5 Khasiat Acai Berry Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Stabilkan Berat Badan
Ilustrasi acai berry. (Sumber foto: Freepik)
16:21
14 Januari 2024

5 Khasiat Acai Berry Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Stabilkan Berat Badan

Keluarga berry memang dikenal karena rasanya yang enak juga bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya acai berry yang memiliki warna ungu kebiruan. Ukuran dan bentuk mirip dengan blueberry.

Acai berry sendiri berasal dari pohon palem acai, yang sering ditemui di hutan hujan Amazon di Amerika Selatan. Dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Minggu (14/1), ahli gizi Nirupama Rao mengungkapkan khasiat dari acai berry untuk kesehatan tubuh.  

“Acai berry kaya akan nutrisi penting termasuk antioksidan, serat, lemak sehat, vitamin C dan vitamin A, serta mineral seperti potasium dan kalsium. Mereka juga kaya akan lemak sehat dan memiliki kandungan gula rendah serta banyak mineral dan senyawa seperti antosianin,” kata sang ahli.

  1. Mengandung antioksidan

Acai berry dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, dapat membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Jika pengaruh radikal bebas tidak dinetralisir oleh antioksidan, maka radikal bebas tersebut dapat merusak sel dan melahirkan penyakit pada tubuh kita.

“Antioksidan dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan termasuk mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung,” ungkap Rao.

  1. Baik untuk kulit

Antioksidan dalam acai berry dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan dengan melawan stres oksidatif.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Acai berry dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan karena lemak sehat dan antioksidannya.

  1. Membantu mengatur berat badan

Suplemen acai berry terkadang dipasarkan untuk menurunkan berat badan, namun bukti ilmiah yang mendukung klaim ini terbatas.

“Namun, serat dalam acai berry dapat berkontribusi pada rasa kenyang dalam waktu lama, yang mungkin membantu menurunkan berat badan,” jelas Rao.

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Penyakit otak seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson sebagian besar terjadi akibat penuaan dan belum ada obatnya. Tapi, ada makanan tertentu yang kaya akan antioksidan dan senyawa antiinflamasi dapat mengurangi risiko penyakit tersebut.

Antosianin banyak ditemukan dalam acai berry membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan sehingga meningkatkan kesehatan otak. Senyawa ini juga telah diketahui dapat meningkatkan daya ingat.

Adapun cara mudah mengonsumsi acai berry ketika diet dan memasukkannya ke dalam asupan sehari-hari yakni:

Mangkuk smoothie: cara populer untuk mengonsumsi acai berry adalah dalam mangkuk smoothie. Campurkan pure acai beku dengan buah-buahan lain dan gunakan sebagai topping.

Mangkuk acai: buat sebagai es krim dengan mencampurkan pure acai dengan cairan (seperti susu almond, susu oat, santan) dan topping seperti pisang dan kacang-kacangan.

Suplemen acai: suplemen acai, tersedia dalam bentuk kapsul atau bubuk dapat dikonsumsi sesuai anjuran dokter.

Kendati demikian, acai berry umumnya dianggap aman bila dikonsumsi sebagai bagian dari diet seimbang. Namun, ada beberapa efek samping yang harus diwaspadai ialah alergi dan masalah pencernaan terutama jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #khasiat #acai #berry #untuk #kesehatan #tubuh #salah #satunya #stabilkan #berat #badan

KOMENTAR