Kandungan Airnya Tinggi, Berikut 7 Manfaat Timun untuk Kulit Wajah dan Cara Penggunaannya
ILUSTRASI: Timun untuk perawatan kulit wajah. (Pexels)
12:25
21 Pebruari 2024

Kandungan Airnya Tinggi, Berikut 7 Manfaat Timun untuk Kulit Wajah dan Cara Penggunaannya

Timun merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, timun juga bisa sangat bermanfaat bagi kulit wajah.

Sifat timun yang mendinginkan dan menyegarkan membantu mengatasi banyak masalah kulit, seperti hidrasi, kemerahan, peradangan, iritasi, dan sebagainya.

Timun memiliki 96 persen kandungan air yang menenangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Ia bertindak sebagai antiinflamasi dan membantu mengurangi bengkak pada kulit.

Berikut adalah manfaat timun untuk kulit wajah yang dikutip dari SkinKraft, Selasa (20/2).

1. Melembabkan kulit

Hidrasi kulit adalah kunci untuk menjaga kulit tetap sehat. Kurangnya hidrasi akan menyebabkan kulit kering dan bersisik. Karena komponen utama timun adalah air, penggunaan timun dapat mempertahankan hidrasi maksimal dan mengunci kelembapan kulit.

Timun saja mungkin tidak dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Disarankan untuk menggunakan pelembab setiap hari setidaknya dua kali untuk mendapatkan kulit lembut dan tetap bercahaya.

2. Mengurangi peradangan kulit

Timun memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan kulit secara efektif. Sifat timun yang mendinginkan dapat menenangkan kulit dan meredakan iritasi kulit. Mengoleskan toner atau gel timun dapat menghilangkan bengkak di kulit di pagi hari dan memberikan rasa segar.

3. Mengobati sunburn

Timun dapat digunakan untuk menenangkan kulit yang terbakar karena sinar matahari (sunburn). Jika menghabiskan waktu berjam-jam di bawah terik matahari, timun bisa menghilangkan sensasi terbakar di kulit. Meskipun lidah buaya populer untuk menenangkan kulit, timun juga bisa melakukan hal yang sama.

4. Mencegah jerawat

Timun dapat mengontrol produksi minyak pada kulit. Ia bekerja seperti astringent yang mengencangkan pori-pori kulit dan memperkecil pori-pori. Ketika produksi minyak terkendali dan pori-pori mengencang, kecil kemungkinannya muncul jerawat.

5. Melawan radikal bebas

Timun kaya antioksidan. Antioksidan merupakan salah satu komponen kuat yang dapat mengganggu proses oksidasi dengan berbagai cara. Ia melawan kerusakan oksidatif pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

6. Mencerahkan kulit

Vitamin C adalah elemen penting dalam timun. Ini mencerahkan warna kulit dan mencerahkan semua pigmentasi kulit. Timun juga membantu mengatasi flek hitam dan bekas noda.

7. Mencegah penuaan dini

Timun mengandung asam folat dan asam kafeat. Kedua komponen tersebut dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit. Kolagen menjaga kulit awet muda dengan mencegah semua tanda penuaan, seperti garis-garis halus, bintik-bintik penuaan, dan kerutan.

Cara menggunakan timun untuk kulit

1. Toner timun

Langkah 1: Kupas timun setelah dicuci bersih.

Langkah 2: Iris timun menjadi potongan kecil-kecil.

Langkah 3: Panaskan timun yang sudah dipotong selama 5-7 menit.

Langkah 4: Haluskan timun dengan food processor atau blender.

Langkah 5: Saring cairan dengan kain bersih untuk menghilangkan ampasnya.

Langkah 6: Simpan cairan timun dalam wadah bersih dan gunakan sebagai toner.

Bisa juga mencampurkan air mawar dengan toner untuk hasil yang lebih baik. Namun, jangan menyimpan toner lebih dari 4 hari. Simpan di tempat yang sejuk.

2. Masker timun

Langkah 1: Cuci timun yang belum dikupas dan haluskan

Langkah 2: Buang potongan padat timun yang sudah diblender dengan saringan

Langkah 3: Cuci wajah dengan pembersih dan tepuk-tepuk hingga kering

Langkah 4: Oleskan jus timun ke wajah dan diamkan selama 10 menit

Langkah 5: Bilas dengan air hangat

3. Infused water

Langkah 1: Potong timun yang belum dikupas menjadi beberapa irisan

Langkah 2: Tuang sedikit air ke dalam wadah dan tambahkan irisan timun

Langkah 3: Biarkan timun terendam selama 2-4 jam

Langkah 4: Gunakan airnya untuk membilas wajah di pagi hari

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #kandungan #airnya #tinggi #berikut #manfaat #timun #untuk #kulit #wajah #cara #penggunaannya

KOMENTAR