10 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Mencegah Kanker Serviks, Salah Satunya Pepaya
Ilustrasi kanker serviks. (FREEPIK.COM)
16:14
1 April 2024

10 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Mencegah Kanker Serviks, Salah Satunya Pepaya

- Kanker serviks adalah jenis kanker kedua yang sering terjadi pada perempuan dan telah merenggut lebih dari 200.000 nyawa setiap tahunnya. Oleh karena itu, kesadaran akan kanker serviks sangat penting bagi perempuan.

Kanker serviks bisa menyerang perempuan dari segala rentang usia, namun lebih berisiko terjadi pada perempuan yang sudah aktif secara seksual. Meski belum ada cara pasti untuk mencegah kanker serviks, melansir dari Halodoc.com, langkah-langkah pencegahan tertentu dapat membantu mengurangi risikonya, di antaranya:

- Melakukan vaksinasi HPV (Human Papillomavirus)
- Menerapkan kebiasaan hubungan seksual yang aman
- Melakukan pemeriksaan pap smear untuk deteksi dini

Mengonsumsi berbagai macam buah dan sayuran juga bisa melindungi dari perkembangan kanker serviks. Sebab, sebagian besar kasus kanker serviks disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV).

Para ahli percaya bahwa diet kaya antioksidan, karotenoid, flavonoid, dan folat dari buah-buahan dan sayuran dapat membantu melawan infeksi HPV, mencegah transformasi sel-sel serviks menjadi kanker.

Berikut sepuluh rekomendasi makanan sehat yang dapat mencegah kanker serviks:

1. Pepaya

Pepaya kaya akan vitamin C, beta-cryptoxanthin, dan zeaxanthin. Gabungan nutrisi ini dapat mengurangi risiko terkena infeksi HPV, yang merupakan penyebab umum penyakit menular seksual termasuk kanker serviks.

2. Raspberry

Raspberry, salah satu jenis buah berry, memiliki kalori rendah namun kaya nutrisi dan memiliki rasa yang enak. Konsumsi rutin buah berwarna merah ini dapat membantu mencegah pertumbuhan sel yang terinfeksi HPV.

Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan asam ellagic dalam raspberry, yang merupakan senyawa alami dengan sifat anti-mutagenik dan antikarsinogenik.

3. Ikan Salmon

Salmon adalah makanan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari kanker serviks dan berbagai jenis kanker lainnya. Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat, serta nutrisi anti kanker seperti astaxanthin.

4. Teh Hijau

Senyawa katekin dalam teh hijau efektif dalam melindungi sel dari kerusakan DNA akibat radikal bebas. Teh hijau juga dapat mengurangi aktivitas urokinase, enzim yang berperan dalam penyebaran sel kanker pada penderita kanker serviks.

5. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa anti-kanker yang efektif dalam melawan berbagai jenis kanker. Selain itu, kunyit juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah pembentukan nitrosamin dan menghambat produksi aflatoksin, yang dapat meningkatkan risiko kanker.

6. Brokoli

Brokoli, selain kaya serat, juga merupakan makanan yang sangat baik untuk pencegahan kanker serviks. Manfaat ini berasal dari senyawa yang terdapat di dalamnya, yang terbukti mampu menghilangkan racun karsinogenik, mencegah mutasi DNA, memicu kematian sel kanker, menghambat pertumbuhan tumor, dan membantu mencegah penyebaran kanker dari satu organ ke organ lainnya.

Disarankan untuk mengonsumsi sayuran ini dalam keadaan mentah atau dikukus sebentar saja. Proses memasak yang berlebihan dapat mengurangi kandungan sulforaphane, senyawa anti kanker serviks yang terdapat dalam brokoli.

7. Ceri

Kandungan alkohol perillyl (POH) dalam ceri terbukti efektif dalam menghancurkan sel kanker secara in vitro dan in vivo. Oleh karena itu, ceri termasuk dalam makanan yang dapat mencegah kanker serviks.

8. Selada Air

Mengonsumsi selada air secara rutin dapat mengurangi risiko kerusakan DNA pada sel darah, yang merupakan indikator keseluruhan risiko kanker seseorang.

Manfaat pencegahan kanker dari selada air berasal dari kandungan vitamin C dan phenethyl isothiocyanate (PEITC), sebuah senyawa yang dikenal dalam minyak sawi dan memiliki sifat anti-kanker.

9. Bayam

Bayam kaya akan asam folat, yang membantu dalam pembentukan sel-sel baru untuk menggantikan sel rusak yang dapat menyebabkan kanker serviks. Selain itu, bayam mengandung vitamin E yang meningkatkan fungsi sel yang sehat.

10. Wortel

Wortel mengandung beragam nutrisi yang membantu dalam mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker serviks. Antioksidan yang terdapat dalam wortel dianggap efektif dalam melawan pemicu kanker serviks.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #rekomendasi #makanan #sehat #untuk #mencegah #kanker #serviks #salah #satunya #pepaya

KOMENTAR