandel #kondisi #infeksi #tenggorokan #yang #kerap #menyerang #anak #anak

KOMENTAR