Belajar Dari Kasus Meninggalnya Polo Srimulat, Ini Cara Untuk Menjaga Kesehatan Paru
Polo Srimulat [Instgaram]
07:40
8 Maret 2024

Belajar Dari Kasus Meninggalnya Polo Srimulat, Ini Cara Untuk Menjaga Kesehatan Paru

Komedian senior Polo Srimulat dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Anna Medika Bekasi hari ini, Rabu (6/3/2024). Berdasarkan keterangan sang anak, Sebastian, penyebab meninggalnya Polo Srimulat adalah karena penyakit paru yang dideritanya beberapa waktu belakangan ini.

Sebastian mengatakan, kondisi ayahnya itu sempat membaik. Namun, tak lama keadaannya kembali memburuk hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

"Bapak sakitnya paru-paru, tapi tiga hari ini kondisinya membaik, sangat baik. Semalam masih bicara sama saya. Nggak apa, (kondisinya) masih bagus," kata Sebastian di kanal YouTube Seleb Oncam News.

Meninggalnya Polo Srimulat ini menambah panjang daftar kasus kematian karena penyakit paru. Hal ini pun menjadi pengingat akan pentingnya menjaga kesehatan paru.

Dikutip dari laman Halodoc, inilah beberapa cara menjaga kesehatan paru.

1. Vaksinasi

Beberapa jenis vaksinasi dapat membantu mencegah penyakit yang berkaitan dengan sistem pernapasan dan membahayakan paru-paru, di antaranya tetanus, difteri, pneumonia pneumokokus, dan lainnya.

2. Tidak merokok

Kebiasaan merokok dapat merusak paru-paru. Itu sebabnya, tidak merokok merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan paru. Sementara, bagi yang tidak merokok, juga dianjurkan untuk menjauhi ruangan yang dipenuhi asap rokok.

3. Batasi aktivitas di luar karena polusi

Paru-paru juga bisa rusak karena polusi di lingkungan. Melakukan aktivitas fisik di luar dapat meningkatkan risiko paru-paru terpapar polusi yang membahayakan.

4. Kurangi polusi ruangan

Polusi juga tidak hanya ada di luar ruangan, tapi juga di dalam ruangan. Menggunakan alat penyaring atau filter udara dapat menjadi upaya agar kualitas udara di dalam ruangan tetap terjaga.

5. Obati jika sakit

Jika terlanjur mengalami masalah yang berkaitan dengan pernapasan dan paru-paru, segeralah berobat. Hubungi dokter agar mendapatkan penanganan yang pasti dan jelas.

6. Olahraga

Cara lain menjaga kesehatan paru adalah dengan berolahraga. Olahraga akan membantu menjaga sistem pernapasan, termasuk paru-paru, tetap sehat.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #belajar #dari #kasus #meninggalnya #polo #srimulat #cara #untuk #menjaga #kesehatan #paru

KOMENTAR