Minum 7 Minuman Herbal Ini untuk Atasi Nyeri Haid yang Mengganggu Aktivitas Anda
Ilustrasi perempuan sedang mngalami nyeri karena haid (Dok.JawaPos.com)
09:26
21 Pebruari 2024

Minum 7 Minuman Herbal Ini untuk Atasi Nyeri Haid yang Mengganggu Aktivitas Anda

 

 

– Nyeri haid atau dismenore adalah salah satu keluhan yang sering dialami oleh wanita saat menstruasi. Nyeri haid bisa berupa kram, nyeri, atau rasa tidak nyaman di perut bagian bawah, pinggang, paha, atau kaki. 

Nyeri haid bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan kualitas hidup. Ada beberapa cara untuk mengatasi nyeri haid, salah satunya adalah dengan mengonsumsi minuman herbal. 

Minuman herbal memiliki kandungan alami yang bisa membantu meredakan peradangan, kejang, dan kembung yang menyebabkan nyeri haid. 

Selain itu, minuman herbal juga bisa memberikan efek relaksasi dan menenangkan bagi tubuh dan pikiran. Dilansir dari Healthline, Rabu (21/2), berikut adalah tujuh minuman herbal yang bisa Anda coba untuk meredakan nyeri haid:

 

1. Wedang Jahe Merah

Jahe merah adalah salah satu bahan herbal yang sudah dikenal sejak lama sebagai obat nyeri haid. Jahe merah mengandung senyawa shogaol dan gingerol yang bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat nyeri haid.

Jahe merah juga bisa menghambat kontraksi rahim yang berlebihan dan menyebabkan nyeri haid. Anda bisa membuat wedang jahe merah dengan cara merebus jahe merah yang sudah dikupas dan diiris, daun pandan, serai, dan gula merah. 

Setelah mendidih, tambahkan krim bubuk dan saring. Minum wedang jahe merah selagi hangat untuk merasakan manfaatnya.

2. Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman yang kaya akan antioksidan dan antiinflamasi. Antioksidan bisa membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, sedangkan antiinflamasi bisa membantu mengurangi peradangan dan kembung yang menyertai nyeri haid.

Teh hijau juga mengandung senyawa L-Theanine yang bisa membantu Anda merasa lebih rileks dan tenang. Anda bisa menyeduh teh hijau dengan air panas dan menambahkan madu atau lemon sesuai selera. Minum teh hijau secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Teh Kayu Manis

Kayu manis adalah rempah-rempah yang memiliki rasa manis dan sedikit pedas. Kayu manis juga memiliki khasiat sebagai obat nyeri haid karena bisa membantu meredakan peradangan dan kembung. 

Kayu manis juga bisa membantu mengatur kadar gula darah dan hormon yang bisa mempengaruhi nyeri haid. Anda bisa membuat teh kayu manis dengan cara merebus kayu manis yang sudah dihancurkan dengan air, gula, dan cengkeh. Setelah mendidih, saring dan minum selagi hangat.

4. Jus Nanas

Nanas adalah buah yang memiliki rasa asam dan manis. Nanas mengandung enzim bromelain yang bisa membantu meredakan ketegangan otot, termasuk otot rahim yang mengalami kejang saat nyeri haid. 

Nanas juga memiliki kandungan vitamin C, kalium, dan magnesium yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan imunitas. Anda bisa membuat jus nanas dengan cara memblender nanas yang sudah dikupas dan dipotong dengan air dan gula. Minum jus nanas segar untuk merasakan manfaatnya.

5. Teh Chamomile

Teh chamomile adalah ramuan herbal yang bisa Anda andalkan sebagai penghilang rasa nyeri haid. Teh chamomile kaya akan senyawa hippurate dan glisin. Keduanya meredakan kejang otot sehingga rahim akan lebih rileks. 

Chamomile juga bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan yang bisa memperburuk nyeri haid. Anda bisa menyeduh teh chamomile dengan air panas dan menambahkan madu atau lemon sesuai selera. Minum teh chamomile saat hangat untuk merasakan manfaatnya.

6. Air Jahe atau Wedang Jahe

Air jahe adalah minuman yang mirip dengan wedang jahe merah, tetapi lebih sederhana. Air jahe hanya membutuhkan jahe yang sudah dikupas dan diparut, air, dan gula. Rebus semua bahan sampai mendidih, lalu saring dan minum selagi hangat. 

Air jahe bisa membantu mengatasi nyeri haid dengan cara menghambat produksi prostaglandin, yaitu zat yang menyebabkan kontraksi rahim dan nyeri haid. Air jahe juga bisa membantu menghangatkan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah.

7. Teh Peppermint

Teh peppermint adalah minuman yang memiliki rasa segar dan menyegarkan. Teh peppermint mengandung senyawa mentol yang bisa membantu meredakan kram dan nyeri haid. 

Teh peppermint juga bisa membantu mengurangi mual, kembung, dan gangguan pencernaan yang sering menyertai nyeri haid. 

Anda bisa menyeduh teh peppermint dengan air panas dan menambahkan madu atau lemon sesuai selera. Minum teh peppermint saat hangat untuk merasakan manfaatnya.

Itulah tujuh minuman herbal yang bisa Anda coba untuk meredakan nyeri haid. 

Selain minuman herbal, Anda juga bisa melakukan hal-hal lain untuk mengatasi nyeri haid, seperti mengompres perut dengan air hangat, berolahraga ringan, istirahat yang cukup, dan menghindari makanan pedas, asam, dan berlemak. 

Namun, jika nyeri haid terasa sangat parah dan tidak kunjung reda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Editor: Kuswandi

Tag:  #minum #minuman #herbal #untuk #atasi #nyeri #haid #yang #mengganggu #aktivitas #anda

KOMENTAR