Kenali 5 Alasan Mengapa Berhenti Konsumsi Kafein Baik untuk Kesehatan Tubuh Menurut Ahli Gizi
ilustrasi kafein pada secangkir kopi. Sumber foto: Freepik
14:48
28 Februari 2024

Kenali 5 Alasan Mengapa Berhenti Konsumsi Kafein Baik untuk Kesehatan Tubuh Menurut Ahli Gizi

 

Salah satu ritual pagi favorit kebanyakan orang yakni menikmati secangkir teh atau kopi untuk meningkatkan energi, tapi banyak yang tidak menyadari menyesap terlalu banyak kafein bisa membahayakan kesehatan.

Kafein merupakan stimulan alami ditemukan di berbagai tumbuhan, paling sering dikonsumsi dalam minuman seperti kopi, teh, minuman berenergi, soft drink, dan cokelat.

Konsumsi dalam jumlah sedang bisa meningkatkan kewaspadaan, mood, dan konsentrasi, juga efek samping insomnia, kegelisahan, dan peningkatan detak jantung, kata ahli gizi Nupuur Patil.

Dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Rabu (28/2), asupan kafein berlebihan dapat memengaruhi tubuh dengan berbagai cara:

Menimbulkan kecemasan

Kafein diketahui secara instan memberikan dorongan energi sehingga meningkatkan kewaspadaan, melakukannya dengan menghalangi efek adenosin, zat kimia otak yang membuat merasa lelah atau letih, serta merangsang pelepasan adrenalin.

Menyebabkan Insomnia

Salah satu alasan umum orang mengonsumsi kafein di pagi atau siang hari karena kemampuannya membantu orang tetap terjaga. Jadi, tak ayal jika kafein yang dikonsumsi dalam bentuk apa pun sebelum tidur membuat individu tetap terjaga di malam hari sehingga sulit mendapatkan tidur berkualitas.

Masalah pencernaan

Sebagian individu mungkin merasakan bahwa secangkir kopi di pagi hari membuat lebih mudah buang air besar. Kopi memiliki efek pencahar pada perut dengan merangsang pelepasan gastrin, hormon di perut yang mempercepat aktivitas di usus besar.

Di sisi lain, terdapat beberapa manfaat kesehatan dari berhenti mengonsumsi kafein seperti dijelaskan sang ahli gizi:

  1. Mengurangi kecemasan

Konsumsi kafein berlebih menimbulkan lingkaran setan berupa meningkatnya kecemasan dan ketergantungan pada kafein untuk mengatasinya. Dengan berkomitmen untuk berhenti mengonsumsi kafein, individu bisa melepaskan diri dari siklus ini dan bereksperimen mengatasi stres.

  1. Penyerapan nutrisi lebih baik

Berhenti mengonsumsi kafein memberikan ruang untuk penyerapan nutrisi lebih baik seperti kalsium yang dibutuhkan untuk tulang dan gigi lebih kuat, dan zat besi penting untuk mengangkut oksigen dalam darah.

  1. Gigi putih dan sehat

Kafein menyebabkan perubahan warna gigi seiring waktu. Kafein biasanya terdapat pada minuman berwarna gelap yang mengandung senyawa tertentu mudah menempel di gigi sehingga menimbulkan noda sulit dihilangkan.

Selain itu, masalah mulut kering akibat kafein menyebabkan berkurangnya produksi air liur. Air liur sangat penting untuk menetralkan asam berbahaya dan menjaga kesehatan mulut.

  1. Keseimbangan hormon pada wanita

Mengonsumsi kafein merangsang kelenjar adrenal secara berlebihan menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada wanita. Jadi, berhenti mengonsumsi kafein membantu memulihkan keseimbangan hormonal. Hal termasuk mengatur siklus menstruasi, mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan wanita secara keseluruhan.

  1. Peningkatan kualitas tidur

Kafein diketahui menargetkan otak sehingga membuat individu lebih waspada, juga memengaruhi fungsi otak ketika tidur sehingga sulit melepas lelah dan rileks. Berhenti mengonsumsi kafein bisa meningkatkan kualitas tidur.

Perlu diketahui, batas aman yang direkomendasikan untuk asupan kafein umumnya dianggap sekitar 400 miligram per hari untuk kebanyakan orang dewasa.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kenali #alasan #mengapa #berhenti #konsumsi #kafein #baik #untuk #kesehatan #tubuh #menurut #ahli #gizi

KOMENTAR