Nyesel Baru Tahu! Ternyata Ini 6 Makanan Penyebab Kista Ovarium yang Harus Diwaspadai oleh Semua Perempuan
Ilustrasi ovarium. (Sumber: freepik/atlascompany).
14:48
20 Maret 2024

Nyesel Baru Tahu! Ternyata Ini 6 Makanan Penyebab Kista Ovarium yang Harus Diwaspadai oleh Semua Perempuan

 

 Kista ovarium merupakan pertumbuhan yang tidak normal di dalam ovarium atau indung telur dan lebih sering terjadi pada perempuan remaja atau yang sudah dalam usia produktif. 

Umumnya, kista ovarium tidak bersifat ganas atau kanker. Namun, penting untuk memahami faktor-faktor yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kista ovarium, di antaranya adalah pola makan yang tidak sehat.

Dikutip dari halodoc.com, Rabu (20/3), saat kista ovarium masih kecil, seringkali tidak terasa adanya gejala pada penderitanya.

Namun, ketika ukurannya mulai membesar, barulah gejala mulai muncul. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kista untuk mengganggu aliran darah ke ovarium.

Gejala yang mungkin timbul akibat kista ovarium meliputi sensasi nyeri, perubahan dalam siklus menstruasi, dan masalah pencernaan seperti perasaan kenyang meskipun baru makan sedikit.

Apa Saja Makanan yang Menyebabkan Kista Ovarium?

Ditambahkan dari alodokter.com, beberapa jenis makanan dapat mengacaukan keseimbangan hormon dan aktivitas ovarium, sehingga meningkatkan risiko terjadinya kista ovarium.

Di bawah ini adalah beberapa contoh makanan yang dapat menyebabkan kista ovarium:

  1. Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat sederhana dengan cepat diserap oleh tubuh dan dapat meningkatkan glukosa darah, menyebabkan peningkatan produksi hormon insulin untuk mengatur glukosa darah. 

Jika konsumsi karbohidrat sederhana berlebihan dan sering, produksi insulin meningkat secara signifikan, tetapi seiring waktu, sensitivitas insulin menurun.

Sensitivitas insulin juga berperan dalam mengendalikan aktivitas ovarium dalam menghasilkan hormon reproduksi.

Perubahan kadar hormon reproduksi ini dapat menyebabkan pembentukan kista ovarium. Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi asupan karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti putih, permen, dan kue kering.

  1. Makanan Manis

Makanan yang manis, seperti permen, cokelat, dan manisan buah, merupakan penyebab lain dari kista ovarium karena mereka mengandung banyak pemanis, yang sebagian besar adalah karbohidrat sederhana. 

Oleh karena itu, konsumsi berlebihan makanan manis juga dapat meningkatkan risiko kista ovarium. Disarankan untuk menghindari konsumsi berlebihan makanan yang mengandung pemanis.

  1. Makanan Berlemak

Orang yang mengonsumsi makanan yang tinggi lemak secara berlebihan bisa mengalami peningkatan berat badan, yang bisa berujung pada obesitas. Faktanya, obesitas berkaitan dengan risiko kista ovarium. 

Untuk menghindari risiko tersebut, disarankan untuk mengurangi asupan makanan berlemak seperti kulit ayam, jeroan, keripik kentang, mentega, dan keju.

  1. Makanan yang Digoreng

Membatasi konsumsi makanan yang digoreng juga disarankan. Makanan yang diproses dengan cara ini biasanya memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga disarankan untuk mengurangi konsumsinya agar dapat mencegah berbagai penyakit, termasuk kista ovarium. Beberapa contoh makanan yang digoreng adalah gorengan dan kentang goreng.

  1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji juga termasuk dalam jenis makanan yang dapat menyebabkan kista ovarium. Hal ini disebabkan karena makanan cepat saji memiliki kandungan gula dan lemak yang tinggi, yang dapat mengganggu fungsi ovarium dan meningkatkan risiko terjadinya kista ovarium.

  1. Makanan yang Mengandung Pestisida

Sayuran dan buah-buahan non-organik yang terpapar pestisida dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh dan meningkatkan risiko terbentuknya kista ovarium.

Tidak ada makanan spesifik yang secara langsung menyebabkan kista ovarium. Namun, konsumsi berlebihan atau sering dari jenis makanan tertentu dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan secara keseluruhan, bahkan meningkatkan risiko kista ovarium.

Selain menghindari makanan yang berpotensi memicu kista ovarium, disarankan untuk mengadopsi gaya hidup sehat, termasuk pola makan yang seimbang dan rutin berolahraga, agar hormon tetap seimbang dan ovarium tetap berfungsi dengan baik.

Meskipun kista ovarium umumnya tidak menimbulkan gejala kecuali saat mencapai ukuran besar dan menekan jaringan sekitarnya, gejala seperti nyeri perut bagian bawah dan panggul serta gangguan menstruasi bisa terjadi. 

Jika Anda mengalami gejala tersebut secara berulang, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan penanganan yang tepat.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #nyesel #baru #tahu #ternyata #makanan #penyebab #kista #ovarium #yang #harus #diwaspadai #oleh #semua #perempuan

KOMENTAR