Tersiksa Akibat Cantengan? Ini 5 Cara Mengatasi Kuku yang Cantengan Sendiri di Rumah, Salah Satunya dengan Cuka Apel   
Ilustrasi cuka apel untuk mengatasi kuku cantengan. (pixabay)
22:18
25 Oktober 2024

Tersiksa Akibat Cantengan? Ini 5 Cara Mengatasi Kuku yang Cantengan Sendiri di Rumah, Salah Satunya dengan Cuka Apel  

 

Kuku cantengan merupakan kondisi ujung kuku tumbuh ke bawah permukaan kulit. Kondisi ini paling sering terjadi pada ibu jari kaki, namun tidak menutup kemungkinan bagian jari lain juga bisa mengalami cantengan. 

Dilansir laman halodoc.com, Kondisi ini umumnya disertai dengan beberapa gejala. Seperti nyeri, bengkak, dan penumpukan cairan di kulit yang berdekatan dengan kuku kaki. 

Dilansir laman alodokter.com, Jika cantengan tergolong ringan dan tidak menimbulkan infeksi, beragam cara mengobati cantengan di rumah bisa anda lakukan. Berikut adalah berbagai cara mengobati kuku cantengan di rumah:

  1. Menggunakan sepatu terbuka

Saat kaki mengalami cantengan, disarankan untuk menggunakan sepatu terbuka. Ini dilakukan untuk mengurangi tekanan pada jari-jari kaki, sehingga nyeri dan peradangan bisa berkurang. 

Sepatu terbuka juga akan memberi ruang tambahan pada kaki yang mengalami cantengan, sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. 

Saat menggunakan sepatu terbuka, jangan lupa untuk menutup jari kuku yang mengalami cantengan dengan kasa. Ini perlu dilakukan agar kuku kaki tetap bersih serta terhindar dari debu dan kotoran. 

  1. Memendam kaki dengan cuka apel

Selain menggunakan air hangat dan garam, kamu bisa juga mengatasi cantengan dengan merendam kaki menggunakan cuka apel. Hanya perlu mencampurkan air secukupnya dengan sedikit cuka apel, kemudian rendam kaki selama kurang lebih 20 menit. 

Meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut, cara ini dipercaya bisa membantu mengatasi cantengan secara alami. Sebab, di dalam cuka apel mengandung antioksidan yang bersifat antibakteri serta antiinflamasi, untuk mengatasi berbagai masalah kulit. 

  1. Mengoleskan tea tree oil

Kamu juga bisa gunakan tea tree oil untuk meringankan rasa sakit, serta mengurangi risiko infeksi akibat kuku yang tumbuh ke dalam. Tea tree oil kaya akan kandungan flavonoid, yang berperan sebagai antiinflamasi, antiseptik, serta antibakteri. 

Kamu cukup mengoleskan tea tree oil secukupnya pada area jari yang mengalami cantengan. Biarkan hingga tea tree oil kering, lalu oleskan kembali jika dirasa perlu.

  1. Mengoleskan salep antibiotik 

Pemberian salep antibiotik yang dijual bebas bisa menjadi cara untuk mengobati kuku cantengan di rumah. Antibiotik mampu mengurangi risiko infeksi dan mempercepat proses penyembuhan cantengan.

Anda dapat menggunakan salep ini hingga 3 kali sehari atau sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan. Setelah mengoleskan salep antibiotik, Anda disarankan untuk menutup kuku kaki dengan perban.

  1. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Saat rasa nyeri akibat kuku cantengan sudah tak tertahankan, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas. Seperti acetaminophen, ibuprofen, atau naproxen. Pastikan Anda mengonsumsi obat pereda nyeri sesuai dosis yang tertera pada label kemasan.  

Namun, jika beberapa cara mengobati kuku cantengan di rumah ini tidak membuat kondisi cantengan menjadi lebih baik, atau justru menimbulkan rasa sakit parah, peradangan, serta keluarnya nanah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #tersiksa #akibat #cantengan #cara #mengatasi #kuku #yang #cantengan #sendiri #rumah #salah #satunya #dengan #cuka #apel

KOMENTAR