5 Nutrisi Sandwich Cocok untuk Bekal Sekolah Anak, Mulai Kandungan Vitamin B Kompleks hingga Likopen
Sandwich. (freepik/jcstudio)
08:07
27 Maret 2024

5 Nutrisi Sandwich Cocok untuk Bekal Sekolah Anak, Mulai Kandungan Vitamin B Kompleks hingga Likopen

 – Sandwich atau lebih dikenal dengan roti lapis merupakan salah satu makanan yang dibuat dari belahan roti yang diiris dan diisi dengan berbagai isian mulai dari sayur-sayuran hingga daging.

Di era sekarang, banyak orang tua yang mengkreasikan sandwich ini menjadi olahan yang enak dan lezat untuk bekal anak di sekolah.

Namun ada beberapa orang tua yang belum memahami kandungan nutrisi di dalam sajian sandwich ini termasuk untuk kesehatan anak.

Dilansir dari laman Parenting, terdapat manfaat dan kandungan gizi yang ada dalam sepotong sandwich diantaranya :

1. 2 lembar roti gandum

Sandwich memiliki 2 lapis roti gandum yang memiliki fungsi utama sebagai sumber energi. Pada saat di dalam tubuh, gandum ini dibakar sehingga bisa membuat anak kenyang lebih lama.

Gandum mengandung vitamin B kompleks yang berfungsi untuk metabolisme energi. Selain itu ada kandungan zat besi untuk membawa oksigen.

2. ½ hingga 1 butir telur

Sandwich biasanya diisi oleh berbagai jenis isian tak terkecuali telur yang membuat hidangan ini berfungsi sebagai sumber protein.

Protein ini mampu membangun, memperbaiki sel dan jaringan tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Telur sendiri juga mengandung 9 asam amino essensial, vitamin A, B,B D, zat besi serta seng yang mampu meningkatkan imunitas dan menyembuhkan luka.

3. 1 lembar keju cheddar

Di dalam isian sandwich kerap dimasukkan keju. Keju mengandung kalsium, fosfor dan vitamin D yang mampu memenuhi kebutuhan kalsium.

Kalsium memiliki peran penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu juga ada kandungan riboflavin dan folat untuk membantu proses metabolisme zat gizi.

4. 2 iris tomat

Tomat yang dijadikan bahan isian sandwich ini sudah dalam kondisi masak. Tomat yang sudah dimasak memiliki kandungan likopen yang tinggi dan kaya akan antioksidan.

Antioksidan ini mampu melawan paparan radikal bebas dan membentengi anak dari segala penyakit.

5. Selada

Isian terakhir dan tak terlewatkan yang bisa dijadikan bahan isian sandwich adalah selada. Selada memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga mampu membantu pencernaan dan mencegah sembelit pada anak.

Selada juga mengandung antioksidan yang mampu mencegah pembentukan sel kanker.

Beberapa kandungan lainnya diantaranya vitamin C, beta karoten, kalium dan folat.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #nutrisi #sandwich #cocok #untuk #bekal #sekolah #anak #mulai #kandungan #vitamin #kompleks #hingga #likopen

KOMENTAR