1 dari 10 Orang Alami Gangguan Jiwa, Layanan Kesehatan Mental Dikatakan Masih Mahal
Ilustrasi gangguan jiwa karena bermain game
23:30
23 Pebruari 2024

1 dari 10 Orang Alami Gangguan Jiwa, Layanan Kesehatan Mental Dikatakan Masih Mahal

– Isu kesehatan mental memang gencar dikampanyekan agar masyarakan bisa memiliki kualitas hidup lebih baik. Ajakan untuk menemui atau berkonsultasi dengan dokter jiwa maupun psikiater pun digalakkan ketika menunjukkan tanda-tanda kelelahan mental.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), satu dari sepuluh orang Indonesia mengalami gangguan kesehatan jiwa. Lebih lanjut berdasarkan survei Kesehatan Jiwa Remaja Nasional (I-NAMHS) pada 2022 lalu disebutkan lebih dari 17 juta remaja Indonesia memiliki masalah kesehatan mental.

Namun sayangnya, ada dua kendala yang sering dirasakan masyarakat ketika ingin menemui ahli kejiwaan. Diungkapkan April Bautista Cabello, Chief Marketing Officer Lifepack, kendala pertama adalah akses yang minim. Lalu kedua stigma buruk kalau konsultasi ke psikiater itu mahal.

Melihat hal itu, Lifepack mengambil langkah penting dengan melakukan kolaborasi yang bertujuan untuk memperluas layanan kesehatan khususnya di bidang kesehatan mental atau kesehatan jiwa. Menggandeng platform konseling seperti sehatjiwa.id & bincangpsikologi.com, lifepack berkomitmen untuk mengurangi stigma negatif pada penderita gangguan kesehatan mental.

“Ini untuk memperluas jangkauan layanan psikiater yang kami miliki. Kolaborasi dengan platform dan komunitas peduli kesehatan mental menjadi komitmen Lifepack untuk mengurangi stigma negatif pada penderita gangguan kesehatan mental,” ujar April baru-baru ini.

“Lifepack hadir menjawab kedua permasalahan tersebut dengan membuka akses yang mudah untuk konseling psikiater secara daring dan buat janji melalui WhatsApp di 0811-1062-5888 dengan biaya konsultasi sangat terjangkau,” smabungnya.

Sementara itu, Utari Dwi, Co-Founder Sehat Jiwa mengungkapkan, kolaborasi ini memudahkan penyintas kesehatan mental untuk dapat mengakses layanan kesehatan. Menurutnya, masih banyak masyarakat yang bingung harus mengambil langkah apa jika mengalami masalah mental. Untuk itu, dengan adanya integrasi antar penyedia layanan kesehatan, diharapkan dapat memberikan akses pelayanan profesional dan seamless untuk masyarakat.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #dari #orang #alami #gangguan #jiwa #layanan #kesehatan #mental #dikatakan #masih #mahal

KOMENTAR