Anda Pekerja Jarak Jauh atau Remote? Mulailah Lakukan 7 Hal Ini Agar Mata Anda Tetap Sehat dan Terjaga
Ilustrasi: Mata Kelelahan (Freepik)
08:42
22 Februari 2024

Anda Pekerja Jarak Jauh atau Remote? Mulailah Lakukan 7 Hal Ini Agar Mata Anda Tetap Sehat dan Terjaga

 

 

 Di era digital ini, mulai muncul serangkaian permasalahan baru seperti sakit kepala, mata kering, dan penglihatan ganda di penghujung hari kerja. 

Ini adalah gejala unik di tempat kerja pada abad ke-21, lebih tepatnya di masa sekarang. Di mana banyak dari kita menatap layar komputer sepanjang hari.

Seiring dengan semakin meluasnya pekerjaan jarak jauh dalam beberapa tahun terakhir, jumlah waktu yang kita habiskan di depan layar untuk pekerjaan juga semakin meningkat. 

Menurut survei All About Vision, pekerja jarak jauh menghabiskan hampir 13 jam sehari melihat layar, dibandingkan dengan pekerja di kantor yang hanya menghabiskan kurang dari 11 jam sehari. 

Seiring dengan meningkatnya waktu menatap layar untuk bekerja ini, kesehatan mata menjadi perhatian khusus. Hampir setengah dari pekerja jarak jauh yang disurvei melaporkan bahwa penglihatan mereka memburuk dalam dua tahun terakhir.

Meskipun kondisi ini umum terjadi di kalangan pengguna komputer, bukan berarti kondisi ini tidak dapat dihindari. Dilansir dari cnet.com, berikut 7 hal yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan mata Anda saat bekerja di depan komputer. 

  1. Jadikan ruang kerja Anda ergonomis

Aspek ergonomi di ruang kerja Anda tanpa disadari dapat mempengaruhi mata dan tubuh Anda saat duduk di depan komputer sepanjang hari. 

Layar komputer sebisa mungkin harus berjarak 20 hingga 28 inci dari mata Anda, dengan bagian tengah layar 4 hingga 5 inci di bawah ketinggian mata. 

Jika Anda rutin melihat dokumen saat bekerja di depan komputer, letakkan dokumen tersebut pada dudukan di samping layar, sehingga Anda tidak perlu terus-menerus mengubah jarak fokus.

Penting juga untuk memperhatikan pencahayaan dan silau layar, karena hal ini dapat menyebabkan ketegangan mata yang signifikan. Pastikan ruangan Anda cukup terang dan layar Anda tidak lebih terang dari lingkungan sekitar.

  1. Lakukan latihan mata di sela - sela Anda bekerja

Mata Anda dikendalikan oleh enam otot berbeda. Seperti otot lainnya, otot mata pun memerlukan sedikit bantuan untuk merilekskan dan mengurangi ketegangan. 

Ada beberapa latihan yang dapat Anda lakukan untuk meredakan ketegangan mata. Misalnya:

-Memutar mata : Memutar mata ke depan dan ke belakang selama kurang lebih satu menit dapat meregangkan otot mata dan mengurangi ketegangan mata.

-Melenturkan mata : Mirip dengan memutar, ini melibatkan gerakan cepat ke atas dan ke bawah, lalu ke kiri dan ke kanan. Lakukan setiap gerakan sebanyak 10 kali. Untuk melakukan hal ini dan memutar mata, pastikan Anda rileks dan melihat lurus ke depan.

-Palming: Selama 2 menit, dengan lembut menangkupkan telapak tangan Anda dan letakkan di atas mata Anda. Pastikan Anda dapat membuka dan menutup mata dengan bebas. 

-Berkedip perlahan : Melihat lurus ke depan, pejamkan mata selama setengah detik, lalu buka kembali. Ulangi ini 20 kali berturut-turut untuk menyegarkan mata dan mengurangi kekeringan.

  1. Ikuti aturan 20-20-20

Aturan ini sederhana dan mudah diingat. Cara melakukannya, setiap 20 menit Anda melihat layar komputer, berhenti dan lihat objek yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. Anda mungkin perlu menyetel pengatur waktu berulang hingga Anda terbiasa melakukan hal ini.

  1. Gunakan kacamata pemblokir cahaya biru

Kacamata pemblokir cahaya biru adalah cara yang baik untuk mengurangi ketegangan mata. Meski begitu, kacamata ini tidak banyak membantu mengatasi gejala sindrom penglihatan komputer secara langsung. 

Namun, mengurangi cahaya biru di malam hari dapat membantu meminimalkan gangguan pada siklus tidur Anda, sehingga membantu Anda mendapatkan istirahat yang baik (yang akan kita bahas lebih lanjut di bawah). 

Jadi, meskipun kacamata berwarna biru muda mungkin tidak membantu di tempat kerja, kacamata ini bisa menjadi pilihan yang baik di malam hari. 

Anda juga dapat mengubah pengaturan pada ponsel, tablet, atau perangkat rumah lainnya untuk mengurangi cahaya biru pada peringkat elektronik Anda di malam hari.

  1. Mulailah konsumsi makanan yang menunjang kesehatan mata sesuai yang dianjurkan

Meskipun beberapa kebiasaan ini mungkin tidak memberikan hasil secara langsung, penting juga untuk diingat bahwa Anda berinvestasi pada kesehatan mata Anda dalam jangka panjang. 

Mulailah dengan mengonsumsi makanan yang mendukung kesehatan mata yang kaya akan beta-karoten, asam lemak omega-3, zinc, lutein, zeaxanthin, serta vitamin A, C, dan E. 

Nutrisi untuk perawatan mata ini dapat membantu mendukung pertumbuhan sel, membatasi radikal bebas yang merusak dan mengurangi peradangan pada jaringan mata.

Beberapa sumber makanan terbaiknya antara lain:

-Omega-3 : Biji rami dan minyak biji rami, ikan dan kenari

-Seng : Buncis, tiram, daging merah, dan yogurt

-Vitamin A dan beta-karoten : Aprikot, melon mentah, wortel, mangga, paprika merah mentah, keju ricotta, bayam dan ubi jalar

-Vitamin C : Brokoli, kubis Brussel, jeruk bali, kiwi, jeruk, paprika merah mentah, dan stroberi

-Vitamin E : Almond, brokoli, selai kacang, bayam, biji bunga matahari dan bibit gandum

-Lutein dan zeaxanthin : Brokoli, kubis Brussel, sawi, jagung, telur, kangkung, nektarin, jeruk, pepaya, selada romaine, bayam dan labu 

Wanita memegang jeruk di salah satu matanya.

  1. Dapatkan tidur malam yang nyenyak dan berkualitas

Istirahat yang cukup penting adalah salah satu aspek yang mempengaruhi kesehatan Anda, termasuk mata Anda. Kurang tidur dapat memperburuk banyak gejala sindrom penglihatan komputer, termasuk penglihatan kabur dan sensitivitas cahaya. 

Istirahat yang kurang dapat membuat kondisi mata Anda kesulitan untuk pulih, sehingga Anda mungkin terbangun dengan mata merah dan gatal akibat pekerjaan kemarin. 

Ditambah lagi, kekurangan tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti peningkatan risiko glaukoma dalam jangka panjang. 

Tips tidur lebih nyenyak untuk kesehatan mata:

-Jangan melihat ponsel atau menonton TV tepat sebelum tidur.

-Jaga agar ruangan Anda tetap sejuk dan nyaman.

-Berolahraga secara teratur.

-Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

-Batasi alkohol dan kafein. 

  1. Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter mata

Jika Anda memiliki penglihatan yang baik, Anda mungkin merasa tidak perlu mengunjungi dokter mata secara rutin. Namun, memeriksakan mata secara teratur dapat membantu Anda menghindari masalah apa pun yang timbul akibat bekerja di depan komputer. 

Dokter mata Anda juga dapat melakukan tes rutin untuk mengetahui masalah kesehatan mata lainnya, seperti glaukoma atau katarak, serta gejala diabetes dan tekanan darah tinggi yang berhubungan dengan penglihatan. 

Editor: Kuswandi

Tag:  #anda #pekerja #jarak #jauh #atau #remote #mulailah #lakukan #agar #mata #anda #tetap #sehat #terjaga

KOMENTAR