Jangan Lakukan! 5 Kesalahan Saat Anda Berolahraga yang Dapat Meningkatkan Kecemasan
Ilustrasi orang yang kelelahan dan cemas. (Pexels)
12:56
24 Oktober 2024

Jangan Lakukan! 5 Kesalahan Saat Anda Berolahraga yang Dapat Meningkatkan Kecemasan

 

Olahraga merupakan hal yang menyehatkan untuk tubuh dan mental. Menjalankan rutinitas olahraga dapat membuat Anda tetap bugar dan memiliki badan yang ideal.

Semua orang tahu bahwa olahraga teratur dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit dan membuat tubuh serta pikiran yang lebih sehat.

Namun ketika harus menetapkan rutinitas olahraga atau mengikuti praktik yang tepat, Anda cenderung melakukan kesalahan tertentu yang dapat mengakibatkan perasaan cemas.

Seperti program penurunan berat badan, proses yang panjang dan sulit, serta tidak selalu mencapainya hanya dengan latihan saja. Penting juga untuk Anda agar tidak berolahraga secara berlebihan dan menjaga asupan nutrisi untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Dilansir dari Times of India, terdapat lima kesalahan umum saat berolahraga yang dapat menyebabkan kecemasan.

  1. Latihan berlebihan

Semua orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan ideal, tetapi jika Anda ingin bentuk tubuh bagus, terlihat bugar, dan menarik, sebaiknya Anda mengikuti rutinitas olahraga dan melakukannya secara konsisten.

Sebaliknya, memaksakan diri untuk pergi ke pusat kebugaran tanpa henti tidak akan memberikan manfaat bagi Anda. Itu hanya akan membahayakan tubuh Anda sendiri.

Memaksa diri melampaui batas bukan hal yang bijak untuk dilakukan, karena itu dapat mempengaruhi Kesehatan fisik dan mental Anda. Anda harus beristirahat, karena itu tidak hanya akan membantu otot untuk pulih, tetapi juga mencegah kelelahan.

Sebuah penelitian dalam Journal of Sports Sciences menemukan bahwa latihan berlebihan dapat berdampak negatif bagi sistem saraf otonom, yang dapat meningkatkan gejala kecemasan dan depresi.

  1. Tidak melakukan diet yang tepat

Dalam kesibukan dan aktivitas Anda, seringkali tidak memperhatikan untuk menjaga kesehatan dan mungkin melewatkan makan siang atau makan malam hanya karena tidak ingin.

Jika Anda berolahraga, sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang tepat dan bergizi, karena jika tidak, hal itu dapat membahayakan kesehatan mental Anda, menyebabkan kelelahan, dan membuat Anda kewalahan secara emosional dan fisik.

Dampak ini membuat Anda akan selalu cemas. Dalam sebuah studi Frontiers in Psychology menemukan bahwa asupan makanan yang kurang dapat dikaitkan dengan meningkatnya kecemasan seseorang.

  1. Tidak melakukan peregangan

Olahraga memang sangat penting, tetapi jika Anda pergi ke pusat kebugaran atau banyak berolahraga, perlu Anda perhatikan untuk melakukan peregangan sebelum memulai latihan tubuh Anda.

Jika Anda tidak melakukan peregangan sebelum atau sesudah latihan, tubuh Anda akan dapat menjadi kaku dan menyebabkan nyeri tubuh, otot, dan sakit kepala. Peregangan sangatlah penting untuk menjaga tubuh tetap fleksibel dan menghindari kelelahan fisik atau emosional.

Menurut Journal of Physical Therapy Science, latihan peregangan secara teratur dapat meningkatkan kesehatan mental, mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

  1. Memaksakan kapasitas Anda

Anda mungkin berpikir semakin kita berusaha lebih keras untuk melampaui batasan diri, itu akan membuat Anda akan semakin berkembang.

Namun, Anda harus selalu memperhatikan tubuh Anda, karena tubuh Anda bukanlah robot, tubuh Anda butuh istirahat, makanan, air, dan tidur yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik.

Memaksakan kapasitas Anda tidak akan membuat Anda bugar secara fisik, karena ketika tubuh Anda memberi tanda, mereka ingin Anda memperlambat dan beristirahat, jika tidak Anda akan mengalami cedera. Hal itu menimbulkan stres fisik dan mental.

  1. Tidak cukup tidur

Latihan, pusat kebugaran, dan olahraga adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bugar. Cara-cara tersebut akan membantu Anda meningkatkan stamina dan menjaga kesehatan.

Anda mungkin memiliki pusat kebugaran dan memiliki jadwal yang padat, sehingga membuat Anda tidak cukup tidur. Hal itu dapat sangat membahayakan bagi tubuh Anda, yang dapat menyebabkan kecemasan dan kelelahan.

Studi yang dilakukan oleh Nature Human Behavior menemukan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan tingkat kecemasan secara signifikan. Ini terjadi karena tubuh kita yang seharusnya beristirahat, tetapi dipaksakan untuk melakukan berbagai aktivitas.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jangan #lakukan #kesalahan #saat #anda #berolahraga #yang #dapat #meningkatkan #kecemasan

KOMENTAR