Waspada, Berikut Ciri Demensia pada Lansia, Kebiasaan Ini Tingkatkan Risiko Terkena Demensia
Ilustrasi- Orang yang mengalami demensia. (Freepik)
15:20
19 Oktober 2024

Waspada, Berikut Ciri Demensia pada Lansia, Kebiasaan Ini Tingkatkan Risiko Terkena Demensia

- Memasuki usia senja merupakan fase dimana penyakit mulai menyapa, kebiasaan-kebiasaan buruk yang kita lakukan di masa muda terlihat semua dampaknya.

Namun, beberapa jenis penyakit memang menyerang seseorang yang lanjut usia, seperti demensia (pikun), yaitu kondisi dimana penderitanya mengalami penurunan ingatan atau kemampuan berpikir.

Bersumber pada informasi yang dikutip dalam laman siloamhospitals, umumnya penyakit ini menyerang kelompok usia 65 tahun keatas dan disebabkan oleh penyakit Alzheimer. Berdasarkan penyebabnya, demensia dibagi menjadi empat, yaitu:

Alzheimer

Jenis demensia yang paling umum terjadi di masyarakat adalah alzheimer. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh genetik maupun karena adanya gumpalan protein (plak) di otak.

Demensia vaskular

Gangguan pasokan darah akan menyebabkan berkurangnya aliran darah ke otak, sehingga mengakibatkan terjadinya stroke. Kondisi ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya demensia vaskular.

Demensia badan lewy

Ketika terjadi penumpukan endapan protein dalam sel-sel saraf otak, akan menimbulkan gangguan pada kemampuan otak untuk mengirim sinyal. Hal tersebut menyebabkan terjadinya demensia badan lewy yang bersifat progresif.

Demensia frontotemporal

Kumpulan penyakit yang ditandai dengan kerusakan sel saraf bagian depan otak mampu mengakibatkan terjadinya demensia frontotemporal. Penyakit ini juga mempengaruhi tingkah laku, kepribadian, bahkan kemampuan berbahasa penderitanya.

Dilansir dari laman WHO, berikut hal-hal yang meningkatkan risiko seseorang mengalami demensia:

- Faktor Usia, biasanya menyerang kelompok lanjut usia yang berumur 65 tahun keatas
- Hipertensi (tekanan darah tinggi)
- Diabetes (kadar gula darah tinggi)
- Obesitas (kelebihan berat badan)
- Merokok
- Sering mengkonsumsi minuman beralkohol
- Jarang olahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya
- Depresi

Editor: Edy Pramana

Tag:  #waspada #berikut #ciri #demensia #pada #lansia #kebiasaan #tingkatkan #risiko #terkena #demensia

KOMENTAR