Mengenal Apa Itu Kanker Sarkoma, Ini Gejala, Penyebab dan Pengobatan Penyakit yang Diderita Alice Norin
Alice Norin. [Instagram/@alicenorin] - Mengenal Apa Itu Kanker Sarkoma: Ini Gejala, Penyebab dan Pengobatan Penyakit yang Diderita Alice Norin
15:00
19 Pebruari 2024

Mengenal Apa Itu Kanker Sarkoma, Ini Gejala, Penyebab dan Pengobatan Penyakit yang Diderita Alice Norin

Lama tak terlihat di layar kaca dan tak terdengar kabarnya, baru-baru ini Alice Norin mengejutkan penggemarnya. Ia mengumumkan terkena kanker sarkoma. Ini merupakan kanker yang dapat berkembang di otot rahim, simak gejala, penyebab, dan teknik pengobatan kanker sarkoma di bawah ini.

Alice Norin mengumumkan ia terkena kanker sarkoma di Instagram pribadinya. Perempuan berusia 36 tahun itu awalnya tak percaya ia terkena kanker sarkoma. Ia menjalani operasi pada 16 Desember 2023. Imbas dari penyakit kanker sarkoma yang diderita Alice Norin adalah ia mengalami menopause dini, artinya ia tidak bisa mempunyai anak. 

Gejala kanker sarkoma

Dikutip dari hellosehat.com, kanker sarkoma merupakan jenis kanker yang muncul di jaringan lunak seperti lemak, otot, saraf, jaringan fibrosa, pembuluh darah. Kanker sarkoma paling mudah muncul di lengan, tangan, dan kaki. Kanker ini juga bisa menyerang tulang.

Umumnya seseorang yang mengidap kanker sarkoma akan menunjukkan gejala sebagai berikut:

- Terlihat adanya benjolan yang dapat dirasakan melalui kulit.
- Benjolan menimbulkan rasa tidak nyaman, rasa nyeri, dan bisa jadi juga tidak merasakan keduanya.
- Mengalami nyeri pada tulang dan ada juga yang dapat mengalami patah tulang karena cedera ringan atau tanpa cedera sama sekali.
- Mengalami sakit perut.
- Sering mengalami demam
- Rentang gerak tubuh mulai terbatas dan semakin terbatas sampai merasa tidak nyaman. 

Gejala tersebut di atas akan mulai terasa ketika tumor memasuki tahap lanjut, seperti menekan saraf, organ, dan otot di sekitarnya. Kanker juga bisa menmbulkan rasa nyeri, kesulitan bernafas, dan perasaan kenyang di perut.

Penyebab kanker sarkoma

Penyebab penyakit kanker sarkoma belum diketahui secara pasti. Masih dilakukan penelitian mengenai hal ini. Tetapi, kesimpulan sementara para peniliti menunjukkan bahwa mutasi DNA dan lingkungan yang kurang sehat berperan dalam perkembangan kanker sarkoma ini. 

DNA adalah serangkaian instruksi sel untuk menjalankan tugas-tugasnya. Maka, jika terjadi mutasi DNA, itu artinya terjadi perubahan yang memungkinkan instruksi tersebut kacau sehingga memunculkan sel abnormal. Sel abnormal inilah yang menjadi kanker. 

Pengobatan kanker sarkoma

Pengobatan kanker sarkoma dapat segera dilaksanakan setelah pemeriksaan dokter memastikan diagnosa melalui tes fisik, cek riwayat kesehatan, tes pencitraan, dan biopsi. Melalui pemeriksaan ini, dokter akan dapat memastikan stadium kanker.

Perawatan dan pengobatan kanker sarkoma dapat dilakukan selanjutnya berdasarkan stadium tersebut. Sebab treatment untuk masing-masing itu berbeda, jadi harus dipastikan dulu stadium kanker yang diderita seseorang. 

Pilihan pengobatan kanker sarkoma umumnya ada dua, yakni operasi, kemoterapi, dan radioterapi. Pengobatan dengan operasi sangat jelas langkah-langkahnya yaitu dilakukan melalui pembedahan.

Sedangkan kemoterapi adalah langkah pengobatan yang memakan waktu cukup lama karena melalui cara minum obat-obatan yang bisa membunuh sel kanker. Terakhir adalah radioterapi yang mana merupakan pengobatan kanker dengan teknik terapi radiasi. 

Demikian itu informasi tentang apa itu kaner sarkoma.  Jaga kesehatan Anda agar terhindar dari penyakit mematikan.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #mengenal #kanker #sarkoma #gejala #penyebab #pengobatan #penyakit #yang #diderita #alice #norin

KOMENTAR